Arab Saudi Buka Pendaftaran Haji 2024 untuk Jemaah Asing

Editor Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan bahwa tanggal 10 Ramadan akan menjadi tanggal terakhir bagi jamaah domestik, warga negara dan penduduk, untuk mengajukan permohonan haji. /saudigazette.com.sa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JEDDAH – Arab Saudi mengumumkan telah memulai pendaftaran resmi jemaah asing untuk haji 2024. Langkah ini diambil setelah suksesnya penyelenggaraan haji tahun 2023 dengan kapasitas penuh pertama sejak pandemi Covid-19.

“Jemaah haji dari seluruh dunia kini bisa mendaftar bersama keluarganya untuk haji 1445/2024 melalui aplikasi Nusuk Haji di bawah Kementerian Haji dan Umrah,” ungkap Pusat Komunikasi Internasional (CIC), di bawah Kementerian Media, dalam keterangan resminya.

Jemaah haji dari benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oceania dapat mengajukan ibadah haji melalui aplikasi Nusuk Haji. Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran dapat diperoleh di website [hajj.nusuk.sa].

Haji Nusuk adalah pintu gerbang menuju perjalanan seumur hidup. Ini adalah platform one-stop-shop yang diawasi oleh Kementerian Haji dan Umrah. Ia menawarkan kepada jemaah berbagai paket haji yang ditawarkan oleh penyedia layanan resmi, memastikan pengalaman spiritual seumur hidup yang lancar.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji dari seluruh dunia, sesuai dengan visi Arab Saudi 2030,” kata Menteri Haji dan Umrah, Dr. Muhammad Saleh bin Taher Benten, dalam siaran persnya.

Para jemaah dapat mendaftarkan nama mereka melalui situs web setelah membuat akun pribadi dengan memberikan alamat email dan memilih negara tempat tinggal saat ini dari daftar yang tersedia, yang mencakup semua negara yang dilayani untuk haji 2024.

Haji, rukun Islam kelima, adalah suci dan wajib bagi setiap Muslim dewasa yang mampu. Sama seperti amalan penting lainnya dalam Islam, haji hadir dengan serangkaian ritualnya sendiri yang harus diikuti dengan tekun selama perjalanan suci ini.

Patut dicatat bahwa haji tahun 2023 merupakan ibadah tahunan berkapasitas penuh pertama pada periode pasca pandemi. Sebanyak 1.845.045 jemaah, terdiri dari 1.660.915 jemaah asing dan 184.130 jemaah dalam negeri, melaksanakan ibadah haji terakhir.

Baca Juga :  REFLEKSI | Pertiwi telah Banyak Memberi, Kita Balas dengan Apa ?

Diantaranya, jumlah jemaah laki-laki sebanyak 969.694 orang dan jumlah jemaah perempuan mencapai 875.351 orang. Jumlah jamaah haji dari negara-negara Asia berjumlah 1.056.317 orang atau mencakup 63,5 persen, sedangkan jumlah jemaah haji dari negara-negara Arab berjumlah 346.214 orang atau mewakili 21 persen dari total jemaah haji.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TKN: Program Makan Siang Gratis Dorong Kesejahteraan di 76 Negara, Ciptakan 4 Juta Pekerjaan

Jum Des 29 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka berkomitmen untuk memberikan makan siang gratis bagi anak-anak di sekolah apabila terpilih di Pilpres 2024 mendatang. Melalui salah satu program andalan tersebut, Prabowo-Gibran berharap dapat memenuhi gizi anak-anak Indonesia, […]