“Bathara Kresna” Dijalankan Lagi Setelah Dikandangkan 8 Bulan Akibat Pandemi Covid-19

Editor :
Railbus atau KA perintis Bathara Kresna relasi Solo - Wonogiri melintas pedesaan di jalur antara Kota Solo dengan Kota Wonogiri./visi.news/istimewa.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Bus berbasis rel atau railbus “Bathara Kresna” yang merupakan kereta rel disel dengan desain bus dan dioperasikan sebagai kereta api (KA) perintis relasi Solo-Wonogiri, di awal tahun baru 2021 dijalankan kembali setelah dikandangkan sekitar 8 bulan sejak Mei 2020 akibat pandemi Covid 19.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjenka) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menugaskan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi Daop) 6 Yogyakarta untuk mengoperasikan kembali KA perintis Bathara Kresna mulai Jumat (1/1/2021).

PT KAI Daop 6 Yogyakarta, sebelumnya juga sebagai operator railbus yang merupakan gagasan Presiden Jokowi ketika masih menjabat sebagai wali kota Solo.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, dalam rilis yang dikirim kepada VISI.NEWS, Kamis (31/12/2020), menjelaskan, berdasarkan surat penugasan dari Direktur Jenderal Perkeretaapian tentang pelaksanaan KA perintis, pada tahun anggaran 2021 railbus Bathara Kresna termasuk yang akan dioperasikan.

“Mulai Jumat (1/1/2021), KA perintis Bathara Kresna dijalankan kembali untuk melayani masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta api dari Stasiun Purwosari sampai Stasiun Wonogiri (PP). Pengoperasian kembali KA perintis ini, setelah PT KAI mendapat penugasan dari Ditjenka Kemenhub untuk menyelenggaraan angkutan KA perintis, berdasarkan surat penugasan direktur jenderal perkeretaapian tentang pelaksanaan KA perintis tahun anggaran 2021,” kata Supriyanto.

Dalam pengoperasian KA perintis Bathara Kresna, PT KAI akan melayani sebanyak 4 kali perjalanan setiap hari. Jadwal perjalanan KA dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonogiri dengan jam keberangkatan pukul 06.00 WIB dan 10.00 WIB. Sedangkan perjalanan dari Stasiun Wonogiri ke Stasiun Purwosari dengan jadwal keberangkatan pukul 08.00 WIB dan 12.00 WIB.

“KA perintis Bathara Kresna relasi Solo – Wonogiri akan berhenti di beberapa stasiun, yaitu Stasiun Solokota atau Sangkrah, Stasiun Sukoharjo dan Stasiun Pasar Nguter. Tarif tiket perjalanan dari Stasiun Purwosari – Stasiun Wonogiri sebesar Rp 4.000,- per penumpang. Pembelian tiket dilayani secara online melalui aplikasi KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan atau secara go dhow di loket stasiun,” jelas Manajer Humas PT KAI Daop 6 itu.

Baca Juga :  Bupati Bandung Terpilih : Smart City Masuk Program 100 Hari Kerja

Supriyanto menambahkan, dalam pengoperasian KA perintis Bathara Kresna selama masa pandemi Covid-19, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sesuai ketentuan manajemen PT KAI menerapkan protokol kesehatan, di antaranya penumpang harus dalam kondisi sehat, mengenakan masker selama perjalanan, diimbau mengenakan jaket atau pakaian lengan panjang, dan dilakukan pengukuran suhu tubuh saat boarding.

“Dalam menjaga jarak antar-penumpang selama perjalanan, KAI hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” sambung Supriyanto. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Liburan Tahun Baru di Pantai Pangandaran Rombongan Bus Tidak Tampak

Jum Jan 1 , 2021
Silahkan bagikanmoreVISI.NEWS – Menjelang pergantian tahun baru 2020 – 2021 para wisatawan yang akan masuk ke objek wisata Pantai Pangandaran, Kamis (31/12/2020) kemarin, sejak siang pukul 13.00 WIB terus berdatangan, didominasi kendaraan roda dua. Begitu pun kendaraan pribadi terlihat antre di pintu gerbang utama. Lain halnya dengan rombongan bus belum […]