BPBD Jabar Gelar Pertemuan dengan Ratusan Perwakilan Relawan se-Jabar

Kepala Sarkorlak BPBD Provinsi Jabar Dani Ramdani (kedua dari kanan) menyampaikan materi di hadapan forum relawan darurat bencana di Bandung, Minggu (9/8)./visi.news/istimewa.
Jangan Lupa Bagikan

VISINEWS – Satuan Koordinator Pelaksana (Satkorlak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) malaksanakan rapat kordinasi (rakor) bersama seratus perwakilan forum relawan di Bandung, Minggu (9/8) sore.

Para peserta yang hadir sejak siang itu adalah undangan BPBD Jabar yang eksis dan fokus dalam penanganan kebencanaan. Bahkan kesiapan para relawan itu diminta untuk tidak instan mengingat tenaga dan pemikirannya sangat dibutuhkan.

Hal itu diungkapkan Kepala Satkorlak BPBD Prov. Jabar Dani Ramdani kepada wartawan di sela acara dengan forum relawan.

“Kami sampaikan. keberadaan relawan sangat dibutuhkan. Untuk itu kami yakin bahwa relawan masih bisa membuktikan yang terbaik dan untuk kerja sama demi terwilujudnya pembentukkan forum relawan tanggap darurat nasional,” tegas Dani, Minggu (9/8).

Dia mengakui sejumlah relawan yang senantiasa memberikan kontribusi terhadap forum akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Karena relawan senantiasa berinteraksi dengan masyarakat.

“Pada masa pandemi ini saya mengingatkan forum relawan agar senantiasa memberikan edukasi kepada masyarakat. Yakni dengan 3 M, (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Ini perlu disampaikan secara terus -menerus agar masyarakat lebih faham dan disiplin karena Covid-19 belum usai,” pinta Dani.

Sementara itu salah satu relawan yang tergabung dalam Baraya Ojek Bandung Selatan (BOBS) mengapresiasi kegiatan tersebut. Bahkan sebagai organisasi yang paling bontot, sangat mengharapkan berbagai saran dan masukan dari sejumlah forum senior yang lebih mahir dan mapan dalam mengolah organisasi.

“BOBS adalah relawan yang baru saja terbentuk dan memiliki badan hukum, jadi kami mengharapkan adanya saran dan masukan untuk kami agar para relawan BOBS tanggguh dan andal dalam penanganan kebencanaan yang dimotori oleh BPBD provinsi ini,” kata pengurus BOBS, Yususf.

BOBS, kata pria berambut gondrong ini, menjadi bagian dari forum relawan darurat bencana tersebut. Dikatakannya, ada sejumlah tawaran dari relawan lainnya untuk BOBS, yakni dari Kang Soma S. selaku Ketua Bandung Bangkit Bersama.

“Dia itu menawarkan kepada kita satu tempat untuk menjalankan aktivitas dan eksistensi relawan BOBS. Alamatnya di Jalan Pahlawan 70. Kami diminta untuk bergabung dengan Wanadri, Vertical Rescue, Manggala Gajah Putih dan yang paling utama adalah Bandung Bangkit Bersama. Jadi sama halnya dengan Kepala Satkorlak BPBD Provinsi bahwa kita harus tetap waspada dengan Covid-19 yang masih berlangsung ini. Amanatnya yaitu dengan cara mengedukasi masyarakat agar tetap menggalakkan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Itu saja yang disampaikannya,” tutup Yusuf. @pih

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jelang Pilkada, Satpol PP dan Linmas Jungjung Tinggi Netralitas

Sen Agu 10 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung yang akan di laksanakan pada 9 Desember 2020, jajaran aparatur pengamanan baik Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Lingkungan Masyarakat (Sat Linmas), menyatakan kesiapannya menjunjung tinggi netralitas yang diamanatkan oleh aturan. Hal tersebut ditegaskan Kasatpol PP Kabupaten Bandung […]