Bupati Ciamis Ikuti Acara Penyerahan DIPA dan Dana TKDD secara Virtual

Editor Suasana penyerahan DIPA dan Dana TKDD secara virtual./visi.news/ismail hasbi
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengikuti acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2021 yang digelar secara virtual di ruang Vidcon Setda Ciamis, Kamis (3/12/2020).

Acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Sekretaris Dinas DPMD, dan Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Ciamis.

Penyerahan DIPA dan TKDD secara simbolis oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, penyerahan DIPA serta dana desa merupakan runtutan awal rencana yang bakal digulirkan tahun 2021 nanti, terutama untuk pemulihan perekonomian pasca pandemik.

Dikatakannya, secara nasional APBN 2021, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 2.750 triliun atau tumbuh 0,4% dibandingkan alokasi belanja di APBN 2020.

“Alokasi ini terdiri atas belanja sebesar Rp 1.032 triliun. Transfer Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 795,5 triliun,” jelas Gubernur.

Alokasi belanja tersebut, tambahnya, akan dimanfaatkan mendukung pemulihan ekonomi dan prioritas pembangunan di berbagai bidang.

“Yakni kesehatan Rp 169,7 triliun, pendidikan Rp 550 triliun, infrastruktur Rp 417,17 triliun, perlindungan sosial Rp 408,8 triliun, ketahanan pangan Rp 99 triliun, pembangunan teknologi informasi Rp 26 triliun,” katanya.

Gubernur melanjutkan, Presiden menetapkan empat fokus utama, yakni pertama penanganan kesehatan dalam hal penanganan Covid-19, utamanya fokus pada vaksinasi.

Kedua, kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan perlindungan sosial, terutama bagi kelompok yang kurang mampu dan rentan.

Ketiga, kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan program pemulihan ekonomi, terutama dukungan kepada UMKM dan dunia usaha.

Keempat, untuk membangun fondasi yang lebih kuat.

Baca Juga :  Blusukan Wabup Tasik Pengganti Antarwaktu Telah Kunjungi 39 Kecamatan

“Kita akan melakukan reformasi struktural baik di bidang kesehatan, pendidikan, maupun perlindungan sosial, dan lain-lain,” jelas Ridwan Kamil.

Ridwan menyebutkan, untuk Jabar dana DIPA yang akan diterima mencapai Rp 51 triliun lebih, sementara dana desa mencapai Rp 68 triliun.

“Presiden juga mengarahkan agar lelang harus dilakukan pada bulan Desember ini sehingga pada Januari mendatang bisa segera dikerjakan, percepatan harus dilakukan,” tegasnya.

Ia menegaskan arahan pemulihan ekonomi dari presiden harus segera dilakukan seperti bantuan kepada UMKM, insentif pajak dan penyaluran dana desa. @ihb

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sambut Hari Disabilitas Internasional, NPCI Ciamis Bantu Pembangunan Asrama Yatim Piatu

Jum Des 4 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Menyambut Hari Disabilitas Internasional,  National  Paralympic  Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten Ciamis, memberikan bantuan guna pembangunan  Asrama Yatim Piatu AL-Kamil di RT 2/RW 1, Dusun/Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, di Masjid Agung Ciamis,  Kamis  (3/12/2020). Ketua  NPCI Kabupaten Ciamis,  Oman Heryadi  mengatakan, peringatan hari Disabilitas Internasional […]