Bandara Kertajati Catat 140 Ribu Penumpang dalam Tiga Bulan

Editor BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka. /visi.news/alfa fadillah
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KERTAJATI – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, mencatat prestasi membanggakan dengan jumlah penumpang yang mencapai 140 ribu orang dalam kurun waktu tiga bulan sejak beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023. Bandara yang memiliki kapasitas 5,6 juta penumpang per tahun ini melayani tujuh rute domestik dan satu rute internasional dengan tingkat keterisian pesawat atau load factor di atas 70 persen.

Direktur Utama PT BIJB Muhammad Singgih mengatakan, bandara ini menunjukkan tren positif dengan rata-rata 12-15 kali penerbangan per hari. Ia optimis jumlah penumpang akan terus meningkat dan menargetkan 1,2 juta penumpang untuk tahun 2024. “Kita ada target 1,2 juta penumpang untuk tahun 2024 di BIJB,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (31/2/2024).

Singgih menambahkan, bandara ini tidak hanya melayani perjalanan penumpang, tetapi juga pengangkutan barang. Saat ini, ada jadwal penerbangan kargo yang rutin menuju Balikpapan dengan tingkat keterisian yang bagus. “Sekarang udah ada kargo dari sini ke Balikpapan sudah rutin. Itu dengan tingkat keterisian bagus. Jadi khusus pengangkut barang. Jadwalnya rutin, kecuali hari Senin,” jelasnya.

Untuk meningkatkan kenyamanan dan pelayanan bagi penumpang, bandara ini juga terus memperbaiki sarana dan fasilitas, seperti penyediaan tenant (gerai) yang menyediakan berbagai kebutuhan. Singgih mengajak masyarakat, khususnya di daerah penyangga seperti Cirebon dan sekitarnya, untuk merasakan terbang dari BIJB Kertajati. Apalagi, akses menuju bandara ini sudah semakin mudah karena terhubung dengan jalan tol.

Singgih juga berupaya menambah rute-rute baru untuk memperluas jangkauan penerbangan. Beberapa rute yang sedang diupayakan adalah Surabaya, Banjarmasin, Pontianak, Ujung Pandang, dan Singapura. “Kita juga lagi berupaya menambah rute-rute baru. Kita upayakan ke Surabaya, Banjarmasin, Pontianak, Ujung Pandang dan Singapura. Ke Makassar sudah ada, tapi mau kita rutinkan. Kalau izin sudah ada tinggal diaktifkan saja dan dikomunikasikan dengan maskapai penerbangan,” ucap dia.

Baca Juga :  Cegah Pungli, Masyarakat Diminta Aktif Berpartisipasi dalam Bentuk Masukan, Saran Sampai Laporan

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rembug Bedas Ke-88 Bupati Bandung Digelar di Desa Tanjungwangi

Rab Jan 31 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CICALENGKA – Desa Tanjungwangi menjadi salah satu sasaran pelaksanaan kegiatan rutin Rembug Bedas Bupati Bandung Dadang Supriatna, Rabu (31/1/2024). Secara geografis Desa Tanjungwangi adalah masuk Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, yang lokasinya di wilayah paling timur dan berbatasan dengan Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut. Desa Tanjungwangi pun berada […]