Cegah Penyakit DBD, Warga Desa Citaman Kab Bandung Berantas Sarang Nyamuk

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | NAGREG – Pemerintah Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung kembali melaksanakan gerakan Jumat bersih pemberantasan sarang nyamuk serentak di seluruh wilayah desa tersebut, Jumat (26/4/2024). Hal ini dalam upaya pencegahan penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Gerakan Jumat bersih pemberantasan sarang nyamuk ini dalam upaya semangat membangun desa sehat dan bebas dengue,” kata Kepala Desa Citaman Yayan Heryana yang akrab disapa Abah Yayan di Desa Citaman, Jumat siang.

Pantauan di lapangan, pada hari Jumat yang cerah itu, sejumlah unsur terlihat semangat melaksanakan gotong royong. Pagi hari itu, seluruh elemen masyarakat desa bersatu padu dalam gerakan Jumat bersih pemberantasan sarang nyamuk serentak di seluruh wilayah Desa Citaman.

“Gerakan itu diprakarsai oleh Lembaga Desa, RT, RW, PKK, MUI, dan aparat Desa Citaman. Gerakan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan bebas dari nyamuk demam berdarah,” tutur Abah Yayan.

Ia berharap dengan adanya gerakan itu, dalam upaya menuju desa sehat dan bebas dengue.

Abah Yayan mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diawali dengan apel pagi bersama di lapangan Desa Citaman.

Kepala Desa Citaman menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah antusias berpartisipasi dalam gerakan ini. Abah Yayan menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Setelah apel pagi, imbuhnya, para peserta bergerak ke area masing-masing untuk melakukan pembersihan lingkungan. Mereka membersihkan selokan, drainase, dan tempat-tempat penampungan air yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

“Tak hanya itu, mereka juga melakukan fogging untuk membunuh nyamuk dewasa,” kata Abah Yayan.

Ia pun mengungkapkan semangat kerja sama dan semangat gotong royong. Antusiasme masyarakat Desa Citaman dalam gerakan ini terlihat jelas.

Baca Juga :  Indonesia Melompat ke Peringkat 142 FIFA Usai Kalahkan Vietnam di Piala Asia 2023

“Alhamdulillah, tua dan muda, laki-laki dan perempuan, semua bahu-membahu membersihkan lingkungannya. Semangat gotong royong dan rasa kepedulian terhadap kesehatan mereka sangatlah patut diacungi jempol,” katanya.

Tak hanya itu, Abah Yayan pun mengungkapkan hasil nyata dan dampak positif dari gerakan tersebut. Ia menyebutkan, hasil dari gerakan Jumat bersih pemberantasan sarang nyamuk serentak di seluruh wilayah Desa Citaman ini sangatlah memuaskan.

Lingkungan desa menjadi lebih bersih dan sehat. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada kesehatan masyarakat Desa Citaman dan dapat mencegah penyakit demam berdarah,” ucapnya.

Kepala desa pun menyampaikan harapan dan pesannya kepada masyarakat, terkait dengan gerakan tersebut.

“Gerakan Jumat bersih pemberantasan sarang nyamuk serentak di seluruh wilayah Desa Citaman diharapkan dapat menjadi agenda rutin di desa ini,” katanya.

Abah Yayan berharap masyarakat Desa Citaman selalu menjaga kebersihan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk secara berkala. Dengan demikian, Desa Citaman dapat menjadi desa yang sehat, bebas dari nyamuk demam berdarah, dan masyarakatnya dapat hidup dengan nyaman dan sejahtera.

“Mari kita bersama-sama membangun Desa Citaman yang sehat dan bebas dengue,” harapnya.

Ia menyampaikan pesan moralnya, yaitu kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama.

“Pentingnya menjaga kebersihan dan memberantas sarang nyamuk untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Semangat gotong royong dan rasa kepedulian terhadap kesehatan sangatlah penting untuk mencapai tujuan bersama,” pungkasnya.

@kos

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Safari Literasi di SMAN 1 Margahayu, Teguh Purwayadi Sebut Buku "Jendela Dunia"

Sab Apr 27 , 2024
Silahkan bagikanVISI NEWS | MARGAHAYU – Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bandung kembali melaksanakan salah satu program unggulannya yaitu melaksanakan kegiatan Safari Literasi di SMAN 1 Margaasih, Jumat (26/4/2024). Bisa dilihat saat para siswa siswi SMAN 1 Margaasih mengikuti kegiatan safari literasi itu sangat antusias. […]