Bupati Ciamis Dukung Petani Milenial Porang Galuh

Editor :
1
Bupati Ciamis saat memberikan sambutan di acara kerja sama./visi.news/ismail hasbi

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mendukung kiprah komunitas Petani Mlenial Porang Galuh tingkatkan perekonomian petani di Ciamis. Hal itu karena tanaman porang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi di pasaran.

Dukungan tersebut disampaikan bupati saat menghadiri acara perjanjian kerja sama antara PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk dan CV Sanindo Putra di ruang Oproom Swtfa, Selasa (29/12/2020).

Pada kesempatan itu bupati mengatakan, Kabupaten Ciamis merupakan kabupaten agraris dengan mayoritas enam puluh sampai tujuh puluh persennya adalah petani.

“Juga Ciamis memiliki potensi alam yang luar biasa dan belum seluruhnya dioptimalkan,” ungkapnya di kesempatan tersebut.

Disebutkan, faktor yang menyebabkan kurang optimalnya pertanian di Ciamis adalah kolaborasi dan integrasi masyarakat yang masih belum berjalan baik.

Herdiat menjelaskan, petani milenial harus memiliki sifat visioner, memiliki mimpi dan memiliki semangat juang yang tinggi serta pantang menyerah.

“Semua pengusaha atau petani yang sudah maju itu tidak didapat secara instan melainkan butuh proses yang panjang,” katanya.

Bupati berharap, dengan adanya kerja sama antara PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk dan CV Sanindo Putra, menjadi sebuah kolaborasi yang baik di bidang pertanian.

Sementara itu, Direktur CV Sanindo Putra, Dhian Rahadian mengatakan, tumbuhan porang menjadi salah satu tumbuhan yang menjadi perhatian dunia dan telah dikembangkan di beberapa negara seperti Jepang, dan Australia.

Dhian mengatakan, manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain itu juga untuk pembuatan lem dan “jelly”.

“Diharapkn dengan porang yang sedang gencar ini, petani Ciamis tidak hanya jadi penonton, tapi dapat terlibat langsung,” tuturnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas pertanian Ciamis, Kepala BPKD Ciamis, Perwakilan OJK Tasikmalaya.

Juga perwakilan Bank BRI, perwakilan Petani Milenial Porang Galuh, serta para SKPD terkait lingkup pemerintahan di Kabupaten Ciamis. @ihb

Fendy Sy Citrawarga

One thought on “Bupati Ciamis Dukung Petani Milenial Porang Galuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sistem Informasi Angkutan Umum Diresmikan Bersama Peluncuran BST di Kota Solo

Sel Des 29 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Menjelang berakhirnya tahun 2020 yang tinggal beberapa hari, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, meresmikan Sistem Informasi Angkutan Umum (Public Transport Information System – PTIS) dan meluncurkan operasional angkutan umum terintegrasi Batik Solo Trans (BST) Koridor 1 dan 2 beserta angkutan pengumpan (feeder) BST, di Pendhapi Gedhe, […]