Changhong Tercantum dalam Daftar “Top 50 Intelligent Manufacturing Enterprises” di Tiongkok

Editor Pabrik cerdas Changhong 5A. /visi.news/prnewswire
Silahkan bagikan
  • Lini produksi berteknologi cerdas “5G+Industrial Internet” menjadi faktor penentu kesuksesan Changhong tercantum dalam daftar bergengsi ini.

VISI.NEWS | MIANYANG, TIONGKOK – Changhong, produsen alat elektronik rumah tangga terkemuka asal Tiongkok, tercantum dalam daftar “Top 50 Intelligent Manufacturing Enterprises” atas lini produksi berteknologi cerdas “5G+Industrial Internet”. Daftar ini disusun CIWEEK (sebuah publikasi milik Chinese Academy of Sciences), eNet Research Institute, dan De Ben Management Consulting.

Pada 2020, lini produksi “5G+Industrial Internet” pertama di Tiongkok mulai beroperasi di pabrik layar cerdas (smart display) Changhong. Fasilitas ini merupakan salah satu lini produksi kustomisasi massal tercanggih di Tiongkok dalam segmen smart TV. Berkat lini produksi ini, setiap aktivitas produksi terintegrasi dalam satu alur kerja yang ringkas: perencanaan, proses, pengadaan, bahan baku, serta produk akhir. Seluruhnya didukung pemantauan dan pengelolaan proses produksi lewat sistem kendali peralatan industri.

Pada tahun yang sama, pusat manufaktur cerdas modular Changhong di luar Tiongkok juga didirikan. Dilengkapi sistem informasi yang menyatukan platform komputasi awal IoT, big data, kecerdasan buatan, dan teknologi pendukung lainnya, fasilitas tersebut berperan sebagai sistem manufaktur yang cerdas, terdepan di industri, dan fleksibel. Sistem manufaktur ini mendukung kustomisasi produk akhir secara masif. Bahkan, sistem manufaktur ini membuktikan transformasi sukses Changhong sebagai produsen berteknologi cerdas.

Changhong mulai merambah pasar di luar Tiongkok pada 1998. Setelah membangun pabrik TV dan alat penyejuk udara di Indonesia pada 2000, Changhong mendirikan pabrik di Republik Ceko pada 2005. Dengan demikian, Changhong menjadi produsen alat elektronik asal Tiongkok yang pertama berinvestasi di Eropa secara independen. Pada 2011, Changhong menjalin kemitraan strategis dengan RUBA Group, distributor alat elektronik rumah tangga terbesar di Pakistan. Lewat kemitraan ini, Changhong membentuk Changhong RUBA Company dan merintis usaha patungan yang membangun lini produksi TV, kulkas, dan alat penyejuk udara. Maka, Changhong sukses mengembangkan lini produksi alat elektronik rumah tangga secara lengkap di Pakistan. Pada 2020, Changhong menyelesaikan instalasi dan uji coba lini produksi otomatis terbaru, serta tes produksi di basis manufaktur utamanya di luar negeri. Hal ini secara signifikan meningkatkan kapasitas dan efisiensi produksi.

Baca Juga :  Brigjen TNI Erwin Bambang Tetuko dan 59 Pati Naik Pangkat Satu Tingkat

Dalam beberapa dekade terakhir, Changhong berhasil mengembangkan produk, basis manufaktur, teknologi, dan mereknya lewat upaya internal dan eksternal. Hingga kini, Changhong telah mendirikan 13 anak usaha, tiga pusat litbang, dan lima basis produksi di luar negeri.

Ke depan, Changhong menargetkan untuk bergabung dalam Global Lighthouse Network yang disusun Forum Ekonomi Dunia. Maka, Changhong ingin memperluas jangkauannya di rantai nilai pada sektor hulu dan hilir, seperti kompresor kulkas dan big data storage sekaligus mempertahankan dominasinya untuk produk-produk utama, seperti TV, kulkas, dan alat penyejuk udara. Dengan membuat terobosan dalam teknologi penting dan inti, menyatukan fasilitas manufaktur cerdas, serta menghubungkan aktivitas perdagangan cerdas dan litbang cerdas, Changhong mengandalkan sederet teknologi baru guna mengubah aktivitas bisnis, pengembangan produk, produksi, manajemen mutu, dan layanan konsumen. Dengan demikian, Changhong merumuskan masa depan manufaktur cerdas. Langkah ini akan melibatkan peningkatan efisiensi, konservasi energi, penurunan emisi, serta optimasi bisnis.@nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Market Kripto Anjlok Berlarut, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Jum Mei 13 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Kondisi market aset kripto dalam beberapa waktu terakhir mengalami banyak tekanan. Alhasil, penurunan market terus terjadi dan sejumlah aset kripto masih nyaman berada di zona merah dalam sepekan terakhir. Di samping itu, pasar crypto juga telah diguncang oleh stablecoin algoritmik dari TerraUSD (UST) yang nilainya […]