Bersyukur, Kunci Sukses dan Bahagia dalam Bekerja

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Bekerja adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan dan kesejahteraan. Namun, bekerja tidak selalu mudah dan menyenangkan. Ada banyak tantangan, tekanan, dan masalah yang bisa mengganggu kinerja dan kesehatan mental kita. Oleh karena itu, kita perlu memiliki sikap positif dan rasa syukur dalam bekerja.

Rasa syukur adalah perasaan terima kasih dan penghargaan atas segala nikmat dan kebaikan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Rasa syukur dapat mengubah hari-hari biasa menjadi ucapan syukur, mengubah pekerjaan rutin menjadi kegembiraan, dan mengubah kesempatan biasa menjadi berkah. Rasa syukur juga dapat membantu kita untuk lebih menghargai diri sendiri, rekan kerja, atasan, pelanggan, dan semua pihak yang terlibat dalam pekerjaan kita.

Menurut beberapa penelitian, rasa syukur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental kita. Rasa syukur dapat meningkatkan kepuasan hidup, kesejahteraan subjektif, optimisme, harapan, kebahagiaan, dan kepercayaan diri. Rasa syukur juga dapat menurunkan stres, depresi, kecemasan, dan emosi negatif lainnya. Rasa syukur juga dapat memperkuat hubungan sosial, kerjasama, dan dukungan antara sesama.

Lalu, bagaimana cara kita untuk bersyukur dalam bekerja? Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain:

  • Mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT setiap pagi sebelum memulai pekerjaan, dan setiap sore setelah menyelesaikan pekerjaan. Mengucapkan terima kasih juga kepada orang-orang yang membantu kita dalam bekerja, seperti rekan kerja, atasan, pelanggan, dan lainnya.
  • Menyadari dan menghargai segala nikmat dan kebaikan yang ada pada kita, seperti kesehatan, keahlian, pengalaman, prestasi, penghasilan, fasilitas, dan lainnya. Jangan membandingkan diri kita dengan orang lain yang mungkin lebih unggul atau lebih beruntung dari kita. Tetapi, jadikanlah mereka sebagai motivasi untuk terus belajar dan berkembang.
  • Menghadapi setiap tantangan, tekanan, dan masalah yang muncul dalam bekerja dengan sabar, ulet, dan solutif. Jangan mengeluh, menyalahkan, atau menyerah. Tetapi, carilah hikmah, pelajaran, dan solusi dari setiap kesulitan yang kita alami. Ingatlah bahwa Allah SWT tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan kita.
  • Menikmati setiap proses dan hasil pekerjaan kita dengan senang hati, bangga, dan bersyukur. Jangan merasa puas atau sombong dengan apa yang telah kita capai. Tetapi, teruslah berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pekerjaan kita. Ingatlah bahwa Allah SWT akan menambah nikmat bagi orang-orang yang bersyukur.
  • Berbagi dan bersedekah dari hasil pekerjaan kita kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti keluarga, saudara, tetangga, fakir miskin, anak yatim, dan lainnya. Berbagi dan bersedekah tidak hanya akan memberikan manfaat bagi orang lain, tetapi juga bagi diri kita sendiri. Berbagi dan bersedekah dapat membersihkan harta, hati, dan jiwa kita dari sifat tamak, iri, dan dengki.
Baca Juga :  DUNIA ISLAM: Remaja Arab Saudi Diizinkan Kembali ke Masjid Nabawi

Dengan bersyukur dalam bekerja, kita akan merasakan sukses dan bahagia yang sejati. Kita akan merasakan kepuasan, kesejahteraan, dan kedamaian dalam hidup kita. Kita juga akan mendapatkan ridha dan pahala dari Allah SWT, yang merupakan tujuan utama kita dalam hidup ini. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang bersyukur dalam bekerja. Aamiin.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PBNU Tetapkan Lagi Susunan Pergantian Kepengurusan antarwaktu Masa Khidmah 2022-2027

Sel Des 12 , 2023
Silahkan bagikan PBNU juga memberhentikan dengan hormat KH Subhan Makmun dari Rais PBNU masa khidmat 2022-2027, lalu H Nusron Wahid dan H Nasyirul Falah Amru dari Ketua PBNU sisa masa khidmat 2022-2027. VISI.NEWS | JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan pergantian kepengurusan antar waktu masa khidmah 2022-2027. Pergantian […]