Besok, Ganjar-Mahfud Siap Adu Gagasan Antikorupsi di KPK

Editor Ganjar Pranowo. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, menyatakan kesiapannya untuk beradu gagasan tentang isu antikorupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka akan menghadiri acara ‘Paku Integritas’ yang diselenggarakan oleh KPK di Gedung KPK Jakarta, besok Rabu (17/1/2024).

Ganjar Pranowo mengaku senang dan menantikan acara tersebut. Ia menganggap isu antikorupsi sebagai salah satu prioritas dalam visi-misinya sebagai calon presiden. “Oh, dengan senang hati. Itu yang saya tunggu-tunggu,” kata Ganjar di Senayan Park (Spark), Jakarta.

Ganjar mengklaim bahwa ia memiliki pengalaman dan prestasi dalam pemberantasan korupsi saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Ia mengatakan bahwa ia pernah diuji oleh KPK saat mencalonkan diri sebagai gubernur pada tahun 2013. “Pas giliran saya, saya masih ingat komisionernya mengatakan, Pak Ganjar nggak usah karena tag line-nya sudah Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi. Tinggal kita lihat hasilnya,” katanya.

Ganjar yang terkenal dengan jargon ‘Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi’ (Tidak korupsi, Tidak membohongi) berhasil membuktikan apa yang dijanjikan kepada konstituen selama menjalani peranannya sebagai orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah. Ia mengaku pernah marah besar pada 27 April 2014 atau setahun setelah menjabat Gubernur Jawa Tengah, karena menemukan adanya praktik pungli di Jembatan Timbang Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Ia juga mendapat penghargaan dari KPK sebagai Kepala Daerah pelapor gratifikasi terbanyak di Indonesia pada tahun 2015.

“Sudah 10 tahun hasilnya, mudah-mudahan dari pertanyaan pertama sebagai calon gubernur, saya laksanakan sampai dengan hari ini saya. Pingin banget menceritakan pengalaman saya ini,” ucapnya.

Sementara itu, Mahfud MD yang menjadi pasangan Ganjar, juga menyampaikan komitmennya untuk mendukung penguatan antikorupsi di Indonesia. Ia mengatakan bahwa ia memiliki latar belakang sebagai mantan Ketua Mahkamah Konstitusi dan Menteri Pertahanan, yang memberinya wawasan tentang hukum dan keamanan. Ia juga mengapresiasi kinerja KPK selama ini dalam memberantas korupsi.

Baca Juga :  Kemenag: Meningitis Bukan Syarat Keberangkatan Umrah, Dianjurkan untuk Komorbid

“KPK adalah lembaga yang sangat penting dan strategis dalam menjaga integritas negara. Saya akan mendukung sepenuhnya upaya KPK untuk memberantas korupsi tanpa pandang bulu. Saya juga akan berbagi pengalaman dan gagasan saya tentang bagaimana meningkatkan kualitas hukum dan keamanan di Indonesia,” kata Mahfud.

Di sisi lain, Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango mengungkapkan harapannya agar acara ‘Paku Integritas’ bisa menjadi ajang untuk mengetahui visi dan misi para calon presiden dan wakil presiden tentang isu antikorupsi. Ia mengatakan bahwa ia kecewa dengan debat pertama yang digelar pada 12 Desember 2023, karena tidak ada gagasan besar tentang masa depan pemberantasan korupsi yang ditawarkan oleh para calon.

“Semalam saya ikuti juga karena diundang menyaksikan debat kusir, eh maaf debat capres. Capek-capek dari sini saya bela-belain, saya ingin mendengar ada konsep pemberantasan korupsi, enggak terlihat bisa ditawarkan oleh beliau,” kata Nawawi.

Nawawi berharap bahwa acara ‘Paku Integritas’ bisa menjadi momentum untuk memperlihatkan kepada publik bahwa para calon presiden dan wakil presiden memiliki komitmen dan kapasitas untuk memimpin Indonesia dengan bersih dan berintegritas. Ia juga mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi dan menilai kinerja para calon dalam hal antikorupsi.

“Kami berharap acara ini bisa menjadi sarana edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat tentang pentingnya antikorupsi. Kami juga mengharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk mengawal dan mengkritisi para calon presiden dan wakil presiden dalam hal antikorupsi. Karena itu, kami mengundang masyarakat untuk menyaksikan acara ini secara langsung atau melalui media sosial KPK,” ujar Nawawi.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

AJI Ambon Kecam Pengeroyokan Jurnalis TribunAmbon oleh Bos Bulog

Sel Jan 16 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | AMBON – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Ambon mengecam keras tindakan pengeroyokan yang dialami jurnalis TribunAmbon, Jenderal Louis, saat meliput tergelincirnya truk bermuatan beras milik Perum Bulog Divre Maluku dan Maluku Utara di kawasan Galala, Kota Ambon, Sabtu (13/1/2024). Tindakan tersebut dinilai sebagai bentuk penghalangan kerja jurnalistik dan […]