Begini Cara Atasi Pengangguran Di Jabar, Kusnadi : Perubahan Kurikulum SMK, Optimalisasi BLK Menjadi Tantangan

Editor Anggota DPRD Jawa Barat H. Kusnadi. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISINEWS | BANDUNG – Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Haji Kusnadi, meminta agar Pemprov Jabar terus berupaya untuk menekan angka pengangguran terlebih selama pandemi Covid-19 diketahui jumlah pengangguran di Jabar terus meningkat.

Guna melakukan upaya tersebut, diharapkan Pemprov Jabar bisa terus mengoptimalkan Balai Latihan Kerja (BLK) dan menyiapkan SDM yang unggul serta terampil, pasalnya persoalan ketenagakerjaan masih menjadi isu sentral.

“Persoalan tenaga kerja di Jabar membutuhkan langkah-langkah terobosan di dalam penanganannya, agar persoalan pengangguran teratasi, optimalisasi BLK bisa menjadi salah satu solusi,” katanya.

Kusnadi mengungkapkan, untuk menekan angka pengangguran dibutuhkan tenaga kerja yang siap menghadapi tantangan dengan keahlian spesifik di sektor industri.

“Oleh karenanya, pendidikan vokasi memiliki peran penting untuk menyiapkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi, SDM unggul dan BLK memiliki peran penting,” ungkapnya.

Kemudian pelatihan vokasi, lanjut Kusnadi, dinilai bisa tekan angka pengangguran di Jabar, pasalnya berpengaruh terhadap kualitas tenaga kerja, dunia industri saat ini membutuhkan tenaga kerja dengan terampil dan keahlian yang spesifik.

“Keberhasilan pelatihan vokasi di BLK akan turut memberikan efek yang positif terhadap penurunan angka pengangguran, maupun kemajuan berbagai industri,” ujarnya.

Terakhir, perlu adanya krikulum SMK yang dapat menunjang kebutuhan industri, pasalnya di lapangan masih sering terjadi permasalahan seperti tidak sesuainya daya serap industri dengan jumlah lulusan SMK.

“Kurikulum yang disiapkan pun tidak sesuai dengan kebutuhan industri, artinya harus adanya perubahan kurikulum di SMK menyesuaikan dengan kompetensi dunia industri,” pungkasnya. @eko.

Baca Juga :  Sukseskan Piala Menpora, Bobotoh Diimbau Tak Datang ke Stadion

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Syakieb Sungkar Tampilkan Karya Modern Art pada Pameran Lukisan 'Art Kembang Kayu' di Alam Sutera

Kam Mar 24 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Perupa Syakieb Sungkar bersama sembilan seniman lainnya akan menggelar karya seni mereka pada ‘Art Kembang Kayu’ di TEKA Real Wood Flooring Gallery Jl. Jalur Sutera Kav. 29B, No.36-37 Paku Alam, Alam Sutera, Tangerang Selatan, 26 Maret – 10 April 2022. Ke sembilan pelukis yang akan […]