Aplaus, Ketua RT dan RW Berperan Penting Sukseskan Pembangunan di Kota Bandung

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyebut, ketua RT dan RW memiliki peran penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Saya meyakini dengan partisipasi aktif, kita dapat menciptakan Kota Bandung yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Bambang pada Rapat Pleno Tahun 2024 Forum RT RW Kota Bandung di Kantor Kecamatan Cibeunying Kidul, Sabtu 6 Januari 2024.

Menurutnya, cara tersebut menjadi kesempatan emas untuk sama-sama merencanakan langkah konkret Kota Bandung lebih maju.

“Dalam rapat pleno ini, mari kita bersama-sama mengevaluasi capaian dan tantangan yang dihadapi Kota Bandung. Saya mengajak kita semua untuk secara kritis mengamati program pembangunan yang telah dilaksanakan, serta berdiskusi terbuka mengenai cara-cara inovatif untuk meningkatkan efektivitasnya,” ujar Bambang.

Menurutnya, rapat kerja ini menjadi wahana untuk merumuskan strategi bersama dalam mengatasi berbagai isu yang dihadapi oleh masyarakat. Termasuk dalam hal keamanan, infrastruktur, dan kesejahteraan sosial.

“Kami sangat menghargai kontribusi setiap RT dan RW dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan berdaya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Forum RT dan RW Kota Bandung, Lily Maulana mengungkapkan, Forum RT dan RW siap untuk mendukung program Pemkot Bandung.

Ia mencontohkan, aparat kewilayahan bersama ketua RT dan RW masif menyosialisasikan masalah stunting.

“Seperti stunting. Ini melekat dengan posyandu dan PKK, maka tugas RT dam RW membantu menyosialisasikan kepada masyarakat untuk membantu kebutuhan agar tidak ada yang terindikasi Stunting,” ungkap Lily.

Selain itu, Forum RT dan RW sebagai mitra Pemkot Bandung juga mendukung program pengelolaan sampah. Mulai dari Kang Pisman hingga kegiatan lainnya dalam upaya penanganan sampah.

Baca Juga :  Laba (5)

“Kita pun terus mengedukasi kepada warga, cara penanganan sampah, dibantu dari dinas terkait juga,” tuturnya.

Bahkan, lanjut Lily, sebentar lagi menghadapi pesta demokrasi Pilkada Serentak. Ia yakinkan bahwa di Kota Bandung aman dan kondusif.

“Kami Forum RT dan RW memastikan aman dan kondusif. Kami pun netral dan independen,” tegasnya.

Apresiasi pun diberikan oleh Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan.

“Luar biasa, Forum RT dan RW ini mempengaruhi sisi positif. Dari pengelolaan sampah. Bahkan saat pandemi juga turut menangani Covid-19,” ungkapnya.

Ia berharap pada rapat kerja juga rapat pleno tersebut memberikan ide dan gagasan yang bisa diimplementasikan oleh pemerintah dan masyarakat.

“Kita tunggu ide dan gagasan briliannya. Saya harap rapat ini memberikan hasil yang maksimal bagi pembangunan Kota Bandung ke depan,” ujarnya.  @mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gerak Cepat Pemkot Cimahi Atasi Banjir dan Kirim Bantuan Logistik Pada Warga Terdampak

Ming Jan 7 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CIMAHI – Hujan deras yang mengguyur Kota Cimahi pada Sabtu (6/1) sore hingga malam hari mengakibatkan terjadinya Banjir genangan, Longsor dan angin kencang yang terjadi di beberapa titik di Kota Cimahi. BPBD Kota CImahi Melalui Tim Unit Reaksi Cepat saat ini sedang melaksanakan penanganan serta pemantauan di […]