Cegah Varian Baru Covid, Sufmi Dasco Nilai Perlu Pembatasan Perjalanan dari Afrika Selatan

Editor Ilustrasi virus corona./pixabay/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Virus corona varian baru bermunculan, salah satunya varian B.1.1.529 yang baru teridentifikasi menyebar di Afrika Selatan.

Dilansir dari The Guardian, varian yang pertama kali terlihat di Bostwana ini teridentifikasi pada 10 kasus di tiga negara di kawasan Afrika Selatan. Sejumlah negara, termasuk Inggris, telah melakukan langkah tegas dengan menerapkan pembatasan penerbangan dan mewajibkan pelancong dari beberapa negara bagian Afrika Selatan untuk menjalani karantina.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Kementerian Kesehatan RI agar segera melakukan penelitian, mencari informasi, dan data yang akurat perihal adanya varian virus baru atau B.1.1.529.

Pimpinan DPR itu juga mendesak Pemerintah untuk sementara waktu agar segera melakukan pembatasan perjalanan terhadap Afrika Selatan dan negara-negara lain yang teridentifikasi.

“Saya pikir, hal ini penting untuk dilakukan sebagai upaya tindakan pencegahan, mitigasi dan melindungi rakyat Indonesia dari varian virus baru Covid-19”, kata Sufmi Dasco dalam keterangan pers, Jumat (26/11/2021), dilansir VISI.NEWS dari laman Parlementaria.

Menurut politisi Partai Gerindra itu, berdasarkan informasi yang ia terima, varian baru ini dapat bermutasi dua kali lipat lebih banyak daripada jumlah mutasi pada varian Delta.

“Menghadapi varian Delta saja kita sudah kewalahan, rumah sakit penuh, para nakes kelelahan, obat-obatan susah, oksigen sulit dan berjatuhan korban meninggal yang tidak sedikit. Oleh karenanya, Pemerintah harus mengambil langkah tegas agar varian B.1.1.529 yang katanya lebih ganas daripada (varian) Delta ini masuk ke negara kita,” tegas Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) itu.

Selain menutup sementara perjalanan terhadap Afrika Selatan dan negara lain yang teridentifikasi, Dasco meminta Pemerintah Indonesia juga harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para pelancong Indonesia yang kembali dari tujuan negara-negara tersebut, yaitu harus dikarantina, dan dipastikan tidak teridentifikasi varian virus corona baru.

Baca Juga :  Kampung Tajur Purwakarta Masuk Kategori 100 Besar Pada Event ADWI 2021

 Sebelumnya pada Kamis (25/11/2021), para ilmuwan Afrika Selatan mengatakan mereka telah mendeteksi varian baru Covid-19 dalam jumlah kecil dan sedang bekerja untuk memahami implikasi potensialnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Skuad Garuda Libas Myanmar, Ketum PSSI Ingin Pemain Tetap Fokus

Sab Nov 27 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memuji permainan Timnas Indonesia saat menang telak 4-1 atas Myanmar pada Laga uji coba di Emirhan Sports Complex, Antalya, Turki, Kamis (25/11) sore waktu setempat. Empat gol kemenangan skuad Garuda dicetak oleh Ricky Kambuaya menit ke-5, Irfan Jaya 12′, Witan […]