Capaian Realisasi Bansos 36,1 Persen Secara Nasional, Semoga Perekonomian Di Jabar Membaik

Editor Anggota DPRD Jabar H. Kusnadi. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISINEWS | BANDUNG – Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat (Jabar) Haji Kusnadi mengapresiasi capaian kerja Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dengan jajaran pemerintah, dalam merealisasikan bantuan sosial (Bansos).

Informasi yang diperoleh, realisasi atau pencairan bansos telah menyentuh angka Rp. 55,85 triliun atau setara dengan 36,1 persen dari total alokasi, besaran triliun tersebut dialokasikan guna program PKH, Kartu Sembako, BLT dan program bansos lainnya.

“Capaian klaster perlindungan masyarakat sebesar Rp. 55,85 triliun tersebut sudah terealisasi per 3 Juni 2022, melalui PKH, Kartu Sembako, BLT Minyak Goreng, BLT Desa, Bantuan PKL, Warung, Nelayan dan Prakerja,” katanya.

Adapun realisasi bansos yang masuk dalam klaster perlindungan sosial, lanjut Haji Kusnadi, terealisasi melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN,
dimana realisasi anggaran PEN dilaporkan mencapai 20,9 persen atau Rp. 95,13 triliun dari total Rp. 455,62 triliun.

“Bila dirinci, realisasi PEN itu teralokasi untuk klaster penanganan kesehatan mencapai Rp. 24,46 triliun atau 20 persen antara lain klaim nakes (tenaga kesehatan), insentif perpajakan vaksin dan alkes (alat kesehatan), pengadaan vaksin dan Dana Desa,” ujarnya.

Selain untuk bansos dan kesehatan, Haji Kusnadi, Rabu (15/6/22) mengungkapkan, dana PEN juga digunakan untuk klaster penguatan pemulihan ekonomi, dimana sudah direalisasikan sebesar Rp. 14,83 triliun atau 8,3 persen dari alokasi.

“Antara lain sektor pariwisata, dukungan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), dan fasilitas perpajakan, lain sebagainya,” ungkapnya.

Jika melihat pencapaian tersebut, maka persoalan perlindungan masyarakat, sosial dan perekonomian diharapkan akan semakin baik, dan berdampak pada pemulihan ekonomi nasional.

“Semoga kondisi ini juga berdampak dan dirasa oleh warga masyarakat Jabar, sehingga pemulihan ekonomi di Jabar akan semakin membaik,” pungkasnya. @eko.

Baca Juga :  Pemilik MU Avram Glazer Tak Mau Minta Maaf Soal Liga Super Eropa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HUT Bhayangkara ke 76 Polda Jatim Gelar Operasi Katarak dan Bibir Sumbing

Rab Jun 15 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke 76 Bhayangkara masih berlanjut. Kali ini, Biddokkes Polda Jatim menggelar operasi katarak dan bibir sumbing di rumah sakit Samsoeri Mertojoso, Rabu (15/6/2022). Kabiddokkes RS Bhayangkara Kombespol Erwinn Zainul Hakim menyatakan, operasi katarak diikuti145 orang. Sedang operasi langit-langit bibir sumbing […]