Bangun Keakraban, BEM Fak Ilmu Komputer Uniku Gelar Diskusi Manajemen Organisasi

Editor Bangun keakraban BEM Fakultas Ilmu Komputer Uniku menggelar diskusi manajemen organisasi./via kuningankab.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KABUPATEN KUNINGAN – Bangun keakraban untuk penguatan organisasi, Badan Eksekutf Mahasiswa (BEM) Ilmu Fakultas Komputer Uniku Kuningan menggelar diskusi Manajemen Organisasi pada acara Malam Keakraban (Makrab) Internal BEM.

Diskusi tersebut menghadirkan Nana Suhendra, M.Pd Kasi/Subkoor Kemitraan dan Kelembagaan Komunikasi Media, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kabupaten Kuningan, bertempat di Talaga Surian, Sabtu (21/5/2022). Acara diikuti sekitar 40 mahasiswa.

Nana Suhendra, mengawali diskusi dengan mengajak mahasiswa untuk merenungkan terlebih dahulu bahwa begitu banyak keunikan dan keindahan anugerah alam yang Allah ciptakan.

“Mari kita lihat dan dengarkan dengan hati, renungkanlah hikmah setiap ciptaan-Nya,” ujar Nana, dilansir dari laman resmi Pemdakab Kuningan.

Bicara organisasi itu seperti sebatang pohon. Nana menjelaskan, jika kita berada dalam struktur organisasi, kerjakanlah posisimu sebaik mungkin. Jika posisi sebagai batang, maka jadilah batang yang kokoh untuk menopang pohon. Posisi sebagai cabang, maka jadilah cabang yang mampu menggandeng setiap ranting dan daun. Posisi sebagai daun, maka jadilah daun yang rimbun supaya pohon bermanfaat untuk menaungi orang dari kepanasan.

”Posisi sebagai bunga, maka jadilah bunga yang merekah indah supaya pohon terhiasi dan dikenal orang. Posisi sebagai buah, maka jadilah buah yang manis supaya nama baik pohonmu tetap terjaga. Posisi sebagai akar, walaupun tidak terlihat tetaplah mencengkeram ke tanah demi tegaknya seluruh struktur pohon,” ungkapnya

Nana menerangkan, organisasi merupakan sebuah wadah untuk sekumpulan orang atau kelompok yang bekerja sama secara rasional dan sistematis, untuk mencapai tujuan bersama dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. Jadi dalam suatu organisasi tak lepas adanya yang mengatur, ada yang diatur, ada aturan, dan ada struktur.

Baca Juga :  Wabup Buka Resmi Festival Baso Aci Kabupaten Garut Jilid Dua

Untuk menggerakkan organisasi dibutuhkan manajemen, Nana memaparkan, di mana fungsi manajemen ini sebagai suatu seni atau prinsip yang berkaitan dengan pengorganisasian, seperti menyusun perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, pelaporan dan pengkoordinasian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dia juga menuturkan pentingnya berorganisasi bagi mahaiswa. Menjadi seorang mahasiswa merupakan suatu kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri. Baik itu kemampuan hardskill atau softskill. Salah satunya dengan aktif di organisasi. Adapun manfaat berorganisasi bagi mahasiswa, di antaranya memperluas pergaulan, meningkatkan wawasan/pengetahuan, dan membentuk pola pikir yang lebih baik.

“Selain itu menjadi kuat dalam menghadapi tekanan, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, melatih leadership (kepemimpinan), belajar mengatur waktu, memperluas jaringan (networking), media berlatih mempersiapkan dunia kerja, dan mengasah kemampuan sosial,” ungkapnya.

Sementara, Ketua BEM Ilmu Fakultas Komputer Uniku Ega Maulana Mulyana menyampiakan, Makrab diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya diskusi dengan pembahasan manajemen organisasi. Dia berharap diskusi ini dapat membangun keakraban dalam berorganisasi di BEM Ilmu Fakultas Komputer Uniku sehingga akan tumbuh rasa memiliki, peduli, dan membentuk tim yang solid.

“Diskusi ini juga sebagai upaya memberikan wawasan berorganisasi, bekal ilmu dan pengetahuan, menumbuhkembangkan jiwa mahasiswa yang berintelektual, kreatif, inovatif, dan berjiwa sosial yang tinggi. Sehingga terbentuk mahasiswa yang profesional dalam menyeimbangkan antara perkuliahan dan organisasi,” terang Ega didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan Muhamad Hilmi Ashari.

Diskusi berlangsung dengan penuh keakraban karena setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk menyampaikan ide dan gagasan terkait dengan pengelolaan dan penguatan organisasi yang baik. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Pelantikan BP2MP, Anton Charliyan Berpesan Agar Lebih Berani Melawan Radikalisme dan Intoleran

Ming Mei 22 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Mantan Kapolda Jabar Anton Charliyan Berpesan agar Barisan Patriot Pejuang Merah Putih (BP2MP) bisa lebih berani dalam melawan radikalisme dan kelompok intoleran. “Hadirnya komunitas ini mudah-mudahan bisa membawa angin segar dalam membantu aparatur negara menjaga keutuhan NKRI dengan nyata, karena dalam barisan ini telah bergabung […]