Cegah Penularan Covid-19 di Panti Wreda, Ganjar Imbau Pengelola Batasi Pengunjung

Editor Ganjar Pranowo sedang mengunjungi salah satu panti asuhan yang ada di Kota Semarang./visi.news./ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memilih untuk menunggu waktu berbuka dengan gowes dan mengunjungi salah satu panti lansia di Kota Semarang, yaitu Panti Wreda Pengayoman Yayasan Kristen Pelkris, pada hari pertama Ramadan, Selasa (13/4/2021).

Dengan gaya khas-nya yang ramah dan riang, Ganjar menyapa sejumlah lansia yang sedang duduk-duduk di depan kamar mereka. Beberapa penghuni panti masih mampu berkomunikasi dengan cukup baik, sementara sebagian lainnya sudah tidak dapat merespon saat diajak berbincang. Ganjar bahkan terlihat gayeng bercengkrama dengan salah satu lansia yang menghabiskan masa mudanya di Taipei, Taiwan.

“Pak njenengan sampun (sudah) divaksin ?,” tanya Ganjar pada Opa Pan Fei.

Ganjar sengaja melantangkan suaranya, agar pertanyaannya terdengar oleh Opa Pan Fei, yang pendengarannya sudah berkurang. Dengan ekpresi lugu, laki-laki berusia 78 tahun itu menjawab lirih. Ia mengaku belum divaksin dan sedang menunggu giliran.

Pada Ganjar, Opa Pan Fei menceritakan masa mudanya yang dihabiskan dengan merantau kerja di Taiwan. Meski begitu, saat ditanya Ganjar lebih nyaman mana dibanding tinggal di Indonesia, Opa Pan Fei lugas menjawab, lebih nyaman tinggal di Indonesia dengan alasan ia memiliki keluarga disini.

Tidak hanya berbincang, Ganjar bahkan kemudian memintanya untuk bernyanyi. Opa Pan Fei lantas menyanyikan lagu Taiwan dengan sangat lirih. Begitu lirihnya, hingga Ganjar yang hanya berjarak dua meter tidak bisa mendengarnya.

“Wah ini bagus sekali, lagu terpendek. Hehehe. Udah Opa sehat terus ya, nanti tunggu vaksin katanya hari Kamis ya,” tutur Ganjar.

Salah satu pengelola Panti, Manis menyebutkan, panti mereka saat ini merawat 48 lansia. Dari jumlah itu, baru 7 lansia yang sudah divaksin.

Baca Juga :  Niat Puasa Rajab Digabung dengan Qadha Puasa Ramadhan, Bolehkah?

“Baru sebagian yang sudah divaksin Pak Ganjar. 7 (lansia itu) kemarin kami antarkan ke sentra vaksinasi di PRPP,” ucapnya.

Manis menjelaskan lebih lanjut, 41 lansia lainnya akan segera divaksin oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang. Informasi yang ia dapatkan, vaksinasi untuk lansia di Panti Pengayoman akan dilakukan Kamis mendatang.

“Nanti dari DKK katanya akan datang hari Kamis atau Jumat. Kita menunggu saja,” ucap Manis.

Dalam kunjungan itu Ganjar berpesan pada pengelola panti, agar tetap ketat menjaga standar protokol kesehatan. Ia mengapresiasi upaya panti mencegah penularan Covid-19 dari luar, dengan menyiapkan tempat khusus bagi keluarga yang ingin menjenguk keluarganya.

“Itu sudah bagus, jadi ada sekat kalau (pengunjung) menemui para lansia. Saya pesan supaya mereka tidak banyak bertemu orang luar, sambil nunggu vaksinnya,” tandas Ganjar. @maf

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TAFAKUR: Binatang, Tumbuhan, dan Angin Tunduk pada Nabi Sulaiman

Jum Mei 14 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Bagi pemeluk tiga agama yakni Islam, Nasrani, dan Yahudi, Nabi Sulaiman punya tempat tersendiri. Kitab suci ketiga agama tersebut sama-sama meyakini keberadaan Sulaiaman di masa lalu sebagai Nabi dan raja yang konon disegani oleh semua makhluk hidup. Tak hanya manusia bahkan binatang, tumbuhan, dan angin pun tunduk kepadanya. Semua ini, […]