Cafe “Kopi Cilik” di Ciparay, Bisa Nyeruput Kopi Sambil Nongkrong Bareng

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Kopi menjadi minuman yang diminati banyak orang terutama kalangan muda dari remaja hingga dewasa.

Di Ciparay salah satu kedai kopi yang memang sudah cukup dikenal
dan kualitasnya pun unggul di antara yang lain. Namanya Kopi Cilik. Lokasinya di Jalan Raya Laswi Ciparay, tepatnya di Desa Jongor. Hampir tiap hari, cafe ini cukup banyak dikunjungi pelanggannya.

Yeremia Natanael (26) sang pemilik cafe ini kepada VISI.NEWS, di gerainya, Sabtu (27/8/2022), mengatakan bahwa kopi unggulan yang disajikan di kedainya Arabika. “Sebenarnya kita menyediakan kedua jenis kopi Robusta dan Arabika. Hanya, pengunjung di sini kebanyakan lebih menyukai jenis Arabika,” ungkap Yeremia seraya menyebutkan bahwa kedua jenis kopi yang disediakan di kedai kopinya berasal dari Garut.

Perjalanan Usaha

Yeremia mengungkapkan bahwa sebenarnya tidak mudah untuk membuka usaha seperti ini. Ia mengawalinya tahun 2017 lalu dengan modal awal yang cukup lumayan.

“Mungkin karena kita nyicil ya sekitar 100 juta modal awalnya. Kalau kopi nyetok kita biasa perbulan itu kurang lebih 20 kilograman itu paling sisa 2 kiloan. Tapi tetap kan kita harus restock rata rata 20 kg,” ujarnya.

Lima tahun lebih berjalan, Yeremia bersyukur, eksistensi usahanya masih terjaga hingga sekarang. “Meskipun kita semua tahu beberapa tahun kebelakang itu pandemi Covid-19 melanda semua sektor usaha tak terkecuali kopi,” katanya.

Dinamika usaha ia rasakan ada naik turunnya, namun intinya ia tetap percaya dan konsisten bahwa bisnis ini harus tetap berjalan meskipun turun dan naik hasil penjualannya juga muncul beberapa pesaing yang melakukan inovasi-inovasi.

Manfaat Kopi

Salah satu yang mendorong Yeremia bisnis komoditas ini karena kopi sebenernya banyak manfaatnya. Untuk orang tua misalnya bisa dipakai terapi, karena kopi di sini bisa memilih mau pakai gula atau tidak. Berbeda dengan kopi sachet yang ada di warung-warung.

Baca Juga :  Relawan Jumat Berbagi Persiapkan Bakti Sosial di Masa Pandemi

Meski demikian, ia menyebutkan, kebanyakan pengunjung ke cafenya anak-anak muda yang bisa larut sambil nongkrong berjam-jam.

Di cafe ini selain untuk nongkrong dan ngobrol bareng teman komunitas atau lain lain bisa juga untuk mengerjakan tugas, bersilaturahmi sambil merayakan ulang tahun mendengarkan musik dan sebagainya.

“Mungkin hampir semua kalangan bisa menikmati kopi. Kita buka dari jam 09.00 WIB – jam 22.00 WIB. Di sini, selain ada live musiknya juga foto space boxnya gratis untuk pengunjung yang ngopi di sini ya,” pungkasnya.@gustav viktor rizal

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Liverpool Hancurkan Bournemout 9-0, Erling Haaland Hattrick

Ming Agu 28 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | LONDON- Liverpool meraih kemenangan perdana usai menghancurkan Bournemout 9-0, pada pekan keempat Liga Inggris yang berlangsung di Stadion Anfield, Sabtu (27/8/2022) malam WIB. Sembilan gol The Reds yang bersarang di gawang Bournemout masing-masing dijaringkan Luis Diaz menit 3 dan 85, Elliot (6), Alexander Arnold (28), Roberto Firmino […]