Bupati Bandung Hadiri Raker Kwarcab Pramuka Kab. Bandung Tahun 2023

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan bahwa gerakan pramuka merupakan wadah yang sangat ideal bagi generasi muda untuk terus tumbuh dan memiliki karakter yang tangguh.

“Saya ingat saat sekolah di SD dan SMP, aktif di pramuka itu dapat membentuk karakter kejujuran. Sehingga hal ini akan terbawa terus, apalagi dibarengi dengan agama akan tercipta generasi muda yang berakhlak dan berakhlakul karimah,” kata Bupati Bandung dalam sambutannya di kegiatan pembukaan rapat kerja cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Bandung tahun 2023, di Gedung PGRI Kabupaten Bandung, Soreang, Selasa (6/6/2023).

Dadang Supriatna mengatakan, para generasi muda yang aktif di gerakan Pramuka akan bermanfaat bagi dirinya sendiri, kedua orang tua, juga untuk lingkungan.

“Saya doakan adik-adik sekalian, nanti kelak akan menjadi pemimpin-pemimpin yang berkarakter, berkualitas, bermanfaat untuk bangsa dan negara,” tuturnya.

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna mengungkapkan bahwa Pramuka adalah salah satu organisasi yang sangat strategis.

“Maka harus punya kesadaran untuk menjaga citra positif, yang disinergikan dengan visi Kabupaten Bandung dalam mewujudkan Bandung Bedas (bangkit, edukatif, dinamis, agamis dan sejahtera),” katanya.

Untuk mendorong peningkatan sumber daya manusia, imbuh Kang DS, adalah salah satu misi pemerintah Kabupaten Bandung.

Apalagi dengan potensi luas wilayah Kabupaten Bandung mencapai 174 ribu hektare dengan jumlah penduduk sekitar 3,7 juta jiwa.

“Kalau tidak diisi dengan sumber daya manusia yang kuat dan andal, saya kira bagaimana nasib Kabupaten Bandung kedepan. Ini bicara lokal, belum regional Jabar, belum nasional,” ujarnya.

Kang DS berharap untuk memperbanyak kader-kader muda yang siap melangkah dan siap berprestasi, termasuk siap menjadi pemuda-pemuda andalan untuk masa depan yang lebih cerah.

Baca Juga :  Usum Reses (2)

“Tentu harus dilakukan dengan beberapa langkah dan ikhtiar kita. Dan tentunya hari ini rapat kerja cabang salah satu even yang tentunya harus di gali bersama. Hanya saja saya titip kepada Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung dan jajaran pengurus dalam pelaksanaan raker ini bukan semata seremonial saja. Tapi saya berharap kedepannya diimplementasikan. Kalau bisa ada langkah dan ikhtiar,” bebernya.

Ia mengungkapkan bahwa usia produk di Kabupaten Bandung mencapai 60 persen dari jumlah penduduk yang ada.

“Persiapan ini sangat penting, sehingga saya memberikan perhatian peningkatan anggaran untuk pramuka. Pramuka untuk terus melakukan inovasi dan langkah-langkah untuk meningkatkan sumber daya manusia, untuk mempersiapkan anak-anak muda berkarakter,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna berharap dalam pelaksanaan rapat kerja cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung tahun 2023 ini agar dapat menghasilkan kebijakan dan juga program kegiatan yang mampu mendorong peran dan juga kiprah gerakan pramuka dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Bandung. “Dapat serta memberikan nilai manfaat bagi kehidupan masyarakat, berbangsa dan beragama,” ujarnya.

Menurutnya, rapat kerja cabang merupakan sarana untuk mengevaluasi hasil kerja tahun yang lalu dan merencanakan program kegiatan yang akan datang.

“Rapat kerja cabang ini dengan tema perkuat peran seluruh komponen Pramuka Bandung dalam mewujudkan generasi Bedas yang unggul dan berkarakter,” katanya.

Pada tema ini, imbuh Emma Dety, tentunya diharapkan rapat kerja cabang dapat menghasilkan kebijakan-kebijakan yang mendorong terwujudnya generasi yang unggul.

“Anggota gerakan Pramuka yang berkarakter sebagai penopang kokoh gerakan Pramuka khususnya di wilayah Kabupaten Bandung,” katanya.

Emma Dety mengajak kepada anggota pramuka saatnya bangkit dan bergerak, juga maju melalui semangat berkegiatan kepramukaan untuk menuju masa depan generasi muda yang lebih baik.

Baca Juga :  Polres Salatiga Gelar "Minum Jamu Bablas Covid Te"

“Kreatifitas, inovasi dan juga pengalaman tahun 2022 menjadi bekal kita untuk dapat mengembangkan kepramukaan, agar lebih maju dan mampu mengimbangi serta mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya.

Lebih lanjut, Emma Dety mengungkapkan kecanggihan dan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, justru menjadi sarana yang dapat mendukung banyak pihak untuk dapat menjangkau seluruh anggota gerakan Pramuka.

“Dengan harapan bisa menjadi generasi muda harapan bangsa kedepannya, gerakan Pramuka perlu terus meningkatkan peran aktif, andil dalam menyikapi dan juga berperan serta mengurangi dampak risiko yang terjadi,” pungkasnya. @gvr

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

REFLEKSI | Berbagi

Rab Jun 7 , 2023
Silahkan bagikanOleh Idat Mustari Kunasehati diriku dan juga mungkin dirimu, dengan sebuah kisah. ALKISAH datang seorang pemuda kepada seorang guru yang terkenal dengan kebijaksanaannya. Ia bertanya : “Guru, kenapa hidup saya selalu kekurangan? Padahal saya merasa sudah bekerja keras, tapi kenapa kehidupanku tidak berubah ?” Guru itu menjawab: ”Karena kamu […]