Camat Ibun Ancam Tutup Kafe Bandel Tanpa Izin Operasional dan Abaikan Protokol Kesehatan

Tim gabungan dari jajaran TNI, Polsek Ibun, Satpol PP, dan Linmas Kecamatan Ibun sedang merazia kafe, Sabtu (6/6)./visi.news/budimantara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Tim gabungan dari jajaran TNI, Polsek Ibun, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan anggota Linmas Kecamatan Ibun secara mendadak melakukan razia dengan sasaran kafe, kedai, dan kegiatan yang berpotensi terjadinya kerumunan massa di sejumlah lokasi di Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, di tengah pandemi Covid-19, Sabtu (6/6) malam.

Razia yang bertepatan dengan pelaksanaan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap empat pada penanganan percepatan Covid-19 hingga tanggal 12 Juni 2020 itu, dipimpin langsung Camat Ibun Adjat Sudradjat didampingi Kapolsek Ibun Iptu Carsono, S.H.

Pantauan wartawan VISI.NEWS di lapangan, razia malam itu dengan titik sasaran pertama pada sebuah kafe yang berada di Jalan Ibun. Di kawasan kafe itu banyak terdapat kawula muda yang menikmati suasana malam di kawasan terbuka, yang diketahui tak memerhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan wabah virus corona.

Selain itu, di antara pengunjung kafe pada umumnya tak mengenakan masker, meski ada di antara mereka yang mengenakan masker. Bahkan di antara pengunjung tak memerhatikan jarak dengan sesama pengunjung lainnya, dan mereka terlihat asyik menikmati suasana malam tersebut.

Pada saat itu, Kapolsek Ibun Iptu Carsono bersama Kanit Satpol PP Kecamatan Ibun H. Engkon langsung mengingatkan pengelola kafe dan pengunjung untuk memerhatikan kebijakan PSBB yang masih diterapkan di Kabupaten Bandung sampai 12 Juni mendatang.

Seusai dari kafe tim gabungan melanjutkan upaya penertiban dan memberikan imbauan kepada sebuah kedai atau warung yang didatangi puluhan pengunjung. Saat itu, para pengunjungnya langsung membubarkan diri, meski ada di antara pengunjung yang masih bertahan, namun petugas mengingatkan untuk menjaga jarak dan memakai masker.

Baca Juga :  Safari Jumat Keliling, Ini Yang Disampaikan Kapolsek Tersono

Setelah mendatangi kafe dan kedai/warung, tim gabungan melanjutkan penyisiran ke sebuah kafe megah lainnya yang ada di tanjakan Jalan Kamojang yang belum lama ini operasional. Saat itu, tim gabungan langsung mengarahkan pihak manajemen untuk menghentikan operasional dan membubarkan para pengunjung yang mencapai sekitar 150 orang.

Hiburan malam berupa live musik pun langsung disuruh dihentikan.
Tidak lama berselang, pihak manajemen kafe yang di dalamnya terdapat olahraga biliar itu langsung menutup kafe dan para pengunjungnya pun membubarkan diri.

Camat Ibun Adjat Sudradjat langsung mempertanyakan izin operasional kafe mewah di Jalan Kamojang-Ibun itu kepada pihak manajemen.

“Kafe ini diduga tidak ada izin operasionalnya, amdal, UKL/UPL-nya. Tempat usaha ini hanya memiliki IMB (izin mendirikan bangunan) dengan luas 200 meter. Sementara kawasan kafe diperkirakan lebih dari 200 meter. Tempat usaha ini diduga ada pelanggaran perizinan. Apalagi saat ini masih dalam masa PSBB,” ucap Adjat dengan nada kesal kepada pihak manajemen kafe tersebut.

Adjat berharap pihak manajemen kafe melengkapi proses perizinan atau operasional tempat usaha tersebut. Selain itu, agar memperhatikan protokol kesehatan saat tempat usaha itu beroperasi di saat pandemi Covid-19.

Meski saat ini tengah persiapan melaksanakan kebijakan new normal, tetapi pihak pemilik tempat usaha tetap harus memerhatikan protokol kesehatan.

“Jika tempat usaha ini (kafe, red) masih buka lewat pukul 20.00 WIB, dan tidak memerhatikan protokol kesehatan akan saya tutup. Ini sudah kewenangan saya sebagai Camat Ibun. Silahkan mau lapor kepada siapa pun, ini sudah menjadi kewenangan saya sebagai pemerintah di Kecamatan Ibun,” ujar Adjat saat mengingatkan kepada pihak manajemen.

“Kalau ketahuan masih buka lewat pukul 20.00 WIB dan para pengunjung terlihat banyak yang tak memerhatikan protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19, akan saya tutup tempat ini.

Baca Juga :  Kamala Harris, Perempuan Pertama Jadi Wakil Presiden Amerika Serikat

Besok (Minggu, 7/6/2020) Satpol PP akan datang ke sini lagi. Jika dalam waktu tiga hari berturut-turut tak mengindahkan teguran, akan saya tutup. Mohon untuk diperhatikan,” ungkapnya.@bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Update Corona 7 Juni: 31.186 Positif, 10.498 Sembuh

Ming Jun 7 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia hingga Minggu (7/6), mencapai 31.186 kasus. Dari jumlah tersebut, pasien yang dinyatakan sembuh 10.498 orang dan 1.851 orang lainnya meninggal dunia. “Kasus positif naik 672 sehingga total 31.186 orang,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam jumpa pers, di Graha […]