CEK FAKTA : Beredar Video Raffi Ahmad Promosikan Alat Pijat, Benarkah?

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Sebuah video yang memperlihatkan Raffi Ahmad sedang dipijat dan mempromosikan alat pijat portable dengan narasi “Sultan Sekalinya Kesel Malah Bikin Seneng Satu Negara” menjadi viral di media sosial. Dalam video tersebut, tampak Raffi Ahmad berbincang mengenai alat pijat dengan narasi berikut:

Presenter: “Viral di media sosial, diduga kesal bolak-balik ke tukang pijat, Raffi Ahmad langsung membuka pabrik alat pijat portable dan mengobralnya dengan harga yang tidak masuk akal.”

Raffi: “Guys, cocok banget buat kalian yang suka pegal. Daripada bolak-balik ke tukang pijat, aku obral alat pijat portable yang tadinya harganya setengah juta, sekarang cuma 100 ribu, sudah gratis ongkir dan bayar di tempat. Alat ini sudah dilengkapi 4 titik pijatan dan mudah dibawa. Untuk dapatkan promonya, like dan komen ‘Mau Bos Raffi’ lalu klik keranjang kuning.”

Namun, benarkah video tersebut menunjukkan Raffi Ahmad mempromosikan alat pijat portable?

CEK FAKTA:

Tim cek fakta VISI.NEWS menggunakan Google Lens untuk menelusuri potongan gambar video tersebut. Ditemukan video yang sama di channel YouTube TRANS TV Official dengan judul “Papa Raffi dan Mama Gigi Pada Lebay Mau Ditinggal Rafathar Main | Janji Suci (7/2/21) P1”. Dalam video tersebut, terlihat potongan video yang sama, namun tidak ada narasi yang mempromosikan alat pijat portable. Video itu justru memperlihatkan vlog keseharian Raffi Ahmad.

KESIMPULAN:

Video TikTok yang memperlihatkan Raffi Ahmad mempromosikan produk alat pijat portable adalah hoax atau tidak benar. Video aslinya membahas keseharian Raffi Ahmad dan tidak ada narasi mengenai penawaran alat pijat portable. Video promosi tersebut merupakan hasil rekayasa AI dan potongan-potongan video.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Sosialisasi Perubahan Perjalanan KA, Kini Kecepatan 105 Km Perjam

REFERENSI:

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SCG Cleanergy & Rondo Energy Pelopori Penggunaan Heat Battery untuk Dekarbonisasi Industri Semen di Asia Tenggara

Rab Mei 22 , 2024
Silahkan bagikan Heat battery pertama di Asia Tenggara, sekaligus heat battery komersial pertama di dunia untuk produksi semen, membuka jalan menuju dekarbonisasi industri rendah biaya. VISI.NEWS | BANGKOK – SCG Cleanergy, investor dan pengembang energi bersih anak perusahaan konglomerat terkemuka di Asia Tenggara, SCG, berkolaborasi dengan Rondo Energy dan mengumumkan […]