Baxter Meluncurkan Kampanye “Know Your Score” Pentingnya Deteksi Dini untuk Mengatasi Beban Penyakit Ginjal

Editor Ilustrasi. /pac.mykidneyjourney.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SINGAPURA – Baxter Asia Pasifik (Baxter), pemimpin global untuk perawatan dialisis, telah meluncurkan kampanye “Know Your Score – Ketahui Skor Anda” di seluruh Asia Pasifik (APAC) pada Hari Ginjal Sedunia.

Know Your Score bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk mengenal skor ginjal mereka sebagai ukuran kesehatan ginjal, menekankan gagasan bahwa “mengetahui skor Anda dapat menyelamatkan hidup Anda”. Skor diukur melalui tes Glomerular Filtration Rate (GFR), tes darah sederhana yang mengukur kesehatan ginjal. Angka sederhana ini – seperti pengukuran kolesterol dan tekanan darah – menunjukkan apakah pasien memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dan dapat membantu mencegah perkembangan penyakit.

Know Your Score menekankan perlunya pengujian rutin untuk mendeteksi dan mencegah penyakit ginjal kronik (PGK), terutama di antara mereka yang menderita hipertensi dan/atau diabetes. Hal ini juga mendorong masyarakat untuk mempelajari lebih lanjut tentang skor ginjal dan tips gaya hidup untuk mencegah penyakit ginjal, dengan mengunjungi My Kidney Journey, sebuah situs web khusus yang menyediakan informasi tentang kesehatan ginjal dan perawatan PGK.

Penyakit ginjal kronis (PGK) sedang meningkat di Asia Pasifik dan terus menjadi permasalahan kesehatan masyarakat yang utama. Thailand, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, dan Indonesia memiliki insiden tertinggi Penyakit Ginjal Tahap Akhir yang diobati (ESKD). Persentase peningkatan terbesar insiden ESKD yang diobati antara 2009-2010 dan 2017-2018, terjadi di Indonesia (1550%), diikuti oleh Thailand (204%), dan Korea Selatan (73%).

Tony Samosir, Ketua Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI), yang juga merupakan pasien transplantasi ginjal mengatakan, Infomasi tentang kesehatan ginjal dan pilihan terapi pengganti ginjal sangat dibutuhkan oleh pasien. Pelayanan kesehatan yang minim di Indonesia, ditambah tidak jelasnya gejala yang ditunjukkan ketika seseorang mengalami gagal ginjal, mengakibatkan sebagian besar pasien yang datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi parah“. Tony menambahkan,” Pendekatan yang terpusat pada komunikasi dan edukasi yang jelas menjadi pondasi penting untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan penyakit ginjal”.

Baca Juga :  Lanjut Terus Upaya Tangkal Kolesterol Pascalebaran

“Baxter berkomitmen untuk membantu mencegah terjadinya PGK melalui peningkatan kesadaran akan pentingnya deteksi dini. Pada peringatan Hari Ginjal Sedunia kali ini, kami ingin menekankan gagasan bahwa pengujian dini, dan mengetahui skor Anda dapat menyelamatkan nyawa. Pasien yang didiagnosis lebih awal dapat menyesuaikan gaya hidup mereka dan belajar bagaimana mengelola kondisi mereka, sehingga menghindari atau menunda kebutuhan untuk dialisis atau transplantasi. Hari ini kami menegaskan kembali komitmen kami untuk berkolaborasi dengan dokter di seluruh rangkaian perawatan, mulai dari pencegahan dan deteksi dini PGK hingga perawatan gagal ginjal,” kata Andrew Frye, Presiden Baxter Asia Pasifik.

Skor ginjal diatas 90 menunjukkan kondisi ginjal sehat dan normal. Skor antara 60-89 berarti diperlukan tindak lanjut untuk mencegah kerusakan ginjal lebih parah. Ketika skor kurang dari 60 selama 3 bulan, ini mengindikasikan adanya PGK.@nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sojern dan Oaky Berkolaborasi demi Membantu Pelaku Industri Perhotelan Meningkatkan Reservasi dan Pendapatan Langsung

Kam Mar 10 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SAN FRANCISCO – Sojern, platform pemasaran digital untuk praktisi pemasaran di sektor pariwisata, dan Oaky, solusi automated upselling unggulan di sektor perhotelan, hari ini berkolaborasi demi membantu berbagai hotel di seluruh dunia meningkatkan reservasi (direct booking). “Sojern tak hanya bertekad membantu klien mencapai tingkat okupansi terbaik lewat […]