Catatan dari Kongres III Ikatan Alumni ISBI Bandung Tahun 2023

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Suatu lembaga Pendidikan dengan alumninya merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan, kualitas lembaga pendidikan tidak lepas dari produk yang dihasilkan yaitu alumni. Ini menjadi kredit poin yang utama di hadapan masyarakat maupun pihak pemerintah dan institusi lainnya.

Begitu pun bagi alumni, nama baik almamaternya merupakan energi kepercayaan diri (trust) untuk berinteraksi dengan berbagai ruang kehidupannya, kepercayaan diri alumni merupakan kepercayaan pihak luar untuk melakukan kerjasama ataupun sejenisnya yang bisa saling menguntungkan.

Suatu kewajaran bila pihak institusi pendidikan memberikan kepercayaan serta memfasilitasi organisasi resmi alumni yang mewadahi semua alumninya, tapi bukan berarti wadah alumni ini menjadi bagian dari institusi lembaga pendidikan tersebut.

Berikan kepercayaan diri pada pengurus wadah ini, menjadi organisasi yang independen dan menjadi partner dalam memajukan masa depan pendidikan yang mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara, saling mengisi saling mengingatkan dan saling menguatkan.

Itulah harapan Panitia Kongres III Alumni ISBI dengan seluruh rengrengannya dan di yakini pula itu adalah harapan para alumni, baik yang di dalam intitusi almamaternya (ISBI Bandung) atau yang diluar intitusi tersebut.

Dengan tema “Alumni Mengawal ISBI Ngajomantara” dengan sub tema “Sacangreud Pageuh Sagolek Pangkek”, kita meyakini tema tersebut merupakan support yang positif akan kebersamaan semua alumni untuk saling mengisi saling mengingatkan dan saling menguatkan.

Hal ini bisa menjadi kekuatan pengurus baru dalam menjalankan kerja organisasinya sesuai yang diharapkan oleh semua pihak. Dengan kata lain Kongres III yang sudah berlangsung tersebut mudah mudahan menjadi awal lahirnya kekuatan organisasi IA ISBI yang lebih independen dan mewariskan IA IA ISBI selanjutnya yang kuat dan mandiri.

Baca Juga :  Wakil Emir Makkah Periksa Kesiapan Masjidil Haram Menerima Jemaah Ramadan

Jadikan organisasi ini sebagai ruang interaksi yang penuh dengan keakraban yang saling menguatkan menuju kebaikan bersama. Sareundeuk Saigel, Sabobot Sapihanean, Kacai Jadi Saleuwi, Kadarat Jadi Salebak, Repeh Rapih, Salih Asah, Silih Asih, Silih Asuh Jeung Silih Titipan Diri

Harapan agar Indepedensi organisasi IA ISBI bisa terwujud ini harus didukung penuh oleh semua pihak, baik alumninya sendiri, terutama dari pihak institusi ISBI yang merupakan induk yang melahirkannya. Jadikan organisasi IA ISBI ini sebagai partner yang memang dapat dibanggakan dan dapat diandalkan untuk membawa nama baik almamaternya.

Hal ini sesuai dengan apa yang di sampaikan oleh Rektor ISBI Dr. Retno Dwimarwati, S.Sen., M.Hum, yang menyampaikan rasa bangganya dengan adanya ikatan alumni ini, karena dengan demikian para alumni, bisa menjadi partner dalam pengembangan kemajuan ISBI, utamanya tak hanya dalam hal berkeseniannya saja, tapi juga dalam hal memajukan budaya yang ada di Indonesia ini. Sehingga adanya komunikasi dengan para alumni akan berdampak sangat positif bagi ISBI untuk masa depannya, terkhusus dalam memajukan Kebudayaan yang ada di Indonesia.

Insya Allah Kepengurusan Ikatan Alumni ISBI kali ini akan mendapat perhatian maksimal dari almamaternya (ISBI Bandung) untuk memberikan fasilitasnya yang lebih mumpuni agar program kerja IA ISBI ini lebih maksimal untuk merealisasikannya. Sehingga memberikan kontribusi yang real bagi alumni dan almamaternya

Alhamdulillah, Kongres III ISBI sudah berlangsung dengan cukup lancar. Sebagian peserta ada yang mengucapkan sukses tapi disi lain ada yang merasa kurang memuaskan. Dua sisi itu bagi panitia patut disyukuri karena ini akan menjadi pelajaran penting bagi panitia kongres selanjutnya untuk lebih siap mengadakan kongres ISBI Alumni selanjutnya

Baca Juga :  Sidak di Pasar Soponyono Rungkut, Khofifah Pastikan Harga Migor Stabil

Dinamika kongres Alhamdulillah cukup bisa dikedalikan, panitia dengan segala kekurangannya tetap konsen dalam mengikuti alur kongres yang sedang berjalan walaupun tetap masih banyak yang luput terpantau dan terantisipasi sehingga hasil kongres mungkin kurang memuaskan bagi peserta atau pihak tertentu yang berkepentingan

Sampai terpilihnya Ketua Alumni ISBI STSI ASTI Bandung saudara Irwan Guntari WK .. kongres berjalan cukup tertib aman dan terkendali.

Dan Kongres III ISBI Bandung yang dilaksanakan 23 Desember 2023 lalu di Gedung Patanjala ISBI Bandung ditutup dengan puncak acara pertunjukan longser yang dimainkan oleh sebagian besar Alumni ISBI STSI ASTI Bandung. Diantaranya, Agus Injuk, Iwan Lonceng, Hermana, Uep Murungku dll. Ketegangan dan kegelisahan kongres cair suasananya oleh para pemainnya yang penuh dengan keakraban dan kebersamaan. Gelak tawa mudah mudahan menjadi pelipur bagi yang merasa kecewa.

@bambang melga suprayogi

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Liburan Kreatif dan Menghasilkan, Yuk ke Splendore Workshop

Rab Des 27 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Salah satunya yaitu Splendore Workshop di Jalan Karawitan no 20 Kota Bandung, yang bakal mengasah kreativitas dengan kerajinan tangan. Splendore Workshop memberikan ruang bagi orang-orang yang ingin belajar perajutan benang khususnya. “Kami hadir sejak tahun 2017. Kita khusus untuk kerajinan tangan, apapun tentang perbenangan ada […]