Biaya Haji 2024 Tidak Sampai 60 Juta, Ini Penjelasan Ace Hasan Syadzily

Editor Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily./visi.news/rizkyawan
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Banyak beredar hoaks mengenai biaya haji yang harus dibayarkan atau disetorkan calon jemaah haji tahun 2024 sebesar 105 juta rupiah. Padahal, angka tersebut adalah usulan awal dari Kementerian Agama RI yang kemudian diturunkan menjadi 93,4 juta rupiah setelah pembahasan dengan DPR RI.

Namun, apakah benar calon jemaah haji harus membayar sebesar 93,4 juta rupiah? Tentu saja tidak. Hal ini dijelaskan oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily, dalam wawancara dengan VISI.NEWS pada Sabtu (25/11/2023).

“Hasil kami komisi VIII membahas usulan dari kementerian agama biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 usulan kementerian agama 105 juta. Namun setelah kami bahas insyaallah kita nanti akan menemukan titik temu sebesar 93,4 juta,” ujar Ace Hasan.

Ace Hasan menambahkan, biaya 93,4 juta rupiah tersebut adalah biaya keseluruhan yang terdiri dari dua komponen, yaitu biaya yang dibayar langsung oleh jemaah atau yang dikenal dengan istilah BPIH dan biaya yang ditutupi melalui nilai manfaat yang berasal dari dana kelolaan haji.

“Jadi biaya haji insyaallah untuk tahun ini perkiraannya antara 55 juta. Ya ini yang harus dipahami oleh masyarakat. Jadi bukan 105 juta, bukan 93,4 juta, tetapi insyaallah nanti 55 juta itu pun mudah-mudahan kami sedang mendorong supaya apa yang dibayar oleh para jemaah ini bisa dicicil sampai kemudian keluar keputusan presiden tentang biaya haji yang ditetapkan sampai pada batas terakhir pendaftaran haji atau pelunasan haji,” jelasnya.

Ace Hasan berharap, masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak benar mengenai biaya haji. Ia mengimbau, calon jemaah haji untuk selalu mengikuti informasi resmi dari pemerintah dan DPR RI terkait dengan biaya haji.

Baca Juga :  Daftar Bantuan Sosial Pemerintah yang Cair Juli Ini

“Kami mengajak masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh oleh hoaks yang beredar. Kami juga mengapresiasi kinerja Kementerian Agama yang telah bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji. Kami berharap, ibadah haji tahun 2023 dapat berjalan lancar dan aman,” tutup Ace Hasan. @mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Yaumil Ijtima, Pengajian Bulanan PCNU Kabupaten Bandung di Pondok Pesantren Al Huda Rancaekek

Ming Nov 26 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | RANCAEKEK – Pengajian rutin bulanan Yaumil Ijtima yang biasa di selenggarakan oleh PCNU Kabupaten Bandung, untuk yang ke enam kalinya diselenggarakan di Masjid Komplek Pondok Pesantren Al Huda, Jalan Cipanas Desa Nanjung Mekar, Rancaekek pada Sabtu (25/11/2023). KH. Jujun Junaedi menyambut dengan rasa hormat para pengurus PCNU […]