Cianjur dan Sukabumi Diguncang Gempa, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

Editor Cianjur dan Sukabumi diguncang gempa, warga berhamburan keluar rumah./antara/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Warga kota Cianjur, Jawa Barat, berhamburan keluar rumah setelah gempa berkekuatan cukup keras selama beberapa detik mengguncang kota itu sehingga membuat panik penduduknya termasuk mereka yang berada di RSUD Cianjur.

Keterangan resmi BMKG menyebutkan gempa berkekuatan 3.0 magnitudo itu terjadi pada tiga kilometer tengara Cianjur dalam kedalaman 15 kilometer. Gempa yang berpusat di darat ini membuat panik warga wilayah kota, utara dan timur Cianjur.

“Cukup keras sehingga kami sekeluarga langsung lari keluar rumah karena takut gempa berlangsung lama. Semua barang di dalam rumah bergoyang seperti mau jatuh,” kata Chaykha (18) warga perumahan Pesona Cianjur Indah, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Sabtu (5/6/2021) seperti dilansir Antara.

Dia menjelaskan, sebelumnya dia dan keluarga sudah masuk kamar untuk beristirahat, namun tiba-tiba tempat tidur bergoyang dan lemari baju yang berhadapan dengan tempat tidur, ikut bergoyang sehingga seisi rumah berhamburan keluar.

“Lumayan 3 sampai 5 detik, meski di luar rumah getarannya masih kencang, sampai kabel listrik ikut bergoyang. Semua warga melakukan hal yang sama dan berkumpul di tengah jalan,” kata dia.

Aktivitas di RSUD Cianjur sempat terganggu, bahkan beberapa pasien rawat inap ikut keluar sambil membawa tiang infusan karena khawatir gempa berlangsung lama. Beberapa orang perawat sempat mengeluarkan pasien dari dalam ruang rawat inap.

“Untung tidak berlangsung lama, namun cukup membuat panik perawat dan pasien di ruang rawat inap. Getaran gempa cukup keras terasa, terutama di lantai dua. Pasien yang sempat keluar langsung masuk kembali setelah sepuluh menit,” kata Fauzi (24), perawat RSUD Cianjur.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur mengenai kerusakan akibat gempa berkekuatan 3.0 magnitudo ini.

Baca Juga :  Sebanyak 571 PNS Purna Tugas, Pj Wali Kota: Selamat Berbakti di Fase Berikutnya

Di Sukabumi

Sementara itu, gempa bumi dengan magnitudo 4,8 pun melanda Sukabumi, Jawa Barat, Minggu dini hari dan dirasakan dengan skala II-III Modified Mercalli Intensity (MMI) di delapan wilayah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laman www.bmkg.go.id menginformasikan gempa terjadi pukul 01.18 WIB.

Pusat gempa berada berada di laut 116 km tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 17 km, atau pada koordinat 7,96 LS-107,03 BT.

Gempa dirasakan skala II-III MMI di sedikitnya delapan wilayah Sukabumi yakni Rancabuaya, SindangbBarang, Cipamingkis, Cikatomas, Pameungpeuk, Banjar, Pangalengan, dan Karanganyar.

Skala II MMI yakni getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang, serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara skala III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah serta terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.
Sebelumnya pada Sabtu (5/6) gempa dengan magnitudo 3 melanda Sukabumi pada pukul 12.47 WIB serta Cianjur pada pukul 21.52 WIB. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PIALA EROPA 2020: Swedia Hantam Armenia dalam Laga Pemanasan

Ming Jun 6 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Gol babak pertama yang menawan dari pemain sayap Emil Forsberg membuka jalan kepada kemenangan 3-1 Swedia atas Armenia dalam pertandingan terakhirnya sebelum Euro 2020 bergulir pekan ini. Forsberg membawa Swedia memimpin sejak menit ke-16 melalui tendangan bebasnya dari jarak jauh yang terlambat dicegat penjaga gawang David Yurchenko […]