BPS Kab. Bekasi Berikan Pelatihan Kepada 570 Petugas Long Form Sensus Penduduk

Editor Irwanto Ketua Tim Long Form SP 2020, BPS Kabupaten Bekasi, saat diwawancarai di Hotel Sunerra Antero, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jumat (13/05/2022)./via bekasikab.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KABUPATEN BEKASI – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memberikan pelatihan kepada 570 petugas Long Form SP2020 selama empat hari, untuk gelombang I Tanggal 7-10 Mei 2022 dan gelombang II tanggal 11-14 Mei 2022 di tiga hotel berbeda yaitu Sunerra Antero Hotel Jababeka, Quest Hotel Cikarang dan Hotel Ayola Lippo Cikarang.

Ketua Tim Long Form SP 2020, Irwanto mengatakan, pelatihan ini merupakan kelanjutan dari Sensus Penduduk (SP) Tahun 2020.

“Kemudian sensus lanjutannya ada di Sensus 2021 seharusnya, namun dikarenakan pandemi Covid-19 pelaksanaan baru dapat kita lakukan di Tahun 2022,” ujar pria yang juga Statististik Madya BPS Kabupaten Bekasi di sela-sela pelatihan di Sunerra Antero Hotel Jababeka, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara, Jumat (13/05/2022), dilansir dari laman resmi Pemdakab Bekasi.

Pelatihan tersebut, lanjut Irwanto, untuk di Kabupaten Bekasi diadakan dalam dua gelombang. Untuk gelombang I digelar dari Tanggal 7-10 Mei 2022 dan gelombang kedua 11-14 Mei 2022.

“Untuk di Antero ada 5 kelas, di Hotel Quest 4 kelas dan di Ayola 4 kelas dengan jumlah peserta Long Form SP2020 lanjutan berjumlah 570 peserta,” tuturnya.

Peserta tersebut nantinya akan ditugaskan menjadi koordinator sensus kecamatan, membawahi tiga koordinator tim demi kemudahan kerja-kerja pengambilan data saat turun ke lapangan.

“Koordinator tim akan membawahi petugas pendataan lapangan sebanyak tiga orang. Satu petugas lapangan akan mendata lima blok sensus. Lima wilayah yang sudah ditentukan BPS Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Dia menambahkan kegiatan Long Form SP2020 mengambil contoh seperti yang diambil dari Sensus Penduduk Tahun 2020 di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Jadi kegiatan yang 2020 sudah kita lakukan diambil sampel blok, sebanyak 5 Persen, yang akan mendata sekitar 30.000 sekian rumah tangga dan 1.969 blok sensus, akan didata lebih rinci lagi variabel-variabelnya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Filipina Raih Emas Pertama Sepanjang Sejarah Olimpiade

Dia berharap, data-data yang diambil tersebut nantinya akan dapat digunakan sebagai bahan data pembangunan di Kabupaten Bekasi.

“Nanti ada kesimpulan mulai pendidikan, pekerjaan, kemudian perumahannya, bangunan, jadi kita tahu kondisinya seperti apa,” paparnya.

Dia juga mengimbau masyarakat yang menjadi responden dapat menerima petugas yang diturunkan ke lapangan pada tanggal 15-31 Mei 2022 dan di Bulan Juni mendatang yang sudah dilengkapi alat-alat lengkap serta dapat memberikan informasi sejelas-jelasnya sehingga akurat dalam mendapatkan data.

“Terima petugas kami serta berikan data selengkap-lengkapnya untuk kemudahan pendataan,” terangnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Zona Ruang Publik Dianggap Dapat Meningkatkan Geliat Perekonomian Warga Kabupaten Bogor

Rab Mei 18 , 2022
Silahkan bagikanVISINEWS |BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, berencana membuta zona ruang publik untuk diterapkan di area Stadion Pakansari dan Pasar Cibinong demi meningkatkan geliat perekonomian di pusat kota. Hal tersebut mendapat apresiasi Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Haji Kusnadi, menurutnya zona ruang publik tersebut sangat dibutuhkan masyarakat sebagai sarana […]