Bupati Dadang Supriatna, “Didoakeun ku ema sing jadi bupati. Eta taun 2007”

Editor Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna pada acara Ajengan Masuk Sekolah (AMS) di SMAN 1 Pangalengan, Kamis (27/7/2023). /visi.news/m purnama alam
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | PANGALENGAN
Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna bercerita bahwa perjalanan karirnya hari ini tak terlepas dari do’a ibunya.

“Waktu itu ibu saya sakit dan di rawat di rumah sakit. Saya anak bungsu nomer sembilan. Ibu saya manggil. Kadieu bungsu ema isuk mah rek balik. Sugan teh rek balik ka imah. Jadi beberesih heula imah jeung buruan.

Ema ngusapan. Seueur pituahna. Nitip lanceuk-lanceuk, ceuk Ema. Terus deui ceuk Ema, ‘Bungsu maneh mah lamun boga kahayang naon wae bakal laksana. Didoakeun ku ema sing jadi bupati. Diamin keun we. Eta taun 2007. Teu lila Ema enya balik. Ngantunkeun,” ungkapnya saat membuka acara Ajengan Masuk Sekolah (AMS) di SMAN 1 Pangalengan, Kab. Bandung, Kamis (27/7/2023).

Katanya, pada saat itu ia tidak pernah terbayang doa ibunya itu nyata seperti sekarang. “Boro-boro kabayang jadi bupati, urang sapan tukang bata, ngalaman jadi tukang ngored. Didoakeun ku indung mah jadi,” ungkapnya.

Kemajuan itu, kata bupati, tergantung mempunyai big will mempunyai mimpi yang sangat besar. “Boleh dan sok. Maka kegiatan ini sangat bagus dalam rangka membangun mimpi-mimli, membangun akhlak. Kumaha rek berkah, mun ka indung campelak“.

Bupati juga bercerita bahwa sejak remaja hidupnya diisi dengan hal-hal yang sangat bermanfaat. “Waktu sekolah setingkat SMA saya sudah punya penghasilan dua juta. Resikonya tidur hanya empat jam. Mun balik ka imah bantuan kolot. Siap bantu orang tua, siap?” ungkap bupati dijawab serempak oleh para siswa, “Siaappppp!”

Oleh karena itu, bupati sangat menyambut kegiatan tersebut yang melibatkan lebih dari 1.250 siswa SMAN 1 Pangalengan dan PGRI. “Semoga ilmunya bermanfaaat untuk diri sendiri keluarga masyarakat dan lingkungan,” ujarnya.

Baca Juga :  Ace Hasan: Mari Kita Lestarikan Budaya Sunda

Program Ajengan Masuk Sekolah ini, kata bupati, merupakan impiannya, karena sasarannya SMA. “Di SD dan SMP kita sudah ada program guru ngaji yang dikelola Pemkab Bandung. Ajengan Masuk Sekolah sing tiasa diteraskeun. Insya Alloh, sim kuring siap ngisi materi, terutami mengenai muatan lokal sareng Pancasila. Make slide engke mah,” ungkapnya.

Kehadiran Bupati Dadang Supriatna membuat suasana hidup karena dia memberikan kuis berupa beberapa pertanyaan yang berhadiah ratusan ribu. Pertanyaannya seputar Pancasila. Mulai dari lima sila, butir-butir Pancasila, akronim dari Bedas, dll.

Kegiatan ini, kata bupati ada implementasi, seperti kegiatan salat Dhuha berjamaah. “Kalau bisa ditambah juga dengan cara pemulasaraan jenazah. Itu penting,” tandas bupati.

Bupati Dadang juga mengingatkan bahwa melalui visi dan misi Bedas, pada misi keempat salah satunya berpihak kepada keagamaan.
“Pada kegiatan tahun baru Islam, 1 Muharram kali ini sudah mulai terasa. Kemarin masyarakat yang datang ke Alun-alun Soreang hampir 10 ribu orang. Tahun depan, kemeriahan 1 Muharram harus terasa sampai tingkat kecamatan bahkan tiap desa harus merayakannya. Sekolah pun demikian, bisa menyelenggarakan rangkaian kegiatan menjelang tahun baru Islam dan puncaknya di hari 1 Muharam. Semoga kita semua mendapat keberkahan,” ungkapnya.

Karena Rasa Prihatin

Ketua Umum AMS Asep Oman,S.E. (Abah Oman), menjelaskan bahwa kegiatan ini awalnya di SMA PGRI Pangalengan, dengan MUI Pangalengan, akhirnya berkat dukungan semua komponen masyarakat bisa menyelenggarakan kegiatan ini. “Melangkah ke SLA dulu, nanti untuk anak SMP dll.,” ujar Abah Oman.

Kegiatan ini diselenggarakan karena rasa prihatin melihat kondisi anak-anak sekarang ini. “Tapi, ternyata di sini anak-anak pendidikan akhlaknya bagus, sampai lancar membaca sholawat dll. Oleh karena itu bade melangkah lagi untuk kegiatan berikutnya,” katanya.

Baca Juga :  KBPP Polri Restabes Bandung Kembali Lakukan Aksi Sosial

Diakhir sambutannya, Abah Oman memberi santunan untuk siswa tidak mampu secara simbolis.

Sangat Bermanfaat

Kepala SMAN 1 Pangalengan Agus Hasan Syadzily mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para siswanya. “Saya baru enam bulan menjabat sebagai kepala sekolah, dengan dipercayanya SMAN 1 Pangalengan sebagai tempat penyelenggaraan ajengan masuk sekolah sangat bermanfaat sekali dan dapat memberikan keberkahan. Dengan kegiatan ini ke depan semoga bisa lebih maju lagi. Kita ingin menjadikan siswa-siswi yang berakhlak mulia,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri juga Camat dan Forkopimcam, Ketua MUI Pangalengan, Ketua MWC NU Pangalengan, Sekretaris PCNU H Imron, Ketua LTN NU dll.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Program Ajengan Masuk Sekolah, Bupati DS : Untuk Memperkuat Kecintaan Terhadap Al-Quran

Kam Jul 27 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | PANGALENGAN – Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna mengungkapkan bahwa pada saat ini sering kali melihat berbagai anomali kehidupan masyarakat baik yang bersifat agresif seperti perkelahian antar mahasiswa, tawuran antar pelajar maraknya peredaran narkoba, mewabahnya geng motor, kenakalan remaja, tindakan asusila serta perilaku menyimpang lainnya. “Sedangkan yang […]