Bupati Bandung Apresiasi Program Babinsa Berdaya Saing

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BALEENDAH – Dandim 0624 Kabupaten Bandung gelar teknologi pertanian babinsa berdaya saing “penerapan teknologi dalam rangka peningkatan ketahanan pangan melalui program babinsa berdaya saing” di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) Jelekong, Baleendah, Kabupaten Bandung, pada Selasa (30/1/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unpad, Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., dan Bupati Bandung, Dr. HM. Dadang Supriatna, S.Ip., M.Si., serta para pejabat terkait dari TNI, pemerintah daerah, akademisi, dan petani.

Dalam sambutannya, Bupati Bandung mengapresiasi inisiatif Dandim 0624/KB yang telah mengembangkan program babinsa berdaya saing, yang merupakan kolaborasi antara TNI, pemerintah daerah, dan akademisi untuk meningkatkan produksi dan kualitas pangan di Kabupaten Bandung.

“Peran babinsa sangat penting dan strategis dalam membantu petani menghadapi berbagai tantangan, seperti perubahan iklim, hama, penyakit, dan persaingan pasar. Dengan penerapan teknologi yang lebih baru, maju, tepat, dan efisien, kita dapat mengoptimalkan lahan tidur menjadi lahan produktif, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Bandung,” ujar Bupati Bandung.

Bupati Bandung juga menekankan pentingnya regenerasi dan literasi digital di bidang pertanian, agar generasi muda dapat meneruskan estafet pembangunan pertanian di masa depan.

“Generasi muda sangat dibutuhkan untuk mengisi dan mengembangkan sektor pertanian, yang merupakan sektor vital bagi kehidupan bangsa. Oleh karena itu, saya mengajak para stakeholder pertanian untuk mendorong generasi muda agar tertarik dan terampil dalam bidang pertanian, khususnya dalam pemanfaatan teknologi dan digitalisasi yang sesuai dengan perkembangan zaman,” tutur Bupati Bandung.

Bupati Bandung juga menyampaikan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program babinsa berdaya saing, antara lain dengan memberikan hibah kartu tani, BPJS ketenagakerjaan yang telah terdaftar bagi 88 ribu petani, optimalisasi lahan sawah abadi dengan membebaskan pajak, apresiasi keamanan dan peningkatan insentif bagi babinsa dari 200 ribu menjadi 1 juta rupiah per bulan, serta memberikan beasiswa S3 bagi Dandim 0624/KB.

Baca Juga :  Puan Maharani: Awasi Ketat Harga Minyak Goreng di Pasaran!

“Saya sangat mengapresiasi kinerja dan kreativitas Dandim 0624/KB, yang telah menciptakan inovasi dan terobosan dalam bidang pertanian. Sebagai bentuk penghargaan, saya memberikan hadiah berupa beasiswa S3 bagi beliau. Saya berharap dengan beasiswa ini, Dandim 0624/KB dapat menjadi doktor, seperti Kapolres Bandung yang telah menjadi doktor,” ungkap Bupati Bandung.

Bupati Bandung juga menyebut bahwa program babinsa berdaya saing yang digagas oleh Dandim 0624/KB merupakan program pertama dan satu-satunya di Indonesia, yang menjadi percontohan dan inspirasi bagi daerah-daerah lain.

“Kabupaten Bandung berbangga dan berterima kasih kepada Dandim 0624/KB, yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi pembangunan pertanian di Kabupaten Bandung. Program babinsa berdaya saing ini adalah program pertama dan satu-satunya di Indonesia, yang menjadi percontohan dan inspirasi bagi daerah-daerah lain. Saya berharap program ini dapat terus berlanjut dan berkembang, serta memberikan manfaat bagi petani dan masyarakat Kabupaten Bandung,” pungkas Bupati Bandung. @mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkot Bandung Pastikan Dukung UMKM Agar Berdaya Saing

Sel Jan 30 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Pj. Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono memastikan akan terus mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kota Bandung bisa bersaing. Tak hanya tingkal lokal tetapi juga global. Salah satu upaya untuk bisa bersaing yaitu dengan digitalisasi oleh para pelaku UMKM. Menurutnya, peran digitalisasi merupakan salah […]