Cegah Calon Pekerja ke Luar Negeri Unprosedural, BP2MI Berikan Pemahaman Utuh

Editor Direktur Penempatan Non Pemerintah Kawasan Asia-Afrika, BP2MI Mucharom. A didampingi Kepala BP3MI Jabar Kombes. Pol. Mulia Nugraha/visi.news/gustav viktorizal
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | CIPARAY – Kepala BP2MI Benny Rhamdani yang diwakili Direktur Penempatan non pemerintah Kawasan Asia dan Afrika BP2MI Mucharom. A melaksanakan sosialisasi penempatan dan perlindungan calon pekerja dan pencari kerja migran Indonesia, bertempat di Villa anisa Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, Sabtu (10/2/2024).

Ratusan warga masyarakat yang didominasi kaum muda sangat antusias mendengarkan pemaparan dan edukasi terkait mekanisme calon pekerja migran yang sesuai prosedur (legal).

“Selama ini kantong tenaga migran terbesar kedua itu ada di Jawa Barat, dan termasuk di Kabupaten Bandung sangat banyak,” katanya, didampingi Kepala BP3MI Jawa Barat Kombes.Pol. Mulia Nugraha

Sosialisasi ini juga kata dia, agar warga masyarakat mempunyai pemahaman yang utuh apabila akan bekerja keluar negeri, seperti apa prosesnya dan apa saja persyaratannya. “apa yang harus di proses, kemudian apa yang harus di penuhi terkait dengan kompetensi, bahasa dengan keterampilan yang dimiliki itu semua harus dilalui dahulu prosesnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mucharom juga mengingatkan kepada masyarakat yang hadir ini pada kesempatan tersebut, agar berhati-hati terhadap prilaku orang-orang pihak ketiga (oknum) yang menawarkan pekerjaan dan yang bisa menjanjikan bekerja secara cepat.

“Hati-hati, nantinya pekerja tidak melalui prosedur yang benar, makanya kami terus melakukan sosialisasi ini, karena ini bagian perlindungan para pekerja migran yang mau bekerja keluar negri,” katanya.

“Kita harus bisa mencegah hal-hal yang unprosedural, untuk pencegahan dan pemberantasan terhadap indikasi penempatan ilegal, kita lakukan secara bersama-sama mencegahnya, termasuk apabila masyarakat atau keluarganya harus melaporkan kepada pihak yang berwenang, dan secepat mungkin untuk dilaporkan juga kepada aparat penegak hukum yang terdekat,”pungkasnya.

Baca Juga :  Iyut Bing Slamet Kembali Ditangkap Polisi karena Narkoba

@gvr

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hajatan Rakyat, Jaga NU Ajak Masyarakat Bedah Kolam

Sab Feb 10 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | PASEH – Puluhan warga sambil memakai kaus bertuliskan pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfudz MD terlihat suka cita dan ceria. Mereka pun terlihat bahagia dan gembira saat mengikuti giat Jaga NU (Nahdlatul Ulama) yang dilaksanakan Caleg DPRD Kabupaten Bandung dari PPP Nomor Urut 03 Nurhayati Muhtar. Bersamaan […]