Berjalan Kaki Rutin: Kunci Kesehatan yang Terlupakan

Editor Ilustrasi jalan kaki/shutterstock/milatas on/via liputan6.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Berjalan kaki secara rutin telah terbukti menjadi kebiasaan sederhana namun efektif untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Aktivitas fisik ini tidak hanya memberikan manfaat bagi kebugaran jantung dan paru-paru, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa berjalan kaki selama setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan yang sehat.

Selain itu, berjalan kaki juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membantu mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan kadar energi. Aktivitas ini menjadi alternatif yang sangat baik untuk mereka yang mungkin tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk melakukan latihan fisik yang lebih intens. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk memasukkan berjalan kaki dalam rutinitas harian sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Dalam konteks pandemi global, berjalan kaki juga menjadi solusi yang ideal untuk tetap aktif tanpa perlu berada di lingkungan yang ramai. Dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, individu dapat menikmati manfaat kesehatan tanpa meningkatkan risiko penularan penyakit.

Keuntungan psikologis dari berjalan kaki juga tak bisa diabaikan. Aktivitas ini dapat meredakan stres, meningkatkan mood, dan membantu mengatasi masalah tidur. Dengan melibatkan diri dalam kegiatan sederhana seperti berjalan kaki, seseorang dapat menciptakan keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental.

Dengan demikian, berjalan kaki rutin tidak hanya tentang kebugaran fisik, tetapi juga merupakan investasi dalam kesehatan jangka panjang. Membuat kebiasaan ini sebagai bagian integral dari gaya hidup sehari-hari dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan secara keseluruhan.

@uli

Baca Juga :  TAFAKUR: Al Quran dan Sains Jelaskan Terjadinya Musim Dingin, Semi, hingga Gugur

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jangan Lupa Baca Doa Ini Sebelum Melakukan Perjalanan Liburan Anda

Sab Des 2 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Dalam rangka menyambut musim liburan, banyak di antara kita yang merencanakan perjalanan jauh untuk menikmati momen istimewa bersama keluarga atau teman-teman. Untuk mengawali perjalanan dengan berkah dan keselamatan, banyak umat beragama Islam mengambil langkah dengan membacakan doa-doa yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis. Allah SWT […]