Berkah Doa di Hari Jumat Bulan Rajab

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Umat muslim di seluruh dunia menyambut bulan Rajab dengan penuh kegembiraan dan kesyukuran. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadis riwayat Dailami. Bulan ini juga menjadi saksi atas peristiwa besar dalam sejarah Islam, yaitu Isra dan Mikraj, yang terjadi pada tanggal 27 Rajab.

Isra dan Mikraj adalah perjalanan luar biasa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Ka’bah di Makkah menuju Baitulmaqdis di Yerusalem, kemudian naik ke Sidratulmuntaha, melewati tujuh langit. Di sana, beliau menerima perintah ibadah salat lima waktu dari Allah SWT, yang merupakan salah satu rukun Islam.

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Rajab adalah berdoa, terutama ketika melihat hilal bulan Rajab. Doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Latin: Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

Artinya: “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.”

Doa ini mengandung makna memohon keberkahan, sebab dalam bulan ini Allah SWT menurunkan banyak keberkahan. Selain itu, doa ini juga mengandung harapan agar umat muslim dapat bertemu dengan bulan Ramadhan, yang merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan.

Selain berdoa, umat muslim juga disarankan untuk melakukan amalan-amalan lain di bulan Rajab, seperti berpuasa, bersedekah, membaca Al-Quran, dan berzikir. Amalan-amalan ini akan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan meningkatkan kualitas ibadah kita.

Khusus untuk hari Jumat terakhir di bulan Rajab, yang tahun ini bertepatan dengan tanggal 9 Februari 2024, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan, antara lain:

  • Membaca surat Al-Kahfi
  • Membaca shalawat Nariyah sebanyak 100 kali
  • Membaca doa Nisfu Sya’ban
  • Membaca doa istighfar sebanyak-banyaknya
Baca Juga :  Alhamdulillah, Secara Bertahap Masjid Nabawi Mulai Besok Dibuka Lagi

Membaca doa berikut:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ وَاجْبُرْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Latin: Allâhumma ighfir lî warhamnî watub ‘alayya wajburnî warzuqnî wahdinî wa‘âfinî wa‘fu ‘annî

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, terimalah taubatku, perbaikilah keadaanku, berilah aku rezeki, berilah aku petunjuk, sehatkanlah aku, maafkanlah aku.”

Dengan melakukan amalan-amalan tersebut, semoga kita mendapatkan keberkahan dari Allah SWT di bulan Rajab ini dan bulan-bulan yang akan datang. Semoga kita juga termasuk orang-orang yang beruntung dapat bertemu dengan bulan Ramadhan dan meraih pahala yang berlipat ganda. Aamiin.

@mpa

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kata "Mahfud" Menghilang dari Pencarian di X, Kok Bisa Ya? Ramai Komentar Netizen

Jum Jan 26 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Nama “Mahfud” menjadi perbincangan hangat di media sosial X (dulu Twitter) setelah ditemukan adanya kejanggalan di akun X calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD (@mohmahfudmd). Banyak netizen yang mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa menemukan unggahan terbaru dari akun tersebut jika menggunakan kata kunci […]