Bulan Rajab Sampai Ramadan Umpama Angin, Awan dan Hujan

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan adalah bulan-bulan yang istimewa bagi umat Islam. Bulan-bulan ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan amal saleh. Para ulama mengibaratkan bulan-bulan ini seperti sebuah pohon yang membutuhkan perawatan agar dapat berbuah lebat.

Salah satu ulama yang memberikan perumpamaan tersebut adalah Ibnu Rojab rohimahullah. Beliau berkata dalam kitabnya Lathooiful Ma’arif:

“Waktu setahun itu laksana sebuah pohon. Bulan Rajab adalah waktu menumbuhkan daun, bulan Sya’ban adalah waktu untuk menyirami daun dan menumbuhkan dahan, dan bulan Ramadan adalah bulan memanen, (dan) pemanennya adalah kaum mukminin. Oleh karena itu, mereka yang menghitamkan catatan amal mereka hendaklah bergegas memutihkannya dengan taubat di bulan-bulan ini, sedang mereka yang telah menyia-nyiakan umurnya dalam kelalaian, hendaklah memanfaatkan sisa umur sebaik-baiknya (dengan mengerjakan ketaatan) di waktu-waktu tersebut.” [Lathooiful Ma’arif – 130]

Perumpamaan yang sama juga disampaikan oleh Abu Bakr Al-Balkhi rahimahullah. Beliau pernah mengatakan:

شَهْرُ رَجَب شَهْرُ الزَّرْعِ، وَشَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ سُقْيِ الزَّرْعِ، وَشَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرُ حَصَادِ الزَّرْعِ.

“Bulan Rajab adalah bulan menanam, bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman dan bulan Ramadan adalah bulan memanen tanaman”.

Dan beliau juga mengatakan:

مَثَلُ شَهْرِ رَجَبٍ كَالرِّيْحِ، وَمَثُل شَعْبَانَ مَثَلُ الْغَيْمِ، وَمَثَلُ رَمَضَانَ مَثَلُ اْلمطَرِ، وَمَنْ لَمْ يَزْرَعْ وَيَغْرِسْ فِيْ رَجَبٍ، وَلَمْ يَسْقِ فِيْ شَعْبَانَ فَكَيْفَ يُرِيْدُ أَنْ يَحْصِدَ فِيْ رَمَضَانَ.

“Perumpamaan bulan Rajab adalah seperti angin, bulan Sya’ban seperti awan yang membawa hujan dan bulan Ramadan seperti hujan. Barang siapa yang tidak menanam di bulan Rajab dan tidak menyiraminya di bulan Sya’ban bagaimana mungkin dia memanen hasilnya di bulan suci Ramadan.”

Baca Juga :  Marvel Studios Exhibition: A Universe of Heroes Indonesia Resmi Dibuka Hari Ini

Dari perumpamaan-perumpamaan tersebut, kita dapat mengambil pelajaran bahwa bulan Rajab dan Sya’ban adalah bulan persiapan untuk menyambut bulan Ramadan. Bulan-bulan ini adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah, bertaubat dari dosa-dosa, dan membersihkan hati dari penyakit-penyakit. Dengan demikian, kita akan siap untuk memetik buah-buah pahala di bulan Ramadan.

Allah Ta’ala berfirman dalam surat At-Taubah ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan Bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.”

Mari kita manfaatkan bulan Rajab dan Sya’ban ini dengan sebaik-baiknya. Mari kita tanam benih-benih kebaikan dan sirami dengan air taubat. Mari kita bersihkan hati kita dari segala kotoran dan hias dengan akhlak mulia. Mari kita bersiap untuk menyambut bulan Ramadan dengan penuh semangat dan harapan. Semoga Allah memberikan kita keberkahan, rahmat, dan ampunan di bulan-bulan ini. Aamiin. Barokallohu fiikum.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dua Begal Diringkus Petugas QR Polrestabes Bandung

Jum Jan 19 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Aksi pembegalan terhadap pejalan kaki di Jalan Supratman, Cibeunying Kidul, Kota Bandung berhasil digagalkan oleh petugas Quick Respon (QR) Polrestabes Bandung. Dua terduga pelaku berhasil diamankan sebelum Tim Prabu tiba di lokasi. Kejadian bermula ketika korban, seorang pria berinisial R (35), sedang berjalan kaki menuju […]