Arab Saudi Bagikan 15 Ton Kurma di Indonesia

Editor Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi, menyerahkan hadiah kurma kepada pimpinan sejumlah ormas Islam di Atase Agama Kedutaan Arab Saudi di Jakarta pada Kamis (15/4/2021)./via republika.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi menyerahkan hadiah kurma kepada pimpinan sejumlah ormas Islam di Atase Agama Kedutaan Arab Saudi di Jakarta pada Kamis (15/4/2021).

Sejumlah pimpinan ormas Islam, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pondok pesantren tampak hadir di sana.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia menyerahkan 3.000 paket sembako dan 10 ribu paket berbuka puasa untuk dibagikan kepada para fakir miskin, anak yatim, dan tim medis. Termasuk membagikan 15 ton kurma istimewa hadiah dari Raja Salman bin Abdulaziz dan 30 ribu eksemplar Alquran dengan terjemahan bahasa Indonesia.

Esam mengatakan, sebagaimana diketahui, Arab Saudi dan Indonesia memiliki hubungan yang kuat. Karena kedua negara memiliki hubungan sejarah.

“Sekarang kita sedang menjalankan (ibadah) Ramadan, ini (hadiah) adalah apresiasi untuk memperlihatkan kepada saudara-saudara di Indonesia bahwa kita (Arab Saudi) sangat dekat, terlebih di bulan suci Ramadan,” kata Esam di Atase Agama Kedutaan Arab Saudi, Jakarta, Kamis (15/4/2021) seperti dilansir Republika.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia juga mengucapkan selamat Ramadan kepada Indonesia, negara-negara Islam dan umat Islam di dunia.

“Semoga Allah SWT akan menerima puasa dan doa semua umat Islam. Insyaallah tahun depan kita akan saling bertatap muka, dan pandemi (Covid-19) ini segera berakhir, dan kita akan menikmati puasa bersama, insyaallah,” ujar Esam.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin menyampaikan rasa syukurnya dan berterima kasih kepada pemerintah Arab Saudi.

Menurutnya, pemberian paket sembako, paket buka puasa dan kurma ini salah satu bentuk kerja sama sekaligus bentuk perhatian Arab Saudi terhadap umat Islam di Indonesia, khususnya di bulan Ramadan.

Baca Juga :  Atdikbud Canberra Dukung La Trobe University Australia Partisipasi di IIVOSMA Kampus Merdeka

“Arab Saudi memberikan bantuan kurma dan juga sembako, sangat kita apresiasi dan mudah-mudahan bermanfaat dan berkah untuk dinikmati oleh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Ia mengatakan, penyaluran kurma dan paket sembako tersebut akan diserahkan kepada setiap ormas Islam. Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi juga telah memberikan 100 ton kurma kepada Kemenag untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia melalui ormas-ormas Islam. Kurma tersebut sudah didistribusikan.

Kamaruddin juga mengungkapkan bahwa Indonesia dan Arab Saudi banyak melakukan kerja sama. Belum lama ini telah digelar Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadis (MHQH) Amir Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud Tingkat Nasional ke-13 Tahun 2021.

“(Kami) menyiapkan peserta (MHQH) dari berbagai provinsi, alhamdulillah sudah terlaksana dengan baik, kami menyiapkan pesertanya, Arab Saudi yang menyiapkan dananya, ini diselenggarakan setiap tahun,” ujarnya.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Juraidi menambahkan, sebelumnya pemerintah Arab Saudi lewat Kedutaan Arab Saudi memberikan 100 ton kurma ke pemerintah Indonesia melalui Kemenag. Arab Saudi juga memiliki program buka puasa bersama di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

“Tahun ini Indonesia dapat pembagian sembako 3.000 paket, paket buka puasa 10 ribu paket dan ditambah kurma 15 ton (yang dibagikan hari ini ke ormas-ormas),” ujarnya.

Ia mengatakan, biasanya pemberian tersebut disalurkan melalui ormas-ormas, masjid dan beberapa pondok pesantren. Sekarang masih dalam kondisi pandemi Covid-19, jadi penyalurannya sesuai protokol kesehatan. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Semifinal Piala Menpora: PSM Makassar Puas, Persija Jakarta Sayangkan Kartu Merah

Jum Apr 16 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pelatih PSM Makassar Syamsuddin mengaku bersyukur dengan hasil seri 0-0 timnya melawan Persija Jakarta pada laga semifinal Piala Menpora 2021 Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (15/4/2021) malam. “Saya mensyukuri karena kami mendapatkan hasil yang imbang. Kita tahu Persija adalah tim yang solid. Semua pemainnya punya […]