Arus Mudik Akibatkan Kemacetan 11 Jam Menuju Pelabuhan Merak, Ini Jalan Alternatifnya

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANTEN – Kemacetan parah terjadi menuju Pelabuhan Merak di Banten. Kali ini, kemacetan mengular hingga ke dalam Tol Tangerang Merak, tepatnya di KM 92-600, atau di Kaligandu, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Banten. Jarak kemacetan sekitar 6 kilometer sebelum Gerbang Tol (GT) Merak, Sabtu (6/4/2024).

Dari GT Merak ke Pelabuhan Merak, sekitar 5 km lagi. Total kemacetan mencapai sekitar 11 kilometer di luar Pelabuhan Merak. Jalan Cikuasa Atas sendiri telah dijadikan kantung parkir atau buffer zone. Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim, tengah berada di Pelabuhan Merak, memantau kepadatan pemudik.

Apa penyebab kemacetan tersebut?

Penyebab kemacetan panjang menuju Pelabuhan Merak, Banten karena meningkatnya volume kendaraan pemudik dari arah Jakarta yang akan menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak ASDP dengan tujuan Pulau Sumatera. Pihak berwenang sedang melakukan evaluasi dan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi situasi ini.

Untuk mengatasi kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten, pihak berwenang telah mengambil beberapa langkah:

1. Delaying System: Kepolisian menerapkan delaying system atau penundaan perjalanan menuju Pelabuhan Merak. Mekanisme ini telah dijalankan sejak Jumat (5/4/2024) malam. Bahkan seiring antrean kendaraan yang meningkat, delaying system ditambah hingga ke KM13.

2. Penambahan Kapal: Upaya mengurai kendaraan juga dilakukan dengan mendatangkan tambahan kapal penyeberangan. Dua pelabuhan di Lampung juga hanya melakukan tiba bongkar dan berangkat.

3. Proses Bongkar Muat Cepat: Kapal kembali kosong ke Merak setelah melakukan bongkar muatan di Bakauheni. Disediakan dua demaga khusus bongkar ini.

4. Alihkan Angkutan Barang: Angkutan barang untuk kendaraan golongan 6, 7, 8, dan 9 dialihkan ke Bandar Baku Jaya (BBJ) untuk mengurangi beban di tengah.
Semua langkah ini diambil untuk mengatasi situasi kemacetan menjelang Lebaran Idulfitri 2024.

Baca Juga :  Peringkat IP Pemuda Jabar Terendah se-Indonesia, Pansus III DPRD Jabar Minta Gubernur Tak Banyak Bangun Opini

Bagi pemudik yang ingin menghindari kemacetan menuju Pelabuhan Merak, ada jalur alternatif yang lebih lancar kondisi lalu lintas. Berikut adalah rute alternatif yang dapat diambil:

1. Jalur Bojonegara-Merak: Pemudik dari arah Jakarta dapat keluar di Gerbang Tol Cilegon Timur, lalu mengambil arah ke jalan nasional Bojonegara-Puloampel-Merak.

Dengan estimasi waktu sekitar 50-60 menit, pemudik akan sampai di Pelabuhan Merak dengan jarak sekitar 31 kilometer. Jalur ini melewati PLTU Suralaya, Pelabuhan Bojonegara, dan Pelabuhan PT Indah Kiat.

@mh

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dijerat Pasal Berlapis, Ayah Tiri Aniaya Anak Tiri Berulang Kali hingga Tewas

Ming Apr 7 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CILEUNYI – Polresta Bandung berhasil mengungkap kasus penganiayaan anak tiri yang mengakibatkan meninggal dunia dalam kurun waktu kurang dari 1 x 24 jam. Tersangka adalah M alias Ujang alias Ubro (31) warga Desa Sangiang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Hal ini diungkapkan Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo […]