Capaian IKU UNS 2020 – 2021 Tempati Posisi Tinggi

Editor Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho. /visi.news/tok suwarto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada tahun 2021 ini mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), berkat pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2020/2021.

Berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbud Ristek, Nomor 135/E/KPT/2021, tentang penghargaan capaian IKU PTN di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi tahun 2020/2021, UNS menempati posisi tinggi (10 persen), dengan poin pencapaian 80 dan memperoleh poin pertumbuhan 774.
Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, mengungkapkan kepada VISI.NEWS, Jumat (15/10/2021), IKU merupakan ukuran atau indikator kinerja suatu instansi, utamanya dalam mencapai tujuan dan sasaran tertentu.
“Setiap lembaga atau instansi pemerintah, wajib merumuskan IKU dan menjadikannya sebagai prioritas utama. Dengan merumuskan IKU, instansi pemerintah bisa mengetahui kinerja selama kurun waktu tertentu. Selain itu, IKU juga dapat meningkatkan kinerja di masa depan. Sehingga suatu instansi bisa meraih tujuan, sasaran, dan rencana yang telah ditentukan,” ujar Prof. Jamal.
Rektor UNS menyebutkan, penilaian atas capaian IKU yang menjadi landasan transformasi perguruan tinggi terdiri dari 8 butir, yaitu lulusan yang mendapat pekerjaan layak, mahasiswa yang mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi yang mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen yang digunakan masyarakat atau yang mendapat rekognisi Internasional, program studi yang bekerja sama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif, serta program studi berstandar internasional.
“Kami bersyukur, alhamdulillah atas pencapaian IKU PTN yang memperoleh penghargaan. Kami juga terima kasih atas doa, dukungan dan kerja keras semua elemen di kampus. Semoga di tahun mendatang UNS bisa meningkatkan poin pencapaian, poin pertumbuhan dan persentasinya,” tandasnya.
Menyinggung posisi UNS dalam capaian IKU sebesar 10 persen, Prof. Jamal, menjelaskan, persentase 10 merupakan capaian tertinggi. Sehingga, berdasarkan capaian 8 butir yang menjadi tolok ukur IKU UNS mendapatkan total poin 80.
Dari perolehan capaian 8 IKU tahun 2020 tersebut, kata Prof. Jamal lagi, Kemendikbud Ristek memberikan insentif sebesar Rp 23, 5 lebih kepada UNS. @tok

Baca Juga :  Ingin Bangkitkan Industri Layar Lebar, Insan Film Surati Jokowi

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

GWM Coffee Intelligence 2.0 Hadir dalam Versi Terbaru demi Mewujudkan Berbagai Pengalaman Canggih yang Lebih Mudah Digunakan

Sab Okt 16 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BAODING – Baru-baru ini, Great Wall Motor (GWM) versi terkini dari Coffee Intelligence 2.0 resmi dilansir, dan sukses menarik perhatian banyak media serta pengguna. Coffee Intelligence 2.0 memperkenalkan arsitektur elektronika dan kelistrikan terbaru, serta sasis jenis intelligent drive-by-wire. Platform ini juga memperbarui kokpit canggih, fitur pengemudian canggih […]