Berdayakan Seniman di Masa Pandemi, Disbudpar Kota Bandung Gelar Pentas Seni

Editor Berdayakan Seniman di Masa Pandemi, Disbudpar Kota Bandung Gelar Pentas Seni./visi.news/istimewa.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Dalam upaya pemberdayaan para seniman di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ( Disbudpar ) Kota Bandung menggelar pentas seni dan budaya secara virtual.

Kepala Bidang Produk Seni dan Budaya Disbudpar Kota Bandung Nuzrul Irwan Irawan, S.E., M.Si., saat ditemui VISI.NEWS di sela-sela acara, Sabtu (14/11/2020) menjelaskan, pentas seni yang belangsung di Padepokan Seni Mayang Sunda Jl. Peta No.209, Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Bojongloakaler, Kota Bandung, ini ditayangkan secara langsung di media sosial milik Disbudpar Kota Bandung.

Adapun “rengrengan” seniman yang “minton”, yaitu tembang sunda dibawakan oleh Paguyuban Pamirig Tembang Sunda (PPTS), tari klasik dari Galih Pakuan, jaipongan Sanggar Putri Ayu, teater Lamda Art, kliningan dari Lingkung Seni Purbaning Laras, angklung kolaborasi Alunan Musik Bambu, dan musik etnik kolaborasi Etho Progressive.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, pentas seni dan budaya virtual ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang dilaksanakan beberapa bulan lalu sebagai salah satu upaya pemberdayaan para pelaku seni di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini sebagai upaya pemberdayaan para seniman di masa pandemi Covid-19 karena selama kurang lebih 8 bulan sejak pandemi Covid-19 merebak, para pelaku seni tidak bisa berkegiatan sebagaimana mestinya. Otomatis hal ini berpengaruh terhadap perekonomian para pelaku seni,” ujar Irwan.

Irwan menambahkan, kegiatan ini juga sebagai ruang bagi para seniman untuk berkreasi dan berekspresi di masa pandemi ini, tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Telent atau pengisi acara pun beragam walaupun belum bisa menampilkan seluruh lingkung seni yang ada di Bandung, tapi talent yang tampil saat ini cukul mewakili berbagai kalangan usia dan jenis tampilan yang disuguhkan.

Baca Juga :  Kembali Dua Jenazah Ditemukan di Lokasi Longsor Cimanggung

“Lingkung seni dan sanggar di Bandung kurang lebih ada 700, kami mohon maaf belum dapat mengakomodasi semua karena keterbatasan anggaran dan situasi pandemi saat ini. Mudah-mudahan tahun depan kami bisa menyelenggarakan kegiatan lebih banyak lagi dengan melibatkan lingkung seni yang ada di Kota Bandung,” pungkas Irwan. @edk

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Panglima TNI Ingatkan Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan

Ming Nov 15 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan serta tidak mudah terpengaruh dengan berbagai provokasi. “Saya ingin menyampaikan kembali, pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjaga stabilitas nasional,” kata Hadi Tjahjanto, dalam pernyataannya, di Jakarta, Minggu (15/11/2020) seperti dilansir Antara. Hal tersebut disampaikan Hadi Tjahjanto […]