Binteknis untuk Optimalisasi Peran Bhabinkamtibmas dalam Pilkada

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG -Menjelang Pilkada serentak tahun 2024, yang akan diikuti oleh 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota pada 27 November 2024, terdapat kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kondusifitas lingkungan. Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) memegang peran kunci dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tingkat desa hingga kelurahan. “Tugas dan fungsi mereka, yang diatur dalam Peraturan Kapolri No. 3 Tahun 2015, mencakup kerjasama dengan masyarakat untuk menjaga keamanan dan pencegahan tindak pidana,” ungkap Konsultan Hankam Dede Farhan Aulawi, Kamis (2/4/2024).

Untuk itu, kata mantan anggota Kompolnas RI ini, pihaknya akan menyelenggarakan Binteknis untuk Optimalisasi Peran Bhabinkamtibmas dalam Pilkada 2024.

“Binteknis ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Bhabinkamtibmas dan membekali mereka dengan strategi operasional yang efektif untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 yang lancar, tertib, dan aman,” ungkap Dede Farhan.

Subjek pembahasan dalam Binteknis ini akan mencakup
Analisis Strategis Posisi Bhabinkamtibmas dalam pembinaan lingkungan,  Optimalisasi Peran dan Fungsi yang mencakup pembinaan keamanan lingkungan, peningkatan peran serta masyarakat, sosialisasi program pimpinan, menjaga kedekatan Polri dengan masyarakat dan responsif dengan permasalahan sosial di masyarakat.

“Juga akan dibahas Pengembangan Kompetensi dan Karakter yang meliputi keterampilan pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat, keterampilan komunikasi deskriptif dan persuasif, penanganan situasi khusus dengan tindakan cepat dan tepat,” ungkapnya.

Di Binteknis ini juga, kata Dede Farhan, akan dibahas Pemetaan Potensi Kerawanan Lingkungan yang mencakup profiling orang dan organisasi, klustering dan strategi penetrasi, pemilihan tema dan program, pembinaan dan penggalangan, evaluasi, monitoring, dan sistem pelaporan. Juga, Koordinasi & Kerjasama Antar Instansi.

Informasi Kontak
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
– Ibu Ria: 0813 9555 2289
– Ibu Ines: 0813 2498 5928

Baca Juga :  PT LIB Intensifkan Persiapan Liga 1 dan Liga 2 Setelah Polri Terbitkan Izin Kompetisi

Binteknis ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi Bhabinkamtibmas untuk beraksi secara proaktif dan efektif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk Pilkada serentak 2024.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hardiknas 2024, Puan Soroti Pentingnya Ekosistem Pendidikan Demi Terciptanya SDM Unggul

Kam Mei 2 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, Ketua DPR RI Puan Maharani berbicara mengenai pentingnya ekosistem pendidikan yang berpengaruh terhadap terciptanya sumber daya manusia (unggul). Mulai dari pemerataan kualitas pendidikan di Tanah Air hingga hak anak memperoleh sekolah yang aman dalam menempuh pendidikan. “Pada momen […]