Bukalapak dan Kariermu Perluas Kapabilitas Peserta Prakerja dalam Berkarir serta Berbisnis

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Bukalapak selaku mitra digital platform Prakerja dan Karier.mu selaku salah satu Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja berkolaborasi memperluas kapabilitas dalam berkarir serta berbisnis bagi masyarakat Indonesia yang mengikuti program Kartu Prakerja.

Melalui kelas-kelas pelatihan Kariermu yang tersedia di platform Bukalapak, kedua pihak telah membantu para peserta Prakerja mempelajari ilmu yang dibutuhkan untuk meningkatkan keahlian di pekerjaan mereka sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar kerja. Dari sini, mereka memiliki peluang mengembangkan karir atau mengoptimalkan bisnis mereka.

Nitto, salah satu alumni Prakerja asal Bandung yang bekerja di ruang lingkup data entry sebuah perusahaan telekomunikasi, membagikan cerita mengenai pengalamannya mengikuti kelas pelatihan di Kariermu. Didorong oleh keinginannya menambah keterampilan data entry dan pembuatan laporan dengan Microsoft Excel, Nitto memutuskan untuk mengikuti kelas “Mengoperasikan Microsoft Excel untuk Entri Data”.

“Saat mengikuti kelas ini, saya jadi mengetahui bahwa ada cara-cara yang lebih cepat dan mudah untuk melakukan data entry. Saya terapkan juga pengetahuan baru ini ke pekerjaan saya dan saya bisa bekerja dengan lebih mudah dan cepat. Banyak yang menganggap bahwa data entry adalah sesuatu yang sederhana. Namun, di dalamnya ternyata banyak ilmu baru yang saya perlu pelajari. Banyak juga hack yang saya baru tahu. Sehingga harapan saya,
dengan bertambahnya pengetahuan saya ini, ke depannya saya punya kesempatan untuk meningkatkan terus karir saya,” ujar Nito.

Cerita Nitto sebagai alumni Prakerja juga berasal dari pengalamannya mengambil kelas lainnya di Kariermu, yaitu kelas “Membuat Iklan Facebook dan Instagram bagi Spesialis Digital Marketing”. Motivasi Nitto dalam mengikuti kelas ini adalah untuk membantu istrinya yang memiliki usaha katering. Ingin bisnis sang istri semakin berkembang, Nitto mempelajari strategi pemasaran melalui kanal Facebook dan Instagram supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca Juga :  KJJT Disuport PT. PT Blue Ocean Heart Gelar Program Pendidikan Jurnalistik

“Salah satu ilmu yang saya terapkan adalah cara membuat konten yang menarik. Menjelang Lebaran tahun ini, istri saya menyiapkan paket hampers Lebaran dan saya jadi bisa buat posternya untuk diiklankan di Facebook dan Instagram. Dengan begitu, jadi lebih banyak calon pelanggan yang bisa lihat. Secara umum, kelas ini membantu saya untuk meningkatkan omzet bisnis katering istri saya hingga 25 persen”, ceritanya.

Dua kelas dari Kariermu ini adalah bagian dari total 19 kelas pelatihan daring dan luring yang diselenggarakan oleh Kariermu sebagai Lembaga Pelatihan di ekosistem Prakerja. Sedangkan di Bukalapak terdapat lebih dari 180 pelatihan daring dan luring yang diselenggarakan oleh 32 Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja. Topik pelatihan di Bukalapak bervariasi mulai dari penjualan dan pemasaran, fotografi, hospitality, pertanian, perkantoran umum, design, IT dan data, dan masih banyak lagi.

Provinsi Jawa Barat pada umumnya merupakan salah satu top Provinsi di Indonesia dengan peserta Prakerja terbanyak yang mengakses pelatihan lewat Bukalapak dari tahun 2020-2023. Pada tahun 2023, lebih dari 27% peserta pelatihan berasal dari Jawa Barat dengan ZKota Bandung sebagai kontributor terbanyak.

Nungky Aprilia, Head of Virtual Products Bukalapak, menyampaikan bahwa partisipasi Bukalapak di dalam program Kartu Prakerja merupakan bagian dari perwujudan misi perusahaan. “Bukalapak memiliki misi untuk menciptakan kesempatan yang sama bagi semua orang di Indonesia melalui berbagai produk dan layanannya. Partisipasi kami di Prakerja adalah kesempatan yang sangat tepat bagi kami untuk mencapai tujuan ini. Melalui kapabilitas teknologi yang kami punya, kami berupaya menghadirkan akses inklusif bagi semua lapisan masyarakat dari berbagai usia dan latar belakang pendidikan, ke kesempatan untuk memperkuat kapabilitas diri. Kami juga antusias dan bangga dapat bermitra dengan Prakerja serta berkolaborasi dengan para LP, salah satunya Kariermu. Semoga kerjasama kami melalui Prakerja dapat terus membuka jalan bagi masyarakat untuk meraih kesempatan mengembangkan karir dan usaha di berbagai bidang. Selain itu, kami juga mengundang lebih banyak Lembaga Pelatihan/Kursus di seluruh penjuru Indonesia untuk bergabung di ekosistem Prakerja lewat Bukalapak”, ujar Nungky saat acara Media Gathering di Bandung (29/5/2023).

Baca Juga :  Satnarkoba Polresta Tasik Bekuk Pengedar dan Pengguna Sabu Senilai Rp 1,2 Juta

Sementara itu, Fajri Rahman, Business Development Manager Karier.mu menyampaikan hal senada. “Kami percaya bahwa belajar itu tidak mengenal batas, termasuk batas usia, ruang, dan waktu. Karena itulah melalui platform Kariermu, kami menyediakan banyak kelas pengembangan karir yang bisa diikuti oleh berbagai usia, di manapun dan kapanpun. Menjadi salah satu LP Prakerja membantu kami menjangkau lebih banyak masyarakat yang ingin mempertajam ilmu dan pengetahuannya demi meningkatkan karirnya ataupun usahanya.

Dukungan dari tim Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Bukalapak sebagai mitra digital platform juga memegang peranan penting bagi kami dalam melaksanakan hal ini. Jadi, kami mengapresiasi kolaborasi ini, semoga terus membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia, “ ujarnya.

Program Kartu Prakerja adalah program bantuan pelatihan untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Lewat Program Kartu Prakerja, pemerintah menyediakan akses pelatihan yang inklusif untuk mendorong semangat belajar sepanjang hayat (lifelong learning) bagi angkatan kerja Indonesia. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong demi SDM unggul, Indonesia maju.

@nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Haleon Perluas Jangkauan Panadol Klinik Cekatan ke Warga di Daerah dengan Keterbatasan Mobilitas dan Akses Kesehatan Akibat Bencana Alam

Sel Mei 30 , 2023
Silahkan bagikan Perluasan program ini menargetkan 10.000 konsultasi gratis di 16 desa di Kecamatan Cugenang yang mengalami gempa pada tahun 2022. Program layanan klinik keliling selama delapan minggu ini juga menggunakan Telepon Panadol Cekatan untuk memfasilitasi konsultasi kesehatan jarak jauh (telehealth). VISI.NEWS | JAKARTA – Melanjutkan keberhasilan dari inisiatif Panadol […]