Bandung Hari Ini Panas atau Hujan Yah? Ini Prakiraan Cuaca dari BMKG

Editor Prakiraan cuaca Kota Bandung dan sekitarnya./visi.news/bmkg/humas bandung
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Kota Bandung, Jawa Barat, mengalami cuaca mendung dan hujan dengan intensitas rendah hingga sedang dalam beberapa hari terakhir. Bagaimana dengan hari ini, Selasa (19/12/2023)? Apakah Bandung masih akan diguyur hujan?

Menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Bandung hari ini akan berawan sepanjang hari, dengan kemungkinan hujan ringan pada pukul 16.00 WIB. Suhu udara berkisar antara 20-27°C, dengan kelembapan 75-95%.

Prakirawan Cuaca BMKG Kota Bandung, Yan Firdaus Permadhi, menjelaskan bahwa wilayah Bandung Raya saat ini sedang mengalami masa peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan. “Wilayah Bandung Raya akan memasuki musim hujan pada Oktober dasarian I hingga dasarian III,” kata Yan.

Yan mengungkapkan, mendung dan hujan yang melanda Bandung dalam beberapa hari terakhir, disebabkan oleh beberapa faktor. “Kejadian kemarin (mendung dan hujan) lebih banyak dipengaruhi oleh adanya pusat tekanan rendah di sekitar Selat Karimata sehingga menyababkan cuaca buruk di wilayah Jawa Barat,” ujar Yan.

Selain itu, Yan menambahkan, fenomena La Nina turut berperan dalam menimbulkan cuaca ekstrem di wilayah Bandung Raya. “Selain itu jelas masih ada pengaruh La Nina, seperti hangatnya Suhu Permukaan Laut (SPL) di perairan wilayah Jabar,” ucap Yan.

“Selain itu, Dipole Mode sedang berada pada fase negatif, hal ini juga menjadi penyebab cuaca buruk beberapa minggu terakhir,” imbuhnya.

Yan pun mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi pada masa peralihan ini. “Bagi masyarakat juga diharapkan untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan dan saluran pembuangan air, sehingga risiko banjir dapat diminimalisir,” ujarnya.

“Selain itu, bagi masyarakat yang sedang dalam perjalanan, apabila terdapat cuaca buruk, segera menepi dan mencari tempat perlindungan yang aman, seperti di dalam gedung yang kokoh,” tuturnya.

Baca Juga :  Toyota Innova Seruduk Truk di Tol Solo-Ngawi, Empat Orang Tewas

@mpa

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kritik Ridwan Kamil Soal Jalan Tol, Gus Imin : Jangan Baca Berita Sepotong

Sel Des 19 , 2023
Silahkan bagikan Salah satu langkah yang akan diambil oleh AMIN adalah mengakselerasi pengembangan sistem transportasi umum massal di kota-kota strategis, yang terdiri atas angkutan umum berbasis rel dan jalan sebagai moda utama yang terintegrasi dengan sistem mobilitas aktif serta kendaraan bebas emisi sehingga mampu menjangkau seluruh kawasan kota secara efisien […]