BPBD Garut Beberkan Penyebab Banjir di Banyuresmi

Editor Seorang warga berdiri di tumpukan sampah yang menyumbat aliran Sungai Cibuyutan, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (20/11/2021)./antara/ho-bpbd garut/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | GARUT – Permukiman warga di Kecamatan Banyuresmi diterjang banjir akibat ada sungai di daerah tersebut yang meluap.

Kekinian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, menyebutkan bahwa banjir yang menerjang perumahan warga di Banyuresmi akibat adanya tumpukan sampah yang menyumbat aliran sungai di daerah itu.

“Akibat saluran DAS (daerah aliran sungai) tersumbat sampah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi di Garut, Minggu (21/11/2021), mengutip SuaraJabar.id dari Antara.

Ia menuturkan pemerintah daerah sudah melakukan upaya penanganan banjir dengan mengeruk semua sampah dan lumpur Sungai Cibuyutan menggunakan alat berat dan truk besar.

Ia berharap setelah aliran sungai bersih dari berbagai jenis sampah maka tidak akan terjadi lagi banjir di Kampung Citamiang, Desa Sukalaksana, Kecamatan Banyuresmi.

“Alhamdulillah secara gotong royong air pun dapat mulai mengalir dan rumah yang terdampak pun airnya sudah mulai surut,” katanya.

Ia juga mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan selalu gotong royong membersihkan aliran sungai maupun selokan agar lancar saat turun hujan.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai karena dampaknya akan menimbulkan banjir seperti yang terjadi di Banyuresmi.

“Imbauan tetap dapat menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan dan aktifkan kembali budaya gotong royong,” katanya.

Sebelumnya, aliran Sungai Cibuyutan meluap akibat banyaknya tumpukan sampah hingga akhirnya menimbulkan banjir yang menggenangi rumah warga di Kampung Citamiang, Desa Sukalaksana, Banyuresmi.

Beruntung banjir itu tidak menimbulkan korban jiwa, hanya menyisakan kotor di lingkungan pemukiman warga di daerah itu.
@fen

Baca Juga :  Akademisi Sebut UU Perlindungan Data Pribadi Suatu Keharusan

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Resmi, Igor Kriushenko Angkat Kaki dari Tira Persikabo

Sel Nov 23 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – BOGOR – Tira Persikabo mengumumkan telah mengakhiri kerja sama dengan Pelatih Igor Kriushenko. Tidak hanya itu, Oleg selaku asisten pelatih juga hengkang. Keputusan ini diduga karena hasil buruk Tira Persikabo di BRI Liga 1 2021/2022. Tim berjuluk Laskar Padjajaran itu tidak meraih kemenangan dalam enam laga terakhir […]