Cegah Penyalahgunaan Gadget, Dr. Thobib Al-Asyhar Ajak Tingkatkan Literasi Digital

Editor Ketua Pokja Media Cyber Komisi Infokom MUI, Dr. Thobib Al-Asyhar./via mui.or.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memberikan dampak positif dan negatif dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Pokja Media Cyber Komisi Infokom MUI, Dr. Thobib Al-Asyhar menyebut penyalahgunaan gadget muncul karena disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai literasi digital.

“Peningkatan literasi digital dapat dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Oleh karena itu, penting untuk melatih diri dengan memilah informasi, guna meningkatkan kapasitas pengetahuan kita,” tutur Thobib, Rabu (07/09/2022), dilansir dari laman resmi MUI pusat.

Dalam Halaqah mingguan Infokom MUI yang bertajuk “Literasi Digital dalam Keluarga: Panduan Mencegah Dzurriyatan Dhi’afan,” Thobib menjelaskan tentang tingginya akses internet di Indonesia yang masih belum mampu diimbangi dengan sumber daya manusia yang memumpuni.

Akibatnya, kata Thobib, melahirkan berbagai macam dampak negatif dari penggunaan gadget dan internet yang terus berkembang.

Dosen Psikologi Islam SKSG Universitas Indonesia tersebut menilai, banyaknya aktivitas dimulai dari keluarga, selaras pula dengan ragam permasalahan yang turut serta di dalamnya. Salah satu permasalahan yang muncul tersebut adalah dari penggunaan gadget yang berlebihan.

“Kasus-kasus yang lahir dari peyalahgunaan gadget, sebagaimana yang kita ketahui seperti kecanduan pornografi, game online, perselingkuhan, prostitusi, hingga perceraian,” katanya.

Menurutnya, penurunan tingkat konsentrasi juga bisa disebabkan dari penggunaan gadget yang berlebihan. Oleh sebab itu, membangun literasi digital harus dimulai dari keluarga. Dengan demikian akan mampu mengurangi dampak-dampak negatif dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. @fen

Baca Juga :  Saling Ejek di Medsos Berlanjut Tawuran, Seorang Pemuda Tewas, 3 Pelaku Berhasil Diringkus Polisi

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Multaqa Duat MUI Deklarasikan 9 Poin Komitmen Dakwah

Ming Sep 11 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Multaqa Duat yang dihadiri berbagai dai Jawa Timur dari berbagai ormas Islam berkomitmen untuk dakwah mempersatukan dan mencerahkan umat serta menghindarkan umat dari ajaran-ajaran yang mebawa kepada ektrimisme, radikalisme, dan intoleran. Dalam Multaqa hasil kerjasa sama Majelis Ulama Indonesia dan MUI Provinsi Jawa Timur didukung […]