Bandung Raya Masuk Musim Hujan di Awal Tahun 2024

Editor Ilustrasi./net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Wilayah Bandung Raya diprediksi mengalami musim hujan di awal tahun 2024, menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Hal ini sejalan dengan ramalan BMKG bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki musim hujan pada bulan Januari 2024.

Kepala Stasiun Klimatologi Bandung, Teguh Rahayu, mengatakan bahwa Bandung Raya termasuk dalam zona musim (ZOM) yang mengalami awal musim hujan pada bulan Januari 2024. “Berdasarkan prakiraan BMKG, Bandung Raya masuk dalam ZOM 6 yang awal musim hujannya pada Januari 2024,” ujar Teguh, Selasa (2/1/2024).

Teguh menjelaskan bahwa awal musim hujan di Bandung Raya dipengaruhi oleh pergerakan angin muson Asia yang bertiup dari arah timur laut ke barat daya. Angin muson ini membawa kelembapan yang tinggi dan menyebabkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Bandung Raya.

“Angin muson Asia ini biasanya mulai bertiup pada bulan Desember hingga Maret. Namun, tahun ini angin muson ini terlambat masuk ke wilayah Indonesia, sehingga awal musim hujan juga terlambat,” tutur Teguh.

Sementara itu, prakiraan cuaca Bandung Raya untuk hari ini, Selasa (2/1/2024), menurut BMKG, adalah berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Suhu udara berkisar 20,8 hingga 31,4 derajat Celcius, kelembapan udara 50% hingga 90%.

“Antara siang dan sore hari umumnya berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, malam dan dini hari umumnya berawan hingga hujan ringan,” kata Teguh, mengutip dari situs BMKG.

Teguh mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang, yang dapat terjadi akibat curah hujan yang tinggi. “Kami harap masyarakat dapat mengikuti informasi cuaca dari BMKG secara berkala dan mengantisipasi dampak buruk dari musim hujan,” pesan Teguh.

Baca Juga :  Ustadz Sopiana Hudri: Idul Adha, Momen untuk Memperbaiki Diri

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hadiri Penutupan LKJ MWCNU dan PAC BANOM Pakis, Bupati Sanusi Dorong Kemajuan di Sektor Pendidikan dan Organisasi

Sel Jan 2 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MALANG – Peningkatan kualitas pendidikan generasi penerus di lingkungan organisasi Nahdlatul Ulama menjadi salah satu penekanan yang disampaikan Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, M.M., dalam Laporan Pertanggungjawaban Lembaga MWCNU PAKIS DAN PAC BANOM NU Pakis Tahun Kerja 2023 di Gedung NUIS Kampus (SMP, SMA, SMK NU […]