Biar Gak Cuma Numpang Lewat, Ini Cara Memanfaatkan THR dengan Bijak

Editor Ilustrasi uang./via suara.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Tunjangan Hari Raya (THR) adalah momen yang sangat dinantikan oleh para pekerja. Bagaimana kita bisa memanfaatkannya dengan bijak agar tidak habis begitu saja? Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola THR dengan lebih baik:

1. Sisihkan Dana untuk Zakat Fitrah

Selain membeli bahan-bahan makanan khas Idul Fitri, alokasikan juga dana untuk membayar zakat fitrah. Tokopedia memiliki fitur Zakat Fitrah yang memudahkan pembayaran secara online. Ingatlah bahwa membayar zakat fitrah adalah kewajiban bagi pekerja Muslim.

2. Bayar Utang yang Sudah Dekat Jatuh Tempo

Jika kamu memiliki utang atau cicilan yang harus segera dibayarkan, prioritaskan alokasi dana THR untuk membayar utang tersebut. Gunakan sebagian dari total THR untuk membayar utang, dan jika utang lebih besar, kamu bisa mencicil di bulan selanjutnya.

3. Berbagi dengan Sesama: Infaq dan Sedekah

Selain zakat fitrah, alokasikan sebagian dari THR untuk memberikan infaq atau sedekah kepada anak yatim, piatu, orang kurang mampu, dan kaum dhuafa. Berbagi tidak akan membuat kamu kekurangan, justru sebaliknya.

4. Belanja Kebutuhan Hari Raya dengan Bijak

Jangan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak perlu hanya karena ada diskon. Prioritaskan kebutuhan seperti bahan makanan, pakaian, dan keperluan lainnya yang memang diperlukan selama Lebaran.

5. Tabung atau Investasikan Sebagian THR

Gunakan momen THR untuk memulai menabung atau berinvestasi. Alokasikan sebagian dari THR untuk tabungan atau investasi demi mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Ingatlah bahwa THR adalah kesempatan untuk mengelola keuangan dengan bijak. Dengan perencanaan yang baik, kita bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Semoga Lebaran kali ini menjadi momen yang berbahagia bagi kita semua!

Baca Juga :  September 2023, Teras Cihampelas Rampung Direvitalisasi

 @mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sambut Malam 21 Ramadan, Warga Kramat Empang Tarawih Luber Sampai ke Jalan Raya

Sen Apr 1 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BOGOR – Pada malam tanggal 1 April 2024, warga Kramat Empang, Bogor, diramaikan oleh acara istimewa dalam rangka memperingati malam ke-21 Ramadan. Kemeriahan acara tersebut terpancar dari keramaian yang mengalir hingga ke jalan raya. Jalan Bondongan Raden Saleh yang biasanya sepi menjadi penuh sesak oleh orang-orang yang […]