BPS Tahun 2022 Buka “Pojok Statistik” di Tiap Provinsi. Ini Tujuannya

Editor Pojok Statistik di Jawa Tengah yang ditempatkan Badan Pusat Statistik (BPS) di Fakultas MIPA UNS, saat diresmikan Direktur Diseminasi Statistik, Dr. Pudji Ismartini. /visi.news/tok suwarto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOLO – Badan Pusat Statistik (BPS) menargetkan, pada tahun 2022 nanti di setiap provinsi di Indonesia minimal terdapat satu lokasi pelayanan masyarakat di bidang data statistik yang disebut “Pojok Statistik”.

Direktur Diseminasi Statistik, Dr. Pudji Ismartini, mengungkapkan program pengembangan “Pojok Statistik” tersebut, ketika meresmikan “Pojok Statistik” di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

“Saat ini di seluruh Indonesia baru ada 7 Pojok Statistik. Tahun 2022 depan, ditargetkan semua provinsi memiliki Pojok Statistik, minimal satu. Dengan hadirnya Pojok Statistik diharapkan semakin meningkatkan penggunaan data statistik,” katanya dalam peresmian, didampingi Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Sutanto dan Dekan FMIPA, Harjana, PhD.

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Adhi Wiriana, menjelaskan, penempatan “Pojok Statistik” di perguruan tinggi merupakan terobosan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya masyarakat kampus yang menjadi salah satu pengguna data ststistik terbanyak.
“Ketika kita petakan, ternyata 58 persen pengguna dana statistik di Jawa Tengah adalah masyarakat kampus, yakni dosen dan mahasiswa. Itu sebabnya kami membuka Pojok Statistik di UNS,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (21/12/2021).

Menurut dia, “Pojok Statistik” di UNS merupakan yang pertama di Jawa Tengah, yang kebetulan terdapat program studi statistik di FMIPA.
“Jadi, penempatan Pojok Statistik” di sini lebih diutamakan,” jelasnya.

Dengan hadirnya “Pojok Statistik” di setiap provinsi, menurut Direktur Diseminasi Statistik, Dr. Pudji Ismartini, diharapkan dapat semakin meningkatkan penggunaan data statistik di masyarakat. Sedangkan selama ini, perguruan tinggi termasuk yang merespon sangat baik data statistik dari BPS.

“Semoga Pojok Statistik ini dapat mendekatkan BPS ke mahasiswa dan akademisi. BPS akan mengevaluasi seberapa besar peninggkatan pengguna setelah dibuka Pojok Statistik,” katanya lagi.
Pudji menambahkan, “Pojok Statistik” juga bertujuan mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca Juga :  Ganjar Turunkan Tim Pengawas Untuk Selesaikan Masalah THR

Di “Pojok Statistik”, pengunjung bisa melakukan konsultasi statistik, juga dilakukan edukasi statistik dengan layanan yang bersifat tematik dan terjadwal.
“Jadwal layanan bisa diakses di pojokstatistik.bps.go.id. Pojok Statistik dilengkapi data-data dalam bentuk infografis dan videografis,” sambungnya.@tok

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Bupati Bandung Ajak Dharma Wanita Pulihkan Ekonomi

Sel Des 21 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Bupati Bandung HM Dadang Supriatna mengajak para istri aparatur pemerintah daerah yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) untuk turut membangkitkan ekonomi pasca pandemi covid-19. Hal tersebut selaras dengan tema Peringatan HUT DWP ke-22 yakni ‘Bersama Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia : Mental Sehat, Bisnis UMKM […]