Bulan Oktober KPU Lakukan Pemutakhiran Daftar Pemilih

Editor Bulan Oktober KPU akan melakukan pemutakhiran daftar pemilih./via kpu.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MEDAN – Dalam waktu yang tidak lama lagi KPU memasuki tahapan yang termasuk krusial, yaitu pemutakhiran daftar pemilih dan penyusunan daftar pemilih yang akan dimulai bulan Oktober.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Hasyim Asy’ari
dalam Rapat Koordinasi Penyiapan Data Pemutakhiran Pemilih Berkelanjutan Sebagai Bahan Pemutakhiran Data Pemilu 2024 dengan KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Hasyim melanjutkan, setidaknya ada tiga asas dalam menyusun daftar pemilih yang perlu diperhatikan bersama,  secara komprehensif , artinya semua Warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih harus mendaftar.

Kedua  akurat atau valid, mencakup penulisan nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK) maupun alokasi tempat pemungutan suara.

Ketiga , yakni data yang disusun/dikelola mendekati situasi yang paling mutakhir, situasi yang ditentukan sejak jatuhnya penetapan hari pemungutan suara.

“Oleh karena itu, akurasi dan validitas data jadi salah satu tanggung jawab kita untuk menunjukan KPU bekerja secara profesional,” tambah Hasyim.

Sebelumnya Betty Epsilon Idroos menyampaikan bahwa data padan se-Indonesia sudah mencapai 89.5 persen. Dia berharap dengan waktu tersisa kurang lebih satu minggu ke depan, data padan bisa lebih meningkat.

Selain itu Betty juga mengungkap, saat ini KPU sedang merancang perubahan Peraturan KPU (PKPU) terkait PKPU Pemutakhiran Data Pemilih. Yang didalamnya terdapat beberapa gagasan utama yang menjadi landasan penyusunan rancangan PKPU yaitu akan ada penggabungan penyelenggaraan data pemilih dalam dan luar negeri dan kedua, akan ada pemutakhiran data pemilih di lokasi khusus.

“Ketiga, reformulasi atas formulir untuk pemutakhiran data pemilih kita untuk Pemilu 2024,” ungkap Betty.

Terakhir Betty mengapresiasi KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota yang telah mencapai 100 persen data padan. Dan mengimbau bagi daerah yang belum 100 persen data padan untuk menjadi perhatian agar lebih ditingkatkan.

Hadir membuka kegiatan Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Anggota KPU Betty Epsilon Idroos, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, Mochammad Afifuddin, August Mellaz, dan Parsadaan Harahap bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno.
@fen/sumber: humas kpu ri

Baca Juga :  DPO 3 Tahun, Tersangka Penggelapan Sertifikat Tanah Diringkus Polisi

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Soal BLT, Reynaldi : Pemkab Harus Mengakurasi Data Penerima Manfaat Dengan Benar, Jangan Sampai Ada Gejolak Sosial Di Masyarakat

Jum Sep 23 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS |BANDUNG – Anggota Fraksi Golkar DPRD Jabar, Reynaldi mendorong Pemkab Subang untuk terus melakukan akurasi data penerima BLT dampak kenaikan BBM. Pembagian BLT itu, harus disalurkan tepat sasaran, dan hindari gejolak di masyarakat, menurutnya penyebab pemerintah menaikan BBM, salah satunya yaitu faktor krisis global. “Meski demikian, masyarakat harus […]