Apakah Strategi Cloud Solutions Anda Sudah Siap untuk Tahun 2023?

Editor Ilustrasi/via mui.or.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pada tahun 2022 ada banyak disrupsi, dengan ekonomi global yang melambat, inflasi yang meningkat, pemutusan hubungan kerja dari perusahaan, dan big tech tidak lagi menguasai imajinasi publik seperti sebelumnya. Tahun 2023 dikatakan akan lebih buruk, maka dari itu sekarang adalah waktu yang tepat untuk mepersiapkan solusi dan ancaman potensial di dalam industri Anda.

Perusahaan-perusahaan masih butuh untuk menjalankan bisnis mereka dengan efisien, menggunakan alat terbaik dan sumber daya manusia yang tersedia. Akan tetapi, dengan adanya teknologi cloud, Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan lebih sedikit usaha. Maka dari itu, hal tersebut dapat menjadi ide bagus untuk mempertimbangkan infastruktur yang sudah ada dan melihat apa yang bisa dibuat dengan lebih efektif menggunakan cloud.

Jika sebelumnya Anda memerlukan pengeluaran modal yang besar untuk server, perangkat lunak, dan para ahli, sekarang Anda dapat menjalankan layanan cloud baru sesuai permintaan dan menonaktifkan fitur saat permintaan sedang menurun. Hal ini juga membuat masalah penskalaan menjadi masa lalu dan lebih hemat biaya daripada memiliki server yang bekerja konstan secara terus menerus.

Bahkan Twitter juga menggunakan cloud. Dengan demikian, Steve Jobs atau Elon Musk di masa depan dapat membangun sesuatu yang baru dengan lebih cepat dan hemat biaya daripada sebelumnya tanpa perlu khawatir tentang peningkatan gaji dan pemeliharaan peralatan yang mahal.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dipersiapkan untuk bisnis di tahun 2023:

Mendatangkan teknologi low-code/no-code

Sebelumnya, Anda membutuhkan seorang Ph.D. ilmu komputer untuk membuat algoritme sederhana; sekarang, dengan kehadiran alat-alat low-code/no-code, Anda dapat membuat program yang rumit untuk membangun bisnis Anda atau membuat prosesnya lebih efisien. Anda sudah dapat mengembangkan website dan aplikasi untuk customer experience, sebagaimana mengotomatiskan akuntansi internal dan aplikasi web dengan alat-alat ini. Bahkan ada tiruan Twitter yang menggunakan low-code!

Baca Juga :  Belajar Daring, Ali Rasyid Sarankan Biaya Kuota Internet Siswa Ditanggung Pemerintah

Sebagai tambahan, banyak alat-alat yang dapat membantu memodernisasi bisnis. Layanan cloud seperti Canva, Figma, Airtable, dan lain-lain sudah terbukti dapat membantu perusahaan kecil maupun besar untuk mencapai level selanjutnya. Layanan cloud pasti menjadi sorotan Hollywood.

Memperkenalkan Solusi berupa Artificial Intelligence dan Machine Learning untuk Perusahaan Anda

Jika AI dan ML dahulu dilihat sebagai solusi software di masa mendatangkan, masa yang disebut adalah masa sekarang, dapat diakses oleh lebih banyak orang daripada sebelumnya. Contohnya, solusi open source seperti Stable Diffusion, a deep learning, model teks-ke-gambar yang dapat menghasilkan gambar terperinci berdasarkan deskripsi teks dapat menghilangkan kebutuhan seniman grafis atau ilustrator dari pekerjaan bisnis yang menumpuk.

Saat ini, memang membutuhkan banyak daya dan spesifikasi teknologi canggih, tetapi Anda dapat menghostingnya di layanan cloud dengan harga yang bersaing. Pasti akan ada lebih banyak proyek baru berdasarkan AI dan ML dalam beberapa bulan mendatang, bukan tahun. Dan sudah banyak perusahaan Indonesia yang mulai bergabung dengan revolusi ini.

Meningkatkan Protokol dan Kesadaran terhadap Keamanan

Cloud menawarkan efisiensi, skalabilitas, dan fleksibilitas untuk bisnis tetapi seperti biasa, kekuatan besar mendatangkan tanggung jawab yang besar juga (untuk data perusahaan dan pengguna). Alhasil, pemerintah di seluruh dunia mulai memperkuat peraturan data dengan hukuman finansial dan hukum, sementara terorisme di dunia maya masih harus diberantas.

Keamanan harus menjadi tanggung jawab oleh perusahaan dan seluruh stakeholder. Pada tahun 2023 akan terlihat peningkatan jumlah orang yang lebih sadar terhadap data mereka dan protokol keamanan cyber untuk membantu melindungi dirinya dari potensi cyber yang membahayakan. Pastikan karyawan Anda diperbarui dalam protokol keamanan dan kebersihan kata sandi mereka.

Baca Juga :  Barcelona Memble, Dipermalukan Tim Papan Bawah

Memerangi Resesi dengan Multi-Cloud Adoption dan SaaS

Pemadaman global dari WhatsApp dan KakaoTalk beberapa waktu lalu menggambarkan begitu berbahaya jika hanya mengandalkan satu platform. Usaha kecil dan menengah yang sangat bergantung pada kedua platform ini mengalami kehilangan peluang dan pendapatan yang luar biasa. Pendekatan multi-cloud akan menawarkan fleksibilitas dan keamanan yang lebih baik karena dapat menciptakan redundansi dan mencegah downtime dari pemadaman platform tunggal.

Cloud terdistribusi dapat membantu bisnis meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas, sehingga memungkinkan mereka menyebarkan beban kerja mereka ke cloud privat, publik, dan hybrid. Selain itu, manajemen multi-cloud tidak lagi rumit karena layanan seperti platform F5 Distributed Cloud menawarkan visibilitas dan kontrol atas lingkungan cloud terdistribusi mereka, memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan beban kerja mereka dan memastikan bahwa mereka berjalan secara efisien.

Software milik F5 Distributed Cloud sebagaimana layanan (SaaS) menghadirkan perbaikan fungsionalitas yang lebih baik, kontrol keamanan tingkat lanjut, dan operasi yang lebih disederhanakan daripada layanan asli dari penyedia cloud. Ini juga akan menurunkan biaya yang diarahkan pada penerapan yang lebih cepat dan produktivitas yang lebih tinggi. Dan sebagai SaaS, Anda dapat memulai dari yang kecil, menambahkan fitur sesuai kebutuhan saat bisnis Anda berkembang.

Sebagai pengembang yang menyukai aplikasi dalam wadah, perusahaan dapat dengan cepat melabuhkan aplikasi penting jika solusi yang lebih efisien datang secara online dari penyedia layanan cloud alternatif. Solusi dari F5 juga dapat menyediakan fitur keamanan dan kepatuhan untuk membantu melindungi beban kerja perusahaan dari potensi ancaman. Terakhir, model cloud terdistribusi ini dapat membantu bisnis mengelola beban kerja korporat mereka di berbagai lingkungan.

Untuk negara seperti Indonesia, yang dengan cepat melompati teknologi lama, terdapat peluang di empat segmen di atas sebagaimana negaramembutuhkan lebih banyak spesialis dan pengembang untuk naik ke tingkat berikutnya. Pengetahuan hanya dengan sekali klik; yang diperlukan hanyalah menemukan bidang yang diminati untuk membantu membangun atau mempercepat bisnis Anda. Besar atau kecil.@mpa

Baca Juga :  Sesuai Koridor Hukum dan HAM, Polisi RW Harus Hati-hati

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Transformasi Zona Sekolah 3M: Agar Anak-anak Indonesia ke Sekolah dengan Aman

Rab Mar 1 , 2023
Silahkan bagikan Dua sekolah di Jawa Barat menjadi contoh global dalam melindungi kehidupan pejalan kaki yang paling rentan yaitu anak-anak Kecelakaan lalu lintas adalah penyebab utama kematian anak-anak berusia lima tahun ke atas di seluruh dunia, menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention. Tahun ini, 3M mewujudkan komitmennya […]