Banjir Bandang di Ciparay Akibat Penyempitan Gorong-gorong dan Saluran Air Dangkal 

Editor :
Ketua RT 03/RW 04 Desa Bumi Wangi Kecamatan Ciparay Wawan saat membersihkan sampah disaluran air yang berasal dari gunung Bukit Culah./visi.news/yusup supriatna

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Banjir bandang yang terjadi Sabtu (24/10/2020) sore diakibatkan saluran air yang sempit dan dangkal serta kurangnya penghijauan di wilayah pegunungan Bukit Culah (Beko) Desa Bumi Wangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Hal tersebut ditegaskan Wawan Suhendi selaku Ketua RT 03/RW 04 Desa Bumi Wangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Kata dia, banjir bandang ini terjadi setiap tahunnya pada musim hujan.

“Saluran air ini kondisinya sangat memperihatinkan. Selain dangkal dan sempit, gorong-gorong juga harus diperbesar,” tegas Wawan kepada VISI.NEWS di lokasi, Minggu (25/10/2020) siang.

Menurutnya, dikawasan Gunung Bukit Culah ini sering penanaman pohon oleh pihak-pihak terkait. Namun seringnya penamanan pohon yang dilakukannya ini, kurang disertai dengan perawatan.

“Penanaman pohon mah, namun kalau kurannya ada perawatan terasa percuma. Karena yang terpenting adalah perawatan,” tuturnya.

Wawan menambahkan, minimnya perawatan penanaman pohon ini, kondisinya serupa akan terjadi lagi. Pihaknya berharap lembaga terkait khususnya dibidang penghijauan untuk turun langsung kelapangan guna merawat tanaman yang ditanam dilokasi ini.

“Lembaga, golongan dan masyarakat harus dikibatkan dalam perawatan tanaman yang ditanam ini. Perawatan tanaman merupakan tanggung jawab bersaa,” jelasnya.

Kondisi yang terjadi ini, pihaknya juga mengkritisi atas dasar realita dilapangan.
“Saya kritik demi kepentingan masyarakat bukan untuk kepentingan golongan atau pribadi apa lagi politis. Ini murni dari aspirasi masyarakat,” pungkasnya. @yus

Baca Juga :  Saham Roma Naik Lebih dari 21 Persen Usai Umumkan Mourinho Sebagai Pelatih

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Disebut Nikah Lagi dengan Janda Asal Bandung, Ini Tanggapan Kiwil

Ming Okt 25 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kiwil memang belum lama resmi bercerai dengan istri keduanya, Meggy Wulandari. Namun, baru-baru ini Kiwil disebut sudah menikah lagi dengan seorang wanita asal Bandung bernama Venti Figianti. Komedian berusia 48 tahun itu diketahui menikahi Venti secara agama atau siri. Kiwil menikahi Venti dengan mahar 2 gram emas dan seperangkat alat salat. “Betul, nikah secara agama sih, yang nikahin gurunya, Ustaz […]