Bupati Bandung Berharap PCNU Lebih Maju dan Bersaing

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Bupati Bandung H. Dadang Supriatna mengharapkan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bandung bisa lebih maju dan mampu bersaing.

“Kami berharap, PCNU Kabupaten Bandung bisa lebih maju dan mampu bersaing dengan memanfaatkan kekuatan basis data dan teknologi,” ujarnya saat membuka Mukercab 1 PCNU Kabupaten Bandung di Gedung Moh. Toha, Soreang, Minggu (4/9/2022).

Hadir pada pembukaan Mukercab ini Ketua PWNU Jawa Barat K.H. Juhadi Muhammad, Rois Syuriah PCNU, Mustasyar PCNU KH. Sofyan Yahya, Sekretaris Khatib, Ketua Fraksi PKB DPR RI H Cucun Syamsu Rizal, Asda Kabupaten Bandung, Ketua Forum Camat, Forkopimda, Banom, Lembaga, Ketua DMI, Kapolres, Dandim, dan Komandan Lanud Sulaiman.

Bersinergi

Dalam Mukercab yang mengusung tema,”Membangun Konsolidasi Pengurus dalam Era Keterbukaan dengan Perilaku yang Moderat Menuju Kabupaten Bandung yang BEDAS” itu bupati meminta, ada kesinergian program kerja sesuai visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung.

Diantaranya, kata bupati, beberapa program kegiatan pemberdayaan pesantren, seperti peternakan ayam, dengan memberi 5.000 ayam. “Untuk bidang peternakan ini sudah dijalankan, begitupun di bidang ekonomi, dan pertanian,” ungkapnya.

Sedangkan dalam bidang pendidikan, bupati mengungkapkan, problem utama mengatasi kebutuhan sekolah, karena masih ada kekurangan 48 unit sekolah baru untuk SMP, sehingga dianggarkan oleh pemerintah daerah sekarang ini. “Untuk pembuatan 28 sekolah baru nantinya, saya meminta peran NU, untuk bisa merealisasikan itu, dan bisa berkoordinasi dengan sekda dan dinas pendidikan,” katanya.

Untuk SMA-nya, imbuh bupati, ada kekurangan 22 sekolah, sehingga ada peluang untuk membuka SMA baru yang ada di wilayah Kabupaten Bandung.

Terkait program rencana pembuatan lima rumah sakit di Kabupaten Bandung, bupati meminta bisa memaksimalkan lahan-lahan yang ada di kabupaten Bandung.

Baca Juga :  Anggota Komisi X Minta Sistem Zonasi PPDB Dikaji Ulang

Untuk itu ia mendorong PCNU, MWC, dan ranting agar aktif berkegiatan, dan mendayagunakan medsos semaksimal mungkin, sehingga setiap kegiatan bisa dilihat, dan mendorong terbangunnya regenarasi kepemimpinan yang baik, dengan itu, regenerasi serta kaderisasi, nantinya bisa membantu menghasilkan kepemimpinan yang unggul, yang mampu menjadi penentu kebijakan di masa yang akan datang.

Implementasi Program

Sementara itu, Ketua PWNU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad mengaku merasa bahagia atas kegiatan NU Kabupaten Bandung yang sudah dirasakan hijau royo-royonya. “Sehingga ada rasa sejuk jika melihat hal yang hijau hijau, apalagi dengan kiprah bupatinya yang telah menunjukan keberpihakan pada para guru ngaji, dengan sudah memberikan insentif pada guru ngaji tersebut,” ujarnya.

Dari kader NU-nya, yang juga Ketua PKB Kabupaten Bandung, kata Juhadi, sudah membantu pula 2.100 rumah tidak layak huni di Kabupaten Bandung, dalam program perbaikan Rutilahu.

Ketua PWNU Jabar ini,  juga mengungkapkan selain implementasi program tadi, masih banyak program yang berbasis keagamaan. Diantaranya bantuan untuk 600 pondok pesantren di Kabupaten Bandung. “Harusnya soal keagamaan juga sudah selesai di Kabupaten Bandung ini,” tandasnya.

Kiai Juhadi juga berharap, Lazisnu Kabupaten Bandung harus bisa mengali kerjasama dengan BAZNAS, sehingga potensi ekonomi bisa tergali dan perolehannya bisa meningkat untuk membantu umat.

“Melalui Lazisnu, diharap ketuanya bisa bergerak, nahdoh, bergerak, hingga Lazisnu bisa bergerak menarik infak, zakat, yang ada di Nahdlatul Ulama,” katanya.

Diungkapkan juga pihak PWNU Jabar akan segera membuat MoU dengan Kanwil BPN, di mana banyak tanah wakaf milik NU yang bermasalah, dan PCNU Kab. Bandung bisa menyelesaikan masalah pertanahan ini. “Karena menterinya pun, sudah berkomitmen, akan membantu menyelesaikan masalah tanah yang masih belum bersurat legal. Sehingga kedepannya, tanah milik NU yang bermasalah, akan mulai di benahi,” ungkap Kiai Juhadi.

Baca Juga :  Hasil Pemeriksaan Saksi-saksi, Wali Kota Bekasi Diduga Menerima Sejumlah Uang Saat Melakukan Mutasi dan Rotasi

Sekarang ini PWNU, katanya, PWNU Jabat sudah ber MOU dengan Bulog Jawa Barat, sehingga apa yang dipasarkan oleh Bulog, bisa di bantu dipasarkan oleh NU. “PWNU Jabar juga sudah berjasama dengan PMI, maka segala potensi yang bisa diusahakan maka akan di maksimalkan,” jelasnya.

PWNU akan membangun lima rumah sakit di Jawa barat, dan di Kabupaten Bandung sudah siap penjajagan ke arah sana. Juga di daerah Indramayu, Sumedang sudah bersiap untuk program ini.

Perihal klinik, kata Kiai Juhadi, PWNU Jabar mendorong adanya klinik itu di tiap wilayah, MWC, sehingga tidak hanya menjadi konsumen saja, tapi harus bisa mengadakan unit klinik ini.
“Sehingga di seluruh Jawa Barat nantinya akan ada 600 klinik. Ada 60 juta jiwa warga NU di Jawa Barat ini,” katanya.

Ketua PCNU Kabupaten Bandung, KH DR. Asep Jamaludin M.Ag.,
mengungkapkan bahwa PCNU saat ini telah berhasil mengerjakan program berdasarkan restrukturisasi dan konsolidasi, sekarang ini perlu pengadaan pembinaan setelah 31 MWC terbentuk.

“PCNU bisa melakukan rekonsiliasi agar umat bisa bersatu, dengan begitu kekuatannya bisa menyatukan umat, bahkan terbukti berhasil pula menjadikan bupati dari kader NU,” katanya.

PCNU saat ini menurut, Kiai Asep, bisa menyatukan visi dan misi dari seluruh komponen kepengurusannya, sehingga satu tujuan tampa hambatan, dan hasilnya sekarang ini bisa dilihat, setiap MWCNU di kecamatan, selalu mendapat dukungan signifikan dari para camat, yang sekarang ini sangat mensupport, sampai Dandim, bahkan Kapolresnya.

Ketua PCNU menekankan, Mukercab ini harus dijadikan ajang menyatukan umat. Semua MWC harus solid untuk menghadapi tantangan baru, khususnya daerah timur dan wilayah tengah untuk bisa menangulangi setiap masalah yang ada.@bms

Baca Juga :  SEA Games 2021: Timnas Garuda Muda Pesta Gol ke Gawang Filipina

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kemenangan Persib Atas RANS Mendapat Respon Beragam dari Bobotoh

Sen Sep 5 , 2022
Silahkan bagikanVISI. NEWS | BANDUNG– Kemenangan Persib 2-1 atas RANS Nusantara pada laga yang dihelat di Stadion GBLA, Minggu (4/9/2022) mendapat respon beragam dari Bobotoh. Pada intinya mereka menyambut positif atas kemenangan tim berjuluk Maung Bandung ini, yang sejak lama mereka tunggu-tunggu dan kemenangan yang mereka dambakan tersebut akhirnya datang […]