Cerebras dan G42 Perkenalkan Superkomputer Terbesar di Dunia

Editor Rendering Condor Galaxy 1 AI Supercomputer yang lengkap, menampilkan 54 juta core yang mengesankan di 64 node CS-2, didukung oleh lebih dari 72 ribu core AMD EPYC™ dengan total 4 exaFLOP komputasi AI pada FP-16. /rebecca lewington/sistem cerebras
Silahkan bagikan
  • Untuk Pelatihan AI dengan 4 exaFLOPs untuk Memicu Era Baru dari Inovasi. 
  • Satu dari sembilan superkomputer AI yang saling terhubung diluncurkan pada hari ini, sistem Condor Galaxy ini akan mencapai kapasitas pelatihan AI gabungan sebesar 36 exaFLOPs. 

VISI.NEWS | SUNNYVALE, CALIF – Cerebras Systems, pelopor dalam percepatan AI generatif, dan G42, perusahaan induk teknologi yang berbasis di UEA, hari ini mengumumkan Condor Galaxy, jaringan sembilan superkomputer yang saling terhubung, menawarkan pendekatan baru untuk komputasi AI yang dapat mengurangi waktu pelatihan model AI secara signifikan. Superkomputer AI pertama di jaringan ini, Condor Galaxy 1 (CG-1), memiliki 4 exaFLOPs dan 54 juta inti. Cerebras dan G42 berencana untuk meluncurkan dua superkomputer lainnya, CG-2 dan CG-3, di AS pada awal tahun 2024. Dengan kapasitas yang direncanakan sebesar 36 exaFLOPs, jaringan superkomputer yang belum pernah ada ini akan merevolusi kemajuan AI secara global.

“Berkolaborasi dengan Cerebras untuk menghadirkan superkomputer pelatihan AI tercepat di dunia dengan cepat dan membentuk fondasi yang menghubungkan konstelasi superkomputer ini di seluruh dunia sangatlah menarik. Kemitraan ini menyatukan kemampuan komputasi Cerebras yang luar biasa, bersama dengan para ahli AI multi-industri dari G42. Visi bersama G42 dan Cerebras adalah Condor Galaxy akan digunakan untuk mengatasi tantangan masyarakat yang paling mendesak di bidang perawatan kesehatan, energi, aksi iklim, dan lainnya,” kata Talal Alkaissi, CEO dari G42 Cloud, anak perusahaan G42.

Terletak di Santa Clara, California, CG-1 menghubungkan 64 sistem Cerebras CS-2 menjadi satu superkomputer AI yang mudah digunakan, dengan kapasitas pelatihan AI sebesar 4 exaFLOPs. Cerebras dan G42 menawarkan CG-1 sebagai layanan cloud, yang memungkinkan pelanggan untuk menikmati kinerja superkomputer AI tanpa harus mengelola atau mendistribusikan model melalui sistem fisik.

CG-1 adalah pertama kalinya Cerebras bermitra, tidak hanya untuk membangun superkomputer AI khusus, tetapi juga untuk mengelola dan mengoperasikannya. CG-1 dirancang untuk memungkinkan G42 dan pelanggan cloud-nya melatih model besar yang inovatif dengan cepat dan mudah, sehingga mempercepat inovasi. Kemitraan strategis Cerebras-G42 telah mengembangkan model AI canggih dalam obrolan dwibahasa Arab, perawatan kesehatan, dan studi iklim.

Baca Juga :  Belum Banyak yang Tahu Olahraga Prestasi Disabilitas, NPCI Jabar Gaet BUMN

“Menghadirkan 4 exaFLOPs komputasi AI di FP 16, CG-1 secara dramatis mengurangi jangka waktu pelatihan AI, sekaligus menghilangkan kerumitan komputasi terdistribusi,” kata Andrew Feldman, CEO Cerebras Systems. “Banyak perusahaan cloud telah mengumumkan kluster GPU besar-besaran yang biaya pembuatannya mencapai miliaran dolar, tetapi sangat sulit untuk digunakan. Mendistribusikan satu model ke ribuan GPU kecil membutuhkan waktu berbulan-bulan dibantu puluhan orang berkeahlian khusus. CG-1 menghilangkan kesulitan ini. Menyiapkan model AI generatif hanya butuh waktu beberapa menit, bukan berbulan-bulan, dan dapat dilakukan oleh satu orang. CG-1 adalah yang pertama dari tiga superkomputer 4 exaFLOPs AI yang akan digunakan di seluruh AS. Pada tahun depan, bersama dengan G42, kami berencana untuk memperluas jaringan ini dan mencapai 36 exaFLOPs komputasi AI yang efisien dan berguna.”

Perusahaan komputasi AI dan cloud terkemuka yang berbasis di UEA, G42 mendorong inisiatif transformasi digital skala besar secara global. UEA adalah negara pertama yang menunjuk Menteri untuk AI di pemerintahan federal mereka, diikuti dengan investasi besar-besaran, termasuk pendirian mitra penelitian G42, Mohamed bin Zayed University of Artificial Intelligence (MBZUAI), universitas paska sarjana pertama di dunia yang berfokus sepenuhnya pada AI.

Melatih model besar memerlukan komputasi dalam jumlah besar, kumpulan data yang luas, dan keahlian AI khusus. Kemitraan antara G42 dan Cerebras menghasilkan ketiga elemen ini. Dengan jaringan superkomputer Condor Galaxy, kedua perusahaan ini menyebarluaskan AI, memungkinkan akses sederhana dan mudah ke komputasi AI terkemuka di industri. Hasil karya G42 dengan kumpulan datanya yang beragam di seluruh studi kesehatan, energi, dan iklim akan memungkinkan pengguna sistem untuk melatih model dasar mutakhir yang baru. Model dan aplikasi turunan ini dapat menjadi alat yang berguna bagi kehidupan. Cerebras dan G42 menyatukan tim insinyur perangkat keras, insinyur data, ilmuwan AI, dan spesialis industri untuk dapat memberikan layanan AI lengkap yang mampu menyelesaikan masalah pelanggan. Kombinasi ini akan menghasilkan terobosan dan mengisi ratusan proyek AI secara global.

Baca Juga :  BPBD Garut Beberkan Penyebab Banjir di Banyuresmi

Condor Galaxy 1 (CG-1)

Dioptimalkan untuk Model Bahasa dan AI Generatif Tingkat Tinggi, CG-1 menghadirkan 4 exaFLOPs komputasi 16 bit AI, dengan dukungan standar hingga 600 miliar model parameter dan konfigurasi yang dapat diperpanjang hingga 100 triliun model parameter. Dengan 54 juta inti komputasi yang dioptimalkan dengan AI, 388 terabit per detik untuk fabric bandwidth, dan ditenagai 72.704 inti prosesor AMD EPYC, tidak seperti kluster GPU pada umumnya, CG-1 memberikan skala kinerja hampir linier dari 1 sistem sampai 64 sistem CS-2 menggunakan paralelisme data sederhana.

“AMD berkomitmen untuk mengakselerasi AI dengan prosesor komputasi berkinerja tinggi yang canggih dan produk komputasi adaptif serta melalui kolaborasi dengan perusahaan inovatif seperti Cerebras yang memiliki kesamaan visi dengan kami, yaitu menyebarkan AI,” kata Forrest Norrod, wakil presiden eksekutif dan manajer umum, Data Center Solutions Business Group, AMD. “Ditenagai oleh lebih dari 70.000 inti prosesor AMD EPYC, Cerebras Condor Galaxy 1 akan membuat sumber daya komputasi besar yang dapat diakses oleh peneliti dan perusahaan saat mereka mengembangkan AI ke depan.”

CG-1 menawarkan dukungan bawaan untuk pelatihan dengan rangkaian yang panjang, hingga 50.000 token dengan mudah, tanpa software library tertentu. Pemrograman CG-1 dilakukan sepenuhnya tanpa bahasa pemrograman terdistribusi yang rumit, yang berarti bahkan model terbesar pun dapat dijalankan tanpa menghabiskan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk mendistribusikan pekerjaan ke ribuan GPU.

Terletak di Colovore, fasilitas colocation berkinerja tinggi di Santa Clara, California, CG-1 dioperasikan oleh Cerebras berdasarkan undang-undang AS, untuk memastikan sistem AI canggih tidak digunakan oleh negara musuh. Setiap sistem Cerebras CS-2 dirancang, dikemas, diproduksi, diuji, dan diintegrasikan di AS; Cerebras adalah satu-satunya perusahaan perangkat keras AI yang mengemas prosesor dan memproduksi sistem AI di AS

CG-1 adalah yang pertama dari tiga 4 exaFLOP AI supercomputers (CG-1, CG-2, dan CG-3), yang berlokasi di AS dan dibuat oleh Cerebras dan G42 sebagai mitra. Ketiga superkomputer AI ini akan saling terhubung dalam 12 exaFLOP, 162 juta inti superkomputer AI terdistribusi yang terdiri dari 192 Cerebras CS-2 dan ditenagai oleh lebih dari 218.000 inti CPU AMD EPYC berkinerja tinggi. G42 dan Cerebras berencana untuk menghadirkan enam superkomputer Condor Galaxy tambahan secara online pada 2024, sehingga total daya komputasi menjadi 36 exaFLOPs.

Baca Juga :  Bergelut dengan Sampah dan Bau Tanpa Prokes 3M, Petugas Kebersihan Terhindar Covid-19

Condor Galaxy Brand Inspiration

Condor Galaxy, juga dikenal sebagai Galaksi NGC 6872, membentang 522.000 tahun cahaya dari ujung ke ujung, yaitu sekitar 5 kali lebih besar dari Galaksi Bimasakti (Milky Way). Galaksi ini terlihat di langit selatan sebagai bagian dari konstelasi Pavo dan berjarak 212 juta tahun cahaya dari Bumi.

Tentang Cerebras Systems
Cerebras Systems adalah tim perintis arsitek komputer, ilmuwan komputer, peneliti deep learning, dan insinyur dari segala bidang. Kami telah berkumpul untuk membangun sistem komputer kelas baru, yang dirancang untuk tujuan tunggal, yaitu mempercepat kerja AI generatif. Produk unggulan kami, sistem CS-2, didukung oleh prosesor AI terbesar dan tercepat di dunia, membuat pelatihan model skala besar menjadi sederhana dan mudah, dengan menghindari kompleksitas komputasi terdistribusi. Solusi Cerebras tersedia di layanan cloud, melalui Cerebras AI Model Studio atau layanan on-premise.

G42 adalah pemimpin global dalam menciptakan kemampuan kecerdasan buatan visioner untuk masa depan yang lebih baik. Dikembangkan di Abu Dhabi dan beroperasi di seluruh dunia, G42 memperjuangkan AI sebagai kekuatan yang baik bagi kehidupan. Mereka terus mengonsep ulang tentang apa yang dapat dilakukan teknologi, menerapkan ide dan inovasi canggih untuk mempercepat kemajuan dan mengatasi masalah paling mendesak di masyarakat. G42 bergabung dengan negara, perusahaan, dan individu untuk menciptakan infrastruktur untuk masa depan dunia. Dari biologi molekuler hingga eksplorasi ruang angkasa dan segala cakupannya, G42 menyadari banyaknya kemungkinan pada saat ini.

@nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

REFLEKSI | Egois

Jum Jul 21 , 2023
Silahkan bagikanOleh Idat Mustari Self Reminder Ku nasehati diriku dan juga mungkin dirimu, bahwa Islam adalah ajaran yang melarang pemeluknya punya sifat egois. EGOIS adalah sifat yang menilai sesuatu hal berdasarkan kepentingan dirinya sendiri sehingga tidak memikirkan atau menanggapi kepentingan orang lain. Lebih tepatnya hanya mementingkan dirinya sendiri, tidak menghiraukan […]