Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak dalam 7 Langkah Mudah

Silahkan bagikan

Oleh Dr. Maria Magdalena Purba, Sp.M.

DALAM masa pertumbuhan anak, penting bagi para orang tua untuk mengetahui cara menjaga kesehatan mata anak. Dimulai dari hal yang sederhana, Anda dapat membantu anak Anda memiliki mata yang sehat dan bebas gangguan. Menanamkan kebiasaan sehat sejak usia muda dapat membantu memastikan anak Anda menerapkan kebiasaan ini hingga dewasa. Kemudian, apa saja cara menjaga kesehatan mata anak?

1. Makan Sehat Setiap Hari

We are what we eat, pernahkah Anda mendengar istilah tersebut? Anda adalah apa yang Anda makan, jadi mengapa tidak makan makanan yang sehat dan seimbang untuk kesehatan mata dan tubuh? Mulailah pada anak Anda sejak kecil dengan asupan makanan sehat dan bergizi seimbang, dorong mereka untuk membuat pilihan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi seiring bertambahnya usia. Biasakan anak Anda banyak mengonsumsi sayuran dan buah segar, biji-bijian dan susu. Pilih daging tanpa lemak, unggas, dan ikan. Sertakan kacang-kacangan dan telur. Anda dapat mencoba cara menjaga kesehatan mata anak dengan mengisi lemari es dan dapur Anda dengan pilihan sehat.

2. Menggunakan Alat Pelindung Mata

Cedera mata pada anak dapat terjadi dari banyak hal, antara lain disebabkan cedera dari benda asing, paparan bahan kimia, trauma karena benda tajam ataupun trauma tumpul. Menyimpan mainan di tempat yang aman untuk anak Anda dapat menghindari cedera mata. Pilih kacamata yang sesuai untuk olahraga seperti berenang, bersepeda, dan kacamata hitam jika bepergian ke tempat yang terik. Selalu kenakan pula kacamata pelindung pada anak Anda saat berada di sekitar bahan kimia, atau saat melakukan eksperimen sains.

Baca Juga :  Cegah Kadaluarsa, Taj Yasin Minta Vaksin Tidak Terserap Segera Dialihkan

3. Cukupi Kebutuhan Air Anak

Cara merawat kesehatan mata anak Anda selanjutnya adalah dengan menjaga asupan air setiap harinya. Bayi membutuhkan 0,7 hingga 0,8 liter cairan per hari dari ASI atau susu formula, sementara anak-anak membutuhkan antara 4 cangkir (untuk usia 1 tahun) dan 6 hingga 8 cangkir per hari (untuk remaja). Air putih adalah pilihan cairan yang terbaik. Kondisi dehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk masalah penglihatan, seperti mata kering dan gatal. Ajari anak Anda untuk memulai hari dengan segelas air dan selalu bawa botol air isi ulang saat Anda bepergian.

4. Bermain di Area Terbuka

Anak Anda membutuhkan air, sinar matahari, dan udara segar untuk tumbuh sehat dan kuat. Area di luar ruangan sangat cocok untuk mendorong kebiasaan hidup sehat dan menjaga kesehatan mata. Penelitian membuktikan bahwa kebiasaan anak-anak yang lama menatap layar karena sering bermain gawai telah berkontribusi menyebabkan terjadinya miopia. Selain itu, pastikan area bermain anak Anda aman dan tetap awasi aktivitasnya dari risiko bermain di area yang berbahaya.

5. Melatih Penglihatan Anak

Anda dapat membantu menstimulasi perkembangan penglihatan anak Anda dengan menyediakan mainan dan aktivitas yang merangsang secara visual. Ini bisa sesederhana gambar hitam dan putih sejak lahir, menyusun balok bangunan berwarna cerah saat balita, dan aktivitas apa pun yang mendorong koordinasi tangan dan mata saat mereka dalam masa pertumbuhan. Saat ini tersedia banyak aplikasi pendidikan untuk anak-anak, ingatlah untuk menetapkan batas waktu menatap layar dan istirahatkan mata secara berkala. Aturan 20-20-20 sangat bagus diterapkan bagi anak-anak. Setiap menatap layar 20 menit, maka mata wajib beristirahat selama 20 detik sambil melihat jauh dengan jarak 20 feets (sekitar 6 meter).

Baca Juga :  Inisiasi Pemberantasan Judi, GNPK RI akan Surati Kapolda Jawa Barat

6. Hindari Mainan Keras dan Tajam

Inovasi bentuk mainan anak-anak terus berkembang saat ini. Berbagai variasi bentuk mainan hadir untuk anak-anak. Namun, Anda tetap perlu mengawasi anak Anda saat bermain. Bahkan permainan yang tampaknya tidak berbahaya, seperti permainan papan misalnya, kesalahan sekecil apapun atau gerakan tangan orang lain yang tidak sengaja dapat mengenai dan mencederai mata. Dalam hal ini, jika mainan atau benda itu lunak atau tumpul, gangguan pada mata dapat diminimalisir. Namun, untuk mainan atau benda di sekitar area bermain anak yg memiliki ujung atau permukaan yang tajam, dapat berisiko fatal untuk kesehatan mata anak.

7. Rutin Periksa Kesehatan Mata Anak

Cara menjaga kesehatan mata anak selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Sangat penting untuk membawa anak Anda untuk tes mata secara teratur. Begitu banyak anak yang tidak terdiagnosis masalah mata karena mereka tidak mengeluh atau kelainannya tidak terlihat oleh orang tua. Anak-anak sangat mudah beradaptasi dan akan bertahan dengan penglihatan yang buruk, karena mereka tidak menyadarinya. Melakukan pemeriksaan mata setiap tahun akan mendorong kesehatan mata dan dapat membantu mengatasi masalah kesehatan mata secara dini. Pilih Dokter Spesialis Mata anak terbaik untuk memastikan kesehatan mata anak Anda terjaga.

Semua informasi di dalam artikel ini tidak ditujukan untuk mengganti konsultasi dengan dokter yang terpercaya. Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut dengan langsung berkonsultasi dengan Dokter.***

Sumber : KMN EyeCare

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Musim Hujan Enaknya Liburan Kemana Yah? Ini 3 Tujuan Wisata yang Tetap Menarik

Jum Jan 12 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Musim hujan telah tiba di Indonesia, namun bukan berarti Anda harus mengurung diri di rumah. Ada banyak tempat wisata yang tetap menarik untuk dikunjungi saat musim hujan, baik di dalam maupun luar negeri. Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi liburan yang cocok untuk musim hujan: Bali: […]