Bulan Rajab, Bulan Suci Penuh Kemuliaan dan Peristiwa Penting

Editor Ilustrasi./via aboutislam.net/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Bulan Rajab 1445 H jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024. Bulan ini merupakan salah satu dari empat bulan haram yang dimuliakan oleh Allah SWT. Di bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan baik, serta mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadan.

Bulan Rajab juga dikenal sebagai bulan yang penuh keistimewaan dan keberkahan. Ada banyak keutamaan dan manfaat yang bisa didapatkan jika beribadah di bulan ini. Selain itu, bulan Rajab juga menjadi saksi sejarah beberapa peristiwa penting dalam Islam, seperti perintah salat lima waktu, Isra’ Mi’raj, dan kelahiran Imam Ali bin Abi Thalib.

Berikut adalah beberapa keistimewaan dan peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab, yang dirangkum dari berbagai sumber:

Bulan Agung. Bulan Rajab berasal dari kata “tarjib” yang berarti mengagungkan atau memuliakan. Masyarakat Arab zaman dahulu memuliakan bulan Rajab melebih dari bulan lainnya. Bulan ini juga disebut sebagai bulan Allah, karena tidak ada bulan lain yang dinisbahkan kepada Allah.

Bulan Kebaikan. Bulan Rajab juga disebut sebagai Al-Ashabb, yang berarti yang mengucur atau menetes. Hal ini menunjukkan bahwa kebaikan dan rahmat Allah akan mengalir deras di bulan ini. Bulan Rajab juga disebut sebagai bulan taubat, karena Allah akan menerima taubat hamba-Nya yang tulus dan ikhlas.

Bulan Damai. Bulan Rajab termasuk dalam empat bulan haram yang dilarang untuk berperang di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kedamaian dan keamanan di muka bumi. Bulan Rajab juga menjadi bulan untuk memperbaiki hubungan dengan sesama manusia, terutama dengan orang tua, keluarga, dan tetangga.

Bulan Puasa. Bulan Rajab adalah bulan yang sangat dianjurkan untuk berpuasa sunah, maksimal 10 hari. Puasa di bulan Rajab memiliki keutamaan yang besar, seperti menghapus dosa, mendekatkan diri kepada Allah, dan meningkatkan kesehatan. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa sehari di bulan Rajab, maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka sejauh perjalanan satu tahun.”

Baca Juga :  Go Internasional, MUI akan Terbitkan Buku “Diplomasi Wasathiyyatul Islam MUI”

Bulan Salat. Bulan Rajab adalah bulan yang pertama kali Allah memerintahkan Rasulullah SAW untuk menegakkan shalat lima waktu. Perintah ini diberikan saat Rasulullah SAW melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj, yaitu perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, lalu naik ke langit dan bertemu dengan Allah. Peristiwa Isra’ Mi’raj ini terjadi pada tanggal 27 Rajab.

Bulan Kelahiran. Bulan Rajab juga menjadi bulan kelahiran beberapa tokoh penting dalam Islam, seperti Imam Ali bin Abi Thalib, Imam Muhammad Al-Baqir, dan Imam Musa Al-Kadzim. Imam Ali bin Abi Thalib adalah sepupu dan menantu Rasulullah SAW, serta khalifah keempat dalam Islam. Ia lahir pada tanggal 13 Rajab di dalam Ka’bah. Imam Muhammad Al-Baqir dan Imam Musa Al-Kadzim adalah keturunan Rasulullah SAW yang termasuk dalam Ahlul Bait. Mereka lahir pada tanggal 1 dan 7 Rajab.

Demikianlah beberapa keistimewaan dan peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab. Semoga kita bisa memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baiknya, dan mendapatkan ridha Allah SWT. Aamiin.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Awal Bulan Rajab, Perbanyak Amal-Amalan ini untuk Mendapatkan Berkah dan Rahmat Allah

Sab Jan 13 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Umat Islam memasuki bulan Rajab, bulan ketujuh dalam kalender hijriah tahun ini, pada Sabtu, 13 Januari 2024. Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram yang dimuliakan oleh Allah SWT. Di bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan baik, serta menjauhi […]